Lemari Sekatan Ruang Tamu Utamakan Berbagai Tips Pemilihannya

Lemari Sekatan Ruang Tamu Utamakan Berbagai Tips Pemilihannya
Ilustrasi Lemari Sekatan Ruang tamu. Foto: Ist/Net

Lemari sekatan ruang tamu kini merupakan pilihan alternatif untuk kelengkapan perabot rumah tangga. Pasalnya, lemari ini sekaligus memberikan desain yang unik dan mewah. Menggunakan lemari sekat juga lebih menghemat biaya.

Uniknya desain ruangan akan lebih fleksibel karena mudah dalam mengatur peletakan barang. Bahkan untuk mengubah model ruangan juga sangat mudah karena tidak ada pembatas berupa tembok. Biasanya lemari sekat berguna sebagai pembatas pada rumah minimalis.

Pemilihan model lemari juga harus menyesuaikan dengan interior. Biasanya ini yang membuat sulit seseorang dalam menyesuaikan model dengan interior. Sehingga memerlukan seorang pakar agar bisa sesuai dan tampak menyatu.

Lemari Sekatan Ruang Tamu

Kini banyak orang yang berusaha memberikan tampilan yang menarik untuk rumah. Terlebih lagi bagi rumah minimalis yang ingin tampak menarik dan terlihat mewah. Caranya bisa dengan menggunakan sekat untuk ruang tamu.

Baca Juga : Model Rumah Pagar Minimalis, Material Kayu dengan Finishing Glossy

Lemari ini bisa sekaligus pembatas dan dekorasi. Jadi, sangat penting memilih lemari sekat untuk ruang tamu. Berikut adalah tips memilih lemari yang cocok untuk pembatas ruang tamu:

Sesuaikan Ukuran dengan Ruang Tamu

Tips yang pertama dan sangat penting adalah memilih ukuran lemari. Tentu saja ukuran ini harus sesuai dengan ukuran ruang tamu. Pasalnya jika tidak sesuai, tidak akan seimbang dan membuat ruang tamu semakin sempit atau aneh.

Sebaiknya mengukur lemari terlebih dahulu sebelum membeli atau membuatnya. Tujuannya agar bisa sesuai dengan kapasitas ruangan. Saat penempatan nanti juga akan pas dan sesuai dengan keinginan.

Pilihlah Bahan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan lemari sekatan ruang tamu yang sesuai perlu memperhatikan kualitas bahannya. Pilihlah bahan yang kuat dan tahan lama. Mengingat lemari tersebut berfungsi sebagai pajangan dan juga pembatas atau sekat.

Seseorang yang akan membeli lemari sekat untuk ruangan sebaiknya memperhatikan karakteristik dari bahan. Misalnya jika lemari berbahan partikel akan rentan terhadap air. Sehingga kurang pas jika digunakan sebagai lemari pembatas.

Menentukan Warna yang Sepadan

Pada umumnya ruang tamu memiliki warna yang sangat menarik. Jika akan mengkombinasikan dengan pembatas berupa lemari, usahakan memilih warna yang sepadan. Hal ini akan sangat mempengaruhi suasana ruang tamu.

Jangan sampai hanya karena salah warna memberikan kesan ruangan yang sempit dan tidak sinkron. Kecuali jika cat tembok berwarna putih, maka akan serasi menggunakan warna apa saja. Tetapi juga harus mempertimbangkan nilai estetik dari furniture tersebut.

Pertimbangkan Terkait Lemari yang Menggunakan Lampu

Lemari sekatan ruang tamu akan terlihat lebih dramatis apabila memiliki lampu. Sebab lemari pembatas ini akan tampil pada ruang tamu, pastikan memiliki beberapa hiasan atau pajangan. Dengan adanya lampu yang menarik, membuat lemari semakin dramatis.

Baca Juga : Dekorasi Rumah Kayu Kampung Dengan Hiasan Alami dan Selaras

Akan lebih bagus jika lemari diberi dengan benda antik atau kristal. Pada saat tertentu lampu akan menyala dengan nuansa yang sangat indah. Dalam hal ini, memang perlu pengetahuan khusus terkait perawatannya agar lampu lebih tahan lama.

Utamakan Lemari Memiliki Banyak Sekat

Untuk memenuhi kebutuhan ruang dengan sekat berupa lemari, lebih baik memilih yang lokernya banyak. Hal ini bertujuan untuk menyimpan barang. Sehingga barang-barang pajangan akan terlihat dan bisa mempercantik ruang tamu.

Sekat pada lemari mampu mengelompokkan berbagai jenis barang. Sehingga akan terlihat lebih rapi. Lemari pembatas ruang tamu akan tampil dengan menarik.

Memilih Lemari dengan Handle yang Kuat

Lemari sekatan ruang tamu tidak boleh yang sembarangan. Pasalnya kualitas akan mempengaruhi daya tahan lemari. Sebab fungsinya sebagai pembatas dan pastinya dalam jangka panjang.

Nah, mungkin hal ini hanya sepele, tetapi sebagai pembatas tentunya harus memiliki handle yang kuat. Jangan sampai handle macet yang akan menyebabkan barang dalam lemari tidak bisa dikeluarkan.

Baca Juga : Pagar Balkon Minimalis Modern Lengkapi Interior Rumah yang Unik

Dengan begitu, lemari pembatas akan bisa berfungsi dengan baik. Lemari akan berfungsi 2in1 yang artinya mampu berguna untuk pembatas dan juga dekorasi ruang tamu agar lebih menarik. Selain itu, lemari yang berkualitas juga akan memberikan kesan yang bagus pada ruangan.

Itulah tips memilih lemari sekatan ruang tamu yang bisa dilakukan. Dengan pemilihan lemari yang tepat, tentu akan mendukung kebutuhan ruang tamu. Terutama bagi rumah minimalis akan memberikan kesan yang luas. (R10/HR-Online)

Editor : Dadang