Keutamaan Shalat Subuh yang Diungkap Rasulullah SAW Begitu Istimewa

Keutamaan SKeutamaan Shalat Subuh yang Diungkap Rasulullah SAW Sangat Istimewahalat Subuh yang Diungkap Rasulullah SAW Cukup Istimewa
Ilustrasi keutamaan shalat subuh. Foto: ist/.youtube

Keutamaan shalat subuh cukup banyak, namun masih sering terabaikan. Maka dari itu, mulai saat ini kenali apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari nikmatnya sholat subuh.

Sholat menjadi rukun Islam yang kedua bagi umat Islam. Bahkan hukumnya wajib adanya. Jika melakukan sholat akan mendapat pahala, namun tidak menjalankannya akan memperoleh dosa.

Dalam agama Islam, shalat wajib ada 5 waktu. Salah satunya yaitu shalat subuh. Sholat subuh memang memiliki waktu singkat, bahkan terkadang sulit untuk bisa tepat pada waktunya.

Shalat subuh memang kewajiban yang cukup sulit dan begitu berat. Tidak hanya kaum laki-laki, namun perempuan pun tidak luput dari kelalaian menjalankan sholat tersebut.

Padahal banyak manfaat dan keutamaan darinya. Shalat wajib memang memiliki banyak pahala, apalagi jika secara berjamaah.

Baca juga: Manfaat Wudhu Sebelum Tidur, Inilah Beberapa Keutamaannya

Begitu juga dengan keutamaan sholat subuh yang luar biasa. Masih banyak umat Islam yang belum disiplin dalam menjalankannya. Bahkan kesulitan bangun pagi untuk sholat tepat waktu.

Meski sudah menjadi kewajiban yang harus dijalankan, namun masih saja banyak yang belum melaksanakan tepat waktu. Sebaiknya anda tahu keutamaan shalat subuh sebenarnya dan mulailah untuk disiplin dalam menjalankan.

Keutamaan Sholat Subuh yang Perlu Anda Tahu

Shalat wajib umat Islam memiliki keistimewaan masing-masing. Ada banyak hadits yang menjelaskan tentang manfaat shalat subuh.

Rasulullah SAW juga mengetahui jika shalat subuh memiliki waktu yang cukup sulit untuk dijalankan. Maka dari itu, ada alasan diberikannya keutamaan bagi sholat tersebut dari yang lain.

Baca juga: Fadhilah Shalat Tasbih Menurut Rasulullah, Bisa Mengontrol Emosi

Jika dibiarkan saja, tentu banyak umat muslim yang mengabaikan, bahkan meninggalkannya. Shalat subuh menjadi shalat yang mulia dengan keistimewaan tersendiri.

Keutamaannya tidak akan anda dapatkan pada shalat wajib lainnya. Dengan mengetahui keistimewaannya, tentu anda tidak akan lagi melalaikannya. Bagi anda yang belum tahu apa saja keistimewaan dari shalat mulia ini, berikut penjelasannya:

1. Sumber Cahaya di Hari Kiamat

Keutamaan shalat subuh yang pertama kali yaitu sebagai sumber cahaya pada hari kiamat. Padahal saat itu semua sumber cahaya akan padam.

Matahari pun sebagai sumber cahaya terbesar juga akan tergulung. Maka dari itu, hanya ibadahlah yang menjadi sumber cahaya sebagai penerangan di akhirat kelak.

Oleh sebab itu, usahakanlah untuk melaksanakan ibadah tepat waktu, terutama shalat subuh. Agar anda bisa selamat di hari kiamat.

2. Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh

Keutamaan shalat subuh yang kedua yaitu bagaikan shalat malam satu malam penuh. Hal ini bisa diketahui dari adanya sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Utsman bin Affa ra.

Sedangkan ada juga yang berbicara tentang keutamaan shalat isyak berjamaah seakan-akan shalat setengah malam. Bisa anda lihat jika lebih besar keistimewaan shalat subuh daripada shalat isyak berjamaah.

3. Surga yang Dijanjikan

Keutamaan shalat subuh yang selanjutnya yaitu janji akan masuk surga bagi siapa saja yang mau mengerjakannya tepat waktu. Ada dua waktu yang dibicarakan dari sabda Rasulullah SAW, yaitu subuh dan asar.

4. Berada Dalam Lindungan Allah

Rasulullah SAW menjanjikan kepada siapa saja yang mengerjakan shalat subuh, maka Allah akan melindunginya seharian penuh. Maka dari itu, jangan sampai meninggalkan shalat subuh.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha, Pengertian, Niat, Tata Cara Hingga Hikmahnya

Barangsiapa yang berani membunuh orang yang menunaikan shalat subuh, maka Allah akan menuntutnya. Sehingga Allah akan membenamkan mukanya ke dalam api neraka. Itu menjadi salah satu keutamaan shalat subuh.

5. Melihat Allah

Bagi umat Islam yang menjaga shalat subuh dan ashar, janji Allah surga dan bisa melihat Allah. Hal ini juga sudah ada dalam hadits Rasulullah SAW riwayat Bukhari Muslim.

Isinya mengatakan bahwa bagi siapa saja yang mampu mengerjakan shalat sebelum terbit dan terbenamnya matahari, maka akan melihat Allah bagaikan melihat bulan yang tidak terhalang sedikitpun.

Sebagai umat Islam, menunaikan ibadah shalat wajib hukumnya. Ada 5 waktu shalat yang harus umat Islam kerjakan, baik untuk berjamaah atau tidak. Semua perlu anda lakukan dengan tulus dan bertanggung jawab.

Keutamaan shalat subuh cukup banyak. Maka dari itu, setelah mengetahuinya, anda harus bisa menjalankannya tepat waktu. Manfaat itu bisa anda gunakan untuk hari kelak. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara