Langgar Prokes, Pedagang Pasar Banjar Dihukum Mengenakan APD

Langgar Prokes, Pedagang Pasar Banjar Dihukum Mengenakan APD
Tim Satgas saat menindak pedagang tak mengenakan masker di pasar Banjar. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Sebanyak empat orang pedagang di pasar tradisional pasar Banjar, Jawa Barat, mendapatkan sanksi mengenakan baju alat pelindung diri (APD) selama satu jam oleh tim Satgas Penindakan Disiplin Protokol kesehatan Kota Banjar.

Tim Satgas Penindakan Disiplin memberikan sanksi mengenakan APD karena empat orang pedagang tersebut melanggar disiplin protokol kesehatan berupa tidak memakai masker di tempat publik.

Selain itu, tindakan tegas tersebut lantaran sebelumnya saat pagi hari tim Satgas penindakan melakukan edukasi namun masih banyak para pedagang yang tidak mengindahkan imbauan itu.

“Wajib pakai masker. Harus pakai masker dan menerapkan protokol kesehatan. Apalagi ini di tempat keramaian,” ujar Ketua Satgas Penindakan Hj. Ade Uu Sukaesih di pasar Banjar Jum’at (4/12/20)20.

Lebih lanjut, ia menegaskan, bahwa sanksi pengenaan APD tersebut supaya mereka yang melanggar disiplin protokol kesehatan dapat merasakan perjuangan para petugas medis yang harus menahan panas dan berkeringat karena memakai APD hingga 8 jam dalam sekali penanganan.

Untuk itu, kata Ade Uu Sukaesih, pihaknya mengingatkan kepada warga masyarakat dan semua pihak untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun.

Baca Juga: Satu Lagi, Pengasuh Ponpes di Kota Banjar Meninggal Akibat Covid-19

Kasus Covid-19 Meningkat

Terlebih lagi lanjut Ade, saat ini kasus warga positif Covid-19 jumlahnya terus meningkat bahkan sudah tiga orang meninggal dunia karena terpapar virus Corona ini.

“Kita semua harus memiliki rasa empati kepada perjuangan tim medis. Makannya semua harus berupaya melakukan upaya pencegahan,” tandas Ketua Satgas Ade Uu Sukaesih yang juga Walikota Banjar.

Kapolres Banjar, AKPB Melda Yanny menambahkan, bahwa budaya memakai masker dan penerapan disiplin protokol kesehatan harus menjadi kebutuhan semua pihak termasuk warga masyarakat.

Karenanya, lanjut AKBP Melda Yanny, pihaknya bersama tim Satgas Penindakan akan terus bersinergi melakukan upaya peningkatan kesadaran kepada warga masyarakat melalui penindakan tegas dan edukasi.

“Kami akan terus menggencarkan penindakan. Ingat memakai masker serta disiplin protokol kesehatan jangan hanya saat ada petugas saja,” ujar AKBP Melda Yanny di pasar Banjar. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro