Lampu Tembak Motor Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Lampu Tembak Motor Terbaru dan Berkualitas 2020
Lampu Tembak Motor. Foto Ist/net

Lampu tembak motor merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting. Kendaraan bermotor yang aman dan sesuai dengan ketentuan pasti memiliki lampu sorot yang pas. Artinya tidak asal terang saja, tetapi juga mengacu pada aturan lampu sorot.

Kini sudah banyak motor yang menggunakan lampu LED. Sebab mampu memberikan sorot lampu yang maksimal dan sempurna. Tentu memiliki kualitas yang memuaskan dan tahan lama.

Orang yang hobi touring biasanya akan menambahkan varian lampu aftermarket. Touring memang membutuhkan lampu sorot tambahan untuk mendukung perjalanan. Hal ini karena perjalanan jauh yang biasanya minim penerangan.

Menggunakan lampu sorot juga tidak boleh sembarangan. Sebab bisa mengganggu pengendara lain apabila terlalu terang atau mencolok. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk bagi pengendara lain.

Jenis Lampu Tembak Motor Terbaru 2020

Sudah banyak lampu motor yang kini memenuhi pasaran. Mulai dari lampu yang berkualitas rendah hingga yang berkualitas tinggi. Hal ini tentu akan mempengaruhi cahaya yang menerangi.

Baca juga: Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Trik Mudah Perbaikannya

Pengguna sepeda motor lebih memilih lampu LED karena memiliki nyala lampu yang lebih terang. Cahaya lampu LED lebih baik daripada lampu bohlam konvensional. Apalagi warna putih memberikan kesan yang berbeda.

Namun, ketika fikermania harus bisa memilih dengan tepat. Jika salah, bisa berakibat fatal, misalnya membuat aki soak. Ada baiknya menggunakan lampu LED yang paling terang.

Tak hanya terang saja, tetapi pilihlah lampu LED yang sudah berlabel SNI. Artinya lampu ini sudah memiliki kualitas aman. Sehingga tidak akan menyalahi aturan lampu sorot motor.

Lampu Sorot dan Fungsinya

Pada dasarnya lampu sorot adalah lampu tembak motor yang berguna sebagai penerangan kendaraan. Berbeda ketika touring yang menggunakan lampu dengan pencahayaan yang lebih terang karena kebutuhan. Jika melakukan perjalanan, pada umumnya usahakan tidak menggunakan lampu touring.

Arah pencahayaan lampu sorot ada dua, yaitu dekat dan jauh. Jarak dekat memiliki arah ke bagian bawah bagian depan jalan. Sedangkan jarak jauh memiliki arah yang sejajar dengan posisi lampu sehingga ke arah tengah.

Lampu jarak dekat ini berfungsi membantu penerangan saat berkendara. Sebab nyala lampu juga lebih minim. Dengan begitu, perjalanan akan terbantu dengan jalanan yang terpancar cahaya lampu.

Sedangkan lampu jarak jauh berfungsi sebagai penanda atau mengatasi situasi lintasan yang ekstrim. Misalnya ketika sedang berada dalam hutan atau tikungan tajam. Pengendara bisa menyalakan lampu jarak jauh untuk memberikan isyarat.

Pemilihan Warna Tepat

Menggunakan lampu tembak motor harus memperhatikan warnanya. Sebab tidak sembarang warna bisa untuk lampu tembak. Hal ini mengacu pada peraturan yang ada.

Baca juga: Motor Matic Yamaha Vinoora Punya Desain Unik dan Lucu, Mirip Robot

Nyala lampu yang baik adalah mampu menembus kabut dan mengatasi penerangan pada jalan yang ekstrim. Warna yang bagus untuk lampu sorot adalah putih atau kuning. Sebab kedua warna ini sangat efektif dan mampu menembus partikel air.

Jangan menggunakan lampu berwarna biru atau merah. Sebab warna tersebut tidak cocok pada situasi yang berkabut. Kedua warna tersebut hanya cocok sebagai aksesoris tambahan.

Bentuk, Ukuran, dan Model

Agar sepeda motor terlihat bagus dan apik perlu memperhatikan bentuk dan ukuran lampu motor. Model juga faktor utama yang bisa disesuaikan dengan bentuk sepeda motor. Jangan sampai sudah membeli lampu, tapi tidak cocok.

Lampu tembak motor yang baik memiliki bentuk, ukuran, dan model yang standar. Artinya tidak berlebihan dan memakan banyak ruang ketika pemasangannya. Hal ini akan berpengaruh juga pada kelengkapan pemasangan.

Kelistrikan Lampu Tembak Motor

Pengendara sepeda motor juga perlu memperhatikan kelistrikan pada lampu sorot. Hal ini karena banyak lampu LED yang membutuhkan arus listrik yang stabil. Jika tidak, maka aliran akan terputus sehingga lampu tidak menyala dengan baik.

Kini lampu LED sudah banyak yang menggunakan arus AC. Sehingga dalam pemasangannya perlu mengubah ke arus DC terlebih dahulu. Sehingga lampu bisa berfungsi secara normal.

Biasanya motor berarus AC ini pada motor keluaran lama. Motor baru biasanya sudah menggunakan arus DC dan lebih mudah dalam pemasangannya. Pengguna tak perlu mengubah apapun dari arus lampu.

Berikut adalah jenis lampu motor terbaru:

Cree Sorot LED 6 Mata

Lampu Tembak Motor Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Lampu tembak motor yang pertama adalah Cree LED yang menggunakan enam mata berwarna putih. Memiliki sorot yang sangat terang dan nyaman digunakan pada malam hari. Tak hanya itu, lampu ini juga sangat fokus.

Lampu Cree sorot LED enam mata memiliki breket atau dudukan. Hal ini memudahkan dalam pemasangannya. Lampu ini juga memiliki sekrup yang lengket.

Baca juga: SYM VF3i 185 Pro V3 2020, Motor Bebek Terkencang di Kelasnya

Memungkinkan sekrup tidak mudah jatuh dalam keadaan apapun. Terlebih ketika melewati jalanan yang tidak rata. Lampu ini juga sudah banyak memenuhi pasaran offline maupun online.

Cree Mini Owl Ultrafire 3

Memilih lampu tembak motor yang satu ini akan membuat tampilan motor lebih keren dan unik. Pemasangan Cree mini owl ini lebih mudah. Pengguna hanya perlu menjepit pada area tertentu, bisa stang atau tempat lainnya.

Lampu tembak motor ini memiliki daya 30 watt dan cahaya yang terang 6000k. Cocok sebagai penerangan pada saat malam hari. Agar lampu lebih maksimal, sebaiknya mengubah tegangan ke arus DC terlebih dahulu.

Cree Work 6 LED 18 Watt

Berikutnya ada lampu yang memiliki kualitas bagus dan sorot yang sangat maksimal. Cree Work 6 LED memiliki nyala yang lebih terang. Cocok untuk berkendara pada siang hari.

Lampu ini memiliki fokus 30 derajat yang akan memudahkan dalam menjangkau pandangan jarak jauh. Memiliki breket yang mudah disesuaikan dengan mudah. Kualitas lampu tembak motor ini juga luar biasa, sebab tahan air, anti karat, dan mudah dalam pembersihannya.

Daya lampu ini lebih kecil dari lampu yang biasanya sehingga lebih hemat. Untuk menggunakan lampu ini, harus memastikan bahwa tegangan pada DC 12 volt. Sebab aliran yang tidak stabil akan membuat jaringan putus.

Spot Lamp 16 LED

Lampu Tembak Motor Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Lampu tembak motor yang satu ini bisa untuk semua jenis kendaraan. Baik pada mobil, kapal, truk, dan sepeda motor. Memiliki intensitas pencahayaan yang sangat tinggi dan lebih terang.

Spot lamp 16 LED ini memiliki fokus yang pas saat berkendara pada medan yang ekstrim. Bahan lampu ini terbuat dari housing alumunium yang kuat dan anti karat. Pembelian lampu ini juga akan mendapatkan breket lengkap dengan sekrupnya.

CWL 12 Mata Yellow

Ada juga lampu CWL 12 mata yellow yang memiliki tampilan desain kotak. Lampu ini memiliki 12 mata dan warna penerangan yang agak kuning. Memiliki spesifikasi warna yang sama dengan CWL 12 mata berwarna putih.

Baca juga: Kawasaki D-Tracker SE, Motor Sport Tangguh untuk Segala Medan

Daya lampu ini adalah 36 watt, 12 volt arus DC. Bagian luar terbuat dari aluminium dengan kisi-kisi panas. Dalam pembeliannya juga lengkap dengan dua batu dan satu mur.

Luminos LED H6 ACDC

Lampu tembak motor jenis ini memiliki bentuk yang berbeda, sebab hanya menawarkan dua sisi saja. Bentuk dari luminos LED ini lebih ramping dari lampu lainnya. Memiliki nyala lampu yang terang dan fokus baik.

Luminos LED H6 memiliki soket H6 sehingga hanya cocok untuk lampu bersoket saja. Memiliki daya 15 watt dan mampu menawarkan lampu ini hingga 1500Lm. Lampu ini juga memiliki temperatur hingga 4300 kelvin.

Cree LED Bulat 2 Mata

Lampu ini memiliki tampilan yang sangat luar biasa. Memiliki bentuk yang bulat dan bentuknya menyerupai burung hantu. Lampu Cree LED bulat 2 mata ini memiliki breket yang terbuat dari baja kuat dan anti karat.

Lengkap memiliki sekrup dan mudah dalam menguncinya. Lampu ini memiliki daya 20 watt serta temperatur 6000 Kelvin. Hebatnya, lampu ini bersifat waterproof yang aman saat hujan atau basah.

RTD 3 Mata

Lampu Tembak Motor Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Lampu tembak motor berikutnya adalah RTD 3 mata yang tahan dengan air atau basah. Memiliki tiga mata LED yang khusus didesain untuk berkendara pada jalan yang berkabut atau basah. Lampu ini sangat baik pada jalan yang kurang penerangan.

Bisa digunakan pada jenis kendaraan motor. Memiliki harga yang terjangkau dan banyak pada pasaran. Sehingga sudah terjamin kualitasnya dan aman untuk pengendara.

Mata 3 ini sudah cukup untuk menerangi perjalanan pengendara. Tak perlu bingung lagi harus menambah lampu. Sebab sudah sesuai dengan standar lampu sorot.

Itulah informasi terkait lampu tembak motor. Pilihlah lampu sesuai dengan aturan agar tidak ada pelanggaran dan membahayakan pengendara lain. Tak hanya itu, gunakan lampu sesuai dengan fungsinya. (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi