Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut, Begini Cara Cepat Mengatasinya

Kunci Mobil tidak Bisa Dicabut, Begini Cara Cepat Mengatasinya
Ilustrasi Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut. Foto: Ist/Net

Kunci mobil tidak bisa dicabut terkadang sering terjadi pada sebagian besar orang. Ada beberapa penyebab yang bisa terjadi dan cara mengatasinya. Hal ini memang menjengkelkan.

Bahkan jika tergesa-gesa tentunya akan membuat anda merasa kesal. Mungkin masih jarang terjadi masalah kunci mobil yang nyangkut dan susah terlepas.

Ada saja masalah yang terjadi saat anda ingin bepergian. Mobil menjadi alat transportasi pribadi yang sudah banyak penggunanya. Kendaraan itu sendiri juga terdiri dari berbagai komponen penting dengan berbagai fungsi yang berbeda.

Kunci kontak menjadi salah satu komponen penting pada mobil. Tanpa komponen tersebut, kendaraan pun tidak bisa berfungsi. Maka dari itu, selalu berikan perawatan yang baik pada semua komponen kendaraan.

Baca Juga : Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi, Bisa Karena Baterainya Lemah

Jika tidak ada perawatan secara rutin, tentu komponen akan mudah rusak. Begitu halnya dengan kunci mobil. Jika tidak terawat, juga dapat mengalami kerusakan.

Salah satunya kunci mobil tidak bisa dicabut. Jika sudah terlanjur seperti ini, tentu akan merepotkan anda. Apalagi jika mobil akan segera anda gunakan untuk urusan penting.

Agar bisa mengatasinya dengan baik dan cepat, sebaiknya anda tahu penyebab yang terjadi. Ada beberapa cara yang mudah untuk membuat masalah tersebut bisa anda atasi.

Cara Mengatasi Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut

Sering terjadi masalah atau kerusakan pada komponen kendaraan, termasuk mobil. Masalah yang timbul bisa terjadi karena berbagai hal. Sebagai pemilik kendaraan, tentu hal ini menjadi masalah besar bagi anda.

Maka dari itu, sebaiknya anda pelajari apa saja komponen mobil dan cara kerjanya. Dengan demikian, tentu saat timbul masalah, anda bisa langsung mengatasinya dengan mudah.

Jika hal sepele yang terjadi, anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Tidak perlu bawa ke bengkel dan menghabiskan uang cukup banyak.

Jika kunci mobil bermasalah, tentu tidak bisa anda sepelekan. Bila hal ini terjadi, maka sebaiknya anda mencoba mengatasinya sendiri.

Ada berbagai cara mudah yang bisa anda lakukan. Meski masalah ini tidak sering terjadi, namun tidak ada salahnya anda tahu cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa tips mudah mengatasi masalah pada kunci mobil.

Periksa Posisi Kunci

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kunci mobil tidak bisa dicabut yaitu dengan mencari tahu posisinya. Mungkin komponen tersebut berada jauh dari posisi off.

Sebab, memutarnya anda lakukan terlalu keras. Sebaiknya pastikan dulu posisinya agar bisa dalam keadaan posisi off yang tepat. Apalagi untuk kendaraan jenis matik, pastikan komponen tersebut berada pada park position agar bisa terlepas.

Cara yang lain yaitu mencoba menyalakan radio. Jika masih nyala, kemungkinan besar posisi off masih kurang tepat.

Goyangkan Stir Mobil

Cara kedua untuk mengatasi kunci mobil tidak bisa tercabut yaitu dengan menggoyangkan setirnya. Namun, sebelum anda melakukan hal ini, sebaiknya parkirkan mobil pada area yang tepat.

Baca Juga : Kunci Mobil Hilang, Ada Banyak Cara untuk Mengatasinya

Selain itu, pastikan juga jika posisi kunci sudah tepat. Selanjutnya goyangkan stir mobil ke depan dan belakang agar kunci bisa terlepas. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak starter mobil.

Angkat dengan Dongkrak

Mencoba mengangkat bagian depan mobil dengan dongkrak juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kunci mobil tidak bisa dicabut. Cara ini bisa anda lakukan untuk meringankan beban roda depan mobil.

Saat mobil bagian depan anda angkat dengan dongkrak, mampu memberikan banyak ruang pada tiang kemudi. Saat bagian depan terangkat, lakukan secara bersamaan dengan menggoyangkan stir.

Selanjutnya lakukan pencabutan kunci secara perlahan. Jika anda paksa, tentu akan merusak starter kendaraan itu sendiri.

Putar Kunci

Saat terjadi masalah pada kunci mobil, tentu akan membuat panik pemiliknya. Salah satu masalah yang bisa terjadi yaitu pada komponen kunci tidak bisa terlepas.

Baca Juga : Cara Mematikan Alarm Mobil Jika Remote Sudah Tidak Berfungsi

Jika hal ini terjadi, mungkin anda akan panik. Namun, sebaiknya jangan khawatir. Anda perlu mencoba beberapa cara yang bisa mengatasinya.

Tekan kunci serta putar ke arah kanan dan kiri. Cara ini bisa anda lakukan agar kunci memiliki celah dan dapat anda ambil atau putar. Saat masalah kunci mobil tidak bisa dicabut, jangan panik. Ada cara mudah untuk mengatasinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto