Kulit Muka Mengelupas, Simak Kiat Ampuh untuk Mengatasinya

Kulit Muka Mengelupas, Simak Kiat Ampuh Untuk Mengatasinya
Ilustrasi Kulit Muka Mengelupas. Foto: isplbwiki.net

Kulit muka mengelupas akan menjadi masalah jika tidak teratasi dengan baik. Siapa yang tidak suka memiliki kulit wajah yang bersih, terawat, dan segar. Tentu kulit wajah yang demikian menjadi impian setiap orang.

Sehingga tidak jarang mereka melakukan banyak perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang mereka inginkan. Kulit yang mengelupas merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa saja menghampiri siapapun.

Kulit yang seperti ini terjadi karena beberapa faktor. Misalnya karena paparan sinar matahari, alergi obat, kurang minum air putih, sampai sabun yang memiliki kandungan keras sehingga kulit wajah bisa mengelupas.

Baca Juga : Kulit Wajah Terasa Kaku, Simak Tips Dapatkan Kulit Lebih Lembab

Kiat Atasi Kulit Muka Mengelupas

Kulit mulus dan terawat merupakan impian setiap orang. Jika sudah terjadi masalah kulit mengelupas, maka bisa menggunakan tips berikut ini untuk mengatasinya agar kulit kembali mulus dan tidak mengelupas kembali.

Pakai Pembersih Lembut

Untuk membersihkan wajah, maka pilih produk yang berkualitas dan terbaik sehingga tidak akan membuat wajah menjadi mengelupas. Nah, untuk hindari kulit muka mengelupas, gunakan pembersih wajah yang memiliki aroma wangi dan hindari deterjen yang bisa menyebabkan hidrasi kulit.

Untuk itu, lebih baik menggunakan pembersih yang lembut dengan kandungan seperti gliserin, asam hialuronat, serta seramida. Kandungan seperti ini akan menghindari kulit wajah dari hidrasi sehingga kulit menjadi kering dan mengelupas.

Hindari Mandi Air Panas

Baca Juga : Bahaya Krim Pemutih Kulit Wajah Abal-abal

Tahukah kalian jika mandi menggunakan air panas bisa menghilangkan kadar minyak dalam kulit serta kulit menjadi lebih kering sehingga pada akhirnya akan mengelupas. Untuk itu, hindari mandi menggunakan air panas agar kelembaban kulit terjaga dengan baik.

Krim

Cara mengatasi kulit muka mengelupas selanjutnya dengan menggunakan krim pelembab wajah. Namun ketika memilih produk, pastikan untuk memakai krim yang memiliki kandungan air tinggi sehingga membantu menghidrasi kulit wajah.

Terutama pilih krim yang mengandung cermida, asam hyaluronic, urea, shea butter, squalene, aloevera, oatmeal, dan minyak kelapa.

Air Putih

Banyak orang yang menyepelekan mengkonsumsi air putih dan sering kali tidak mengkonsumsinya dengan cukup. Namun air putih ini sebenarnya sangat berpengaruh pada kualitas kulit muka secara tidak langsung karena bisa menjaga kelembaban kulit. Untuk itu, pastikan mengkonsumsi air putih 8 gelas dalam sehari.

Minyak Kelapa dan Madu

Baca Juga : Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Cantik Alami

Minyak kelapa dan madu merupakan dua bahan yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak emolien yang membuat kulit lebih halus dan lembab.

Oleh karena itu, bisa menggunakan kedua bahan ini untuk mengatasi kulit muka mengelupas dengan cara mengoleskan pada bagian yang mengelupas. Usahakan secara rutin dalam melakukannya agar kulit yang mengelupas tidak perih dan segera mulus kembali.

Gunakan Sunscreen

Apabila kulit mengelupas karena paparan sinar matahari, maka bisa mengatasinya dengan menggunakan sunscreen ketika keluar rumah.

Sunscreen berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit sehingga ketika terkena paparan sinar matahari, akan tetap terjaga dengan baik. Kulit akan lebih terjaga dan lebih sehat dengan menggunakan sunscreen.

Disamping itu, mengatasi kulit mengelupas pada area wajah dengan tips tersebut, maka imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega 3. Seperti salmon, tuna, alpukat, dan yang lainnya. Dengan makanan yang mengandung Omega 3, akan membuat kulit menjadi sehat dan kenyal.

Lalu bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan E. Karena kedua kandungan ini sangat ampuh untuk mengatasi kulit yang mengelupas. Jika ingin mengkonsumsi makanan mengandung vitamin A, misalnya wortel, ubi, labu, dan sayuran berdaun hijau.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung vitamin E, seperti alpukat, brokoli, sayuran berdaun gelap, gandum, dan masih banyak lagi.

Tidak lupa untuk konsumsi makanan mengandung Zinc karena bisa membantu untuk mencegah kulit muka mengelupas seperti kacang-kacangan, tiram, daging tanpa lemak, kepiting, dan kalkun.

Namun jika semua hal tersebut sudah dilakukan namun kulit wajah masih sering mengelupas, maka segera kunjungi dokter. Lakukan tindakan ke dokter jika sudah muncul lepuhan besar pada bagian wajah atau yang lainnya. Bahkan mungkin mulai menggigil demam karena reaksi alergi terhadap sesuatu yang membuat kulit muka mengelupas. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah