Ledakan Kasus Positif Covid-19 Kembali Terjadi di Kota Tasikmalaya

Ledakan kasus positif Covid-19 kembali terjadi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada Kamis (03/12/2020) kemarin, penambahan kasus melonjak tinggi hingga mencapai 255 orang. Foto: Dok. Pemkot Tasikmalaya.
Ledakan kasus positif Covid-19 kembali terjadi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada Kamis (03/12/2020) kemarin, penambahan kasus melonjak tinggi hingga mencapai 255 orang. Foto: Dok. Pemkot Tasikmalaya.

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Ledakan kasus positif Covid-19 kembali terjadi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada Kamis (03/12/2020) kemarin, penambahan kasus melonjak tinggi hingga mencapai 255 orang.

Sedangkan, hari ini, Jumat (04/12/2020), terjadi penambahan sebanyak 10 orang, sehingga total jumlah kasus aktif menjadi 533 orang.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H. Ivan Dicksan, mengatakan, klaster pesantren mendominasi dalam peningkatan kasus terkonfirmasi positif yang terjadi saat ini. Ada juga penambahan kasus dari hasil penelusuran kasus lainnya.

“Tercatat hari Kamis kemarin terdapat 255 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya, kepada HR Online, Jumat (04/12/2020).

Namun, lanjut Ivan, pada hari Kamis kemarin terdapat pula kasus positif dari lingkungan instansi pemerintahan dan klaster keluarga. Hanya saja dari klaster pesantren yang mendominasi.

Baca Juga : Masyarakat Ciamis Berikan Bunga untuk Dukung Tenaga Medis Covid-19

Ia juga menjelaskan, saat ini Dinkes Kota Tasikmalaya bekerja keras mengatasi lonjakan kasus virus Corona yang terjadi. Salah satunya menyediakan tempat untuk isolasi pusat bagi pasien yang terkonfirmasi positif.

“Ledakan kasus positif Covid-19 yang terjadi saat ini membuat kapasitas ruang isolasi yang ada pun menjadi tidak mencukupi. Akibatnya banyak pasien yang belum bisa menjalani isolasi secara terpusat,” terang Ivan.

Bahkan, hingga sekarang pihaknya masih menghitung jumlah pasien yang sembuh, dan pasien yang masih menunggu untuk masuk. Karena, banyak juga pasien yang masuk daftar tunggu untuk isolasi.

“Oleh karena itu, kami memohon agar semua warga masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan melalui 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun serta air mengalir,” tandas Ivan.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, perkembangan kasus positif Covid-19 per hari Jumat 4 Desember 2020. Terdapat penambahan kasus baru konfirmasi sebanyak 10 orang, sembuh 0, meninggal 0.

Sedangkan, untuk jumlah total kasus aktif sebanyak 533 orang, dan total dari awal pandemi hingga sekarang jumlahnya menjadi 1.010 kasus. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah