Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruLayar Android Berubah Warna Hijau, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi

Layar Android Berubah Warna Hijau, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi

Layar Android berubah warna hijau penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Layar ponsel yang berubah warna merupakan suatu keadaan yang tidak normal. Namun anda tidak perlu khawatir, kondisi ini masih dapat diatasi asalkan bukan rusak pada bagian LCD.

Terdapat beberapa cara ampuh untuk mengatasi layar Android yang tiba-tiba berubah warna. Perubahan warna pada layar Android umumnya disebabkan adanya perubahan pada menu pengaturan warna layar.

Baca Juga : Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Cara Mengatasi

Apabila menu pengaturan layar tersebut dalam keadaan aktif, maka layar akan berubah kapan saja secara tiba-tiba. Warna yang hadir pun cukup bervariasi, tergantung dengan type HP yang anda gunakan. Pastikan smartphone anda tidak dalam keadaan terjatuh.

Layar Android Berubah Warna Hijau

Banyak hal yang dapat menyebabkan layar ponsel berubah menjadi warna hijau. Hal tersebut antara lain sistem HP error atau bisa juga karena layar Android anda terkena air. Hal ini jika tidak segera diatasi dengan tepat, justru akan menyebabkan kerusakan pada layar LCD perangkat anda.

Baca Juga : Pengaruh Magnet Terhadap HP, Simak Fakta yang Sebenarnya!

Namun apabila smartphone anda dalam kondisi LCD pecah atau bergaris karena terjatuh atau lain sebagainya, hal ini merupakan masalah yang cukup riskan pada perangkat anda. Karena LCD yang pecah atau bergaris juga akan menyebabkan perubahan warna yang tidak sesuai seperti warna aslinya.

Maka langkah yang harus anda tempuh adalah dengan mengganti LCD tersebut dengan yang baru. Cara ini sangat berlaku, karena dapat berhubungan dengan masalah pada software, bukan hardware.

Berikut ini beberapa tips mengatasi layar Android berubah warna hijau, antara lain:

Melalui Menu Aksebilitas

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka menu Setelan atau Pengaturan.
  2. Kemudian scroll ke bawah dan pilih menu. Lanjut pilih Aksebilitas.
  3. Proses berikutnya adalah pilih tampilan atau inversi warna, pilih geser kanan untuk menonaktifkan.
  4. Lalu geser ke bagian bawah pilih menu, koreksi warna, kemudian pilih matikan.

Akan tetapi, untuk mengatasi layar Android berubah warna hijau dengan menggunakan cara ini harus anda sesuaikan dengan type HP Android yang anda gunakan. Kemungkinan masing-masing tipe memiliki menu yang berbeda.

Reset Ulang ke Setelan Pabrik

Jika anda tidak menemukan menu tersebut pada smartphone anda, maka cara mengatasi layar Android berubah warna hijau yang dapat anda lakukan adalah reset ulang ke setelan pabrik dengan cara berikut ini.

  1. Pilih menu Setelan atau Pengaturan.
  2. Lalu scroll ke bawah dan pilih menu Buat Cadangan & Setel Ulang.
  3. Setelah anda klik, maka akan muncul di bawah menu Mencadangkan & Memulihkan.
  4. Berikutnya anda dapat menggeser ke bawah pilih menu “Data Pribadi atau Reset Data Pribadi atau bisa juga Opsi Reset Ponsel. Pastikan baterai anda telah terisi sebanyak minimal 80%.
  5. Proses berikutnya, ponsel tersebut akan melakukan rebot, maka setelan HP anda akan kembali pada setelan pabrik. Maka dengan cara ini, berarti anda melakukan Wipe Data atau Hard Reset.
  6. Selanjutnya, dalam pengaturan ponsel seperti berbagai dokumen, kontak telepon, photo musik, dan berbagai bentuk file anda akan terhapus dari penyimpanan ponsel anda. Kemudian, ponsel anda pun akan normal dengan warna layar yang kembali seperti warna asli semula.

Kalibrasi Warna

Cara mengatasi layar Android berubah warna hijau selanjutnya adalah mengkalibrasi ulang warna HP yang dapat memungkinkan anda memperoleh tampilan layar yang lebih hidup.

Settingan kalibrasi warna tersebut dapat anda setel ulang secara manual yang hasilnya dapat anda lihat langsung pada HP anda.

  1. Saat HP masih dalam keadaan hidup, maka anda dapat masuk ke dalam menu Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya anda dapat akses menu Tampilan pada Android.
  3. Pada bagian tersebut, anda dapat memilih Live Display dan masuk pada bagian Lanjutan.
  4. Pada bagian Lanjutan atau Advanced, anda dapat memilih kalibrasi warna. Selanjutnya anda dapat mengatur layar HP Android anda.

Anda dapat menggunakan settingan 100 yang artinya semua kolom dapat anda isi angka 100 dengan tujuan agar memperoleh perpaduan warna yang seimbang.

Baca Juga : Fungsi Restart HP Optimalkan Kinerja Smartphone, Ketahui Caranya

Langkah terakhir dalam mengatasi layar Android berubah warna hijau melalui cara ini adalah pilih Oke untuk menyimpan pengaturan yang telah anda lakukan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img