Libur Akhir Tahun, PHRI Pangandaran Siap Patuhi dan Perketat Prokes

Libur Akhir Tahun PHRI Pangandaran Siap Patuhi dan Perketat Prokes
Pantai Pangandaran masih menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan. Namun, untuk libur akhir tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Untuk itu, PHRI dan pelaku usaha siap patuhi protokol kesehatan. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Libur akhir tahun yaitu Natal dan Tahun Baru, merupakan momen yang paling ditunggu oleh para pelaku usaha wisata. Tak terkecuali pelaku usaha di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pasalnya, libur akhir tahun ini, tidak sedikit wisatawan dari luar daerah yang biasanya berkunjung ke kawasan objek wisata pantai Pangandaran.

Namun, mengingat libur akhir tahun kali ini masih dalam masa pandemi Covid-19, maka setiap wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran harus menerapkan protokol kesehatan (3M).

Mengingat kondisi saat ini, maka Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran siap mematuhi anjuran dari pemerintah, yaitu menjalankan dan menerapkan prokes.

Ketua PHRI Kabupaten Pangandaran, Agus Mulyana, mengatakan, sampai sejauh ini belum terjadi klaster penularan Covid-19 di Pangandaran dari sektor pariwisata.

Sebab, pihaknya selalu memantau langsung penerapan protokol kesehatan di hotel dan restoran, yang ada di wilayah Pangandaran.

Selain itu, PHRI juga menekankan kepada para pengusaha, untuk memperketat pelaksanaan protokol kesehatan.

“Intinya jangan sampai abai, agar tidak ada penularan Covid-19 dari sektor pariwisata,” katanya kepada HR Online, Minggu (13/12/2020).

Lebih lanjut Agus berharap, agar para pengunjung juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, lanjutnya, nanti Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pangandaran, juga akan terus bersosialisasi dan berpatroli di kawasan objek wisata.

“Kegiatan itu untuk memastikan para pengunjung mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Libur Akhir Tahun, Pelaku Usaha di Pangandaran Siap Terapkan Prokes

Sementara itu, salah seorang pelaku usaha wisata di Kabupaten Pangandaran, Mintarsih, mengatakan, libur akhir tahun merupakan momentum yang paling ditunggu oleh para pelaku usaha wisata. Karena biasanya bisa mendongkrak kembali perekonomian para pelaku usaha.

“Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, tentunya kami para pelaku usaha wisata akan tetap patuh pada prokes. Terlebih protokol kesehatan ini untuk mencegah penularan virus Corona,” katanya.

Oleh karena itu, Mintarsih berharap bukan hanya pelaku usaha saja yang patuh pada prokes, namun juga para pengunjung atau wisatawan yang datang ke Pangandaran.

“Saya berharap pengunjung yang berlibur ke kawasan objek wisata pantai banyak. Selain itu, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan menghindari kerumunan atau mencuci tangan,” ujarnya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto