Luapan Sungai Citalahab Rendam Sawah dan 5 Rumah Warga Pamarican Ciamis

Luapan Sungai Citalahab Rendam Sawah dan 5 Rumah Warga Pamarican Ciamis
Luapan sungai Citalahab selain merendam sawah juga sampai masuk ke pemukiman warga Blok Cikuya, Dusun Ciparakan, RT 08/04, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejak dua hari terakhir ini membuat sungai dan anak sungai Citalahab meluap. Akibatnya, air tersebut merendam hektaran sawah serta masuk ke pemukiman warga Blok Cikuya, Dusun Ciparakan, RT 08/04, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican.

Ketua RT setempat, Nurhadi, mengatakan, air yang masuk ke pemukiman warga terjadi pada Selasa malam (1/12/2020). Adapun ketinggian air dari luapan Sungai Citalahab ini mencapai 30 cm.

“Ada 5 rumah warga serta 1 mushola yang tergenangi banjir. Belum lagi, sekitar 25 hektare sawah yang sudah ditanami padi terendam air banjir,” katanya kepada HR Online, Rabu (02/12/2020).

Sementara, FK Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, banjir yang masuk ke pemukiman di Cikuya sempat membuat warga panik.

“Kejadian malam jadi warga sempat panik ketika air banjir mulai masuk ke pelataran rumah,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, air luapan dari Sungai Citalahab ini juga ada yang sudah masuk ke dalam rumah.

“Namun beruntung hujan reda, sehingga banjir tidak berlangsung lama. Saat ini alhamdulillah banjir sudah mulai surut,” jelasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro