Macam Macam Sholat Sunnah, Bisa Menambah Pahala Jika Dilakukan

Macam Macam Sholat Sunnah, Bisa Menambah Pahala Jika Dilakukan
Ilustrasi Macam Macam Sholat Sunnah. Foto: quranreading.com

Macam macam sholat sunnah bisa membantu anda mendapatkan pahala lebih. Maka dari itu, sebagai umat Islam, anda perlu tahu apa saja jenis dari ibadah sunnah tersebut.

Sholat merupakan kewajiban umat Islam. Selain itu, ibadah yang satu ini sudah menjadi rukun Islam yang kedua dan wajib umat Islam kerjakan.

Tanpa sholat, runtuhlah agama. Bahkan wajib umat muslim kerjakan meski dalam perjalanan. Meski sholat menjadi kegiatan yang wajib, namun ada pula ibadah ini yang disunnahkan.

Bahkan anda bisa mendapatkan banyak pahala sesuai yang diinginkan. Sholat sunnah menjadi hal yang bisa anda kerjakan atau tidak. Maksudnya jika anda menjalankannya, tentu balasan pahala bisa anda dapatkan.

Namun, tidak seperti sholat wajib, dimana anda jika meninggalkan akan berdosa. Namun, ibadah sunnah ini tidak akan dikenai dosa. Memang sholat wajib yang umat Islam kerjakan ada 5 waktu, namun untuk sholat sunnah ada banyak ragamnya.

Meski tidak berdosa, namun menjalankannya ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh. Jadi, jika tidak anda kerjakan mungkin sangat sayang.

Macam macam sholat sunnah bisa anda kerjakan untuk bisa mendapatkan manfaat yang berlebih. Selain itu, anda juga bisa memilih sesuai waktu yang bisa anda lakukan.

Adanya sholat yang bisa anda kerjakan ini kemungkinan besar memberikan banyak manfaat dan pahala. Maka dari itu, tidak ada salahnya sebagai umat Islam, anda menambah pahala dengan menjalankannya.

Baca juga: Cara Masuk Surga dengan Amalan Ibadah yang Sesuai Anjuran Agama

Macam Macam Sholat Sunnah dalam Ajaran Islam

Sholat menjadi ibadah wajib untuk umat Islam. Ada yang namanya sholat wajib dan sunnah. Jika wajib, tentu sebagai umat Islam harus menjalankannya.

Namun, untuk sholat sunnah, anda bisa mengerjakan atau tidak. Ibadah tersebut tidak wajib hukumnya. Sehingga meski tidak anda kerjakan, tentu tidak berdosa.

Jika anda menjalankan sholat sunnah, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan pahala sesuai yang diinginkan.

Jika ingin memperoleh pahala banyak, anda bisa mengerjakannya sesering mungkin. Bagi anda yang ingin menjalankan ibadah sholat sunnah, sebaiknya tahu dulu apa saja ragamnya.

Berikut ini ada beberapa ragam sholat sunnah yang ada dalam ajaran agama Islam. Ibadah tersebut antara lain:

1. Dhuha

Macam macam sholat sunnah dalam ajaran Islam memang cukup banyak dan salah satunya yaitu sholat dhuha. Ibadah ini bisa anda kerjakan mulai dari jam 7 pagi hingga menjelang dzuhur.

Sebaiknya anda kerjakan sekitar jam 9 pagi dan bisa sendiri ataupun berjamaah. Ibadah ini memiliki aturan raka’at 2 kali salam.

Jumlahnya bisa anda sesuaikan dengan kemampuan, namun jumlah maksimalnya 8. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan 12 atau tidak terbatas.

2. Tahajud

Tahajud termasuk dalam macam macam sholat sunnah yang bisa anda kerjakan pada waktu malam hari. Ibadah ini bisa anda kerjakan dengan 2 raka’at satu kali salam.

Anda bisa mengerjakannya setelah bangun dari tidur dan sudah menjalankan sholat ‘isya. Keutamaan sholat sunnah yang satu ini yaitu pada sepertiga malam antara pukul 1 dini hari hingga menjelang subuh. Anda bisa melakukan sholat tersebut semampunya karena tidak memiliki batasan raka’atnya.

3. Tahiyatul Masjid

Saat umat Islam pergi ke masjid, hal yang sering terlihat dikerjakan yaitu sholat tahiyatul masjid. Hal ini karena sebagai tanda menghormatinya sebagai rumah Allah SWT.

Sholat ini bisa anda kerjakan baik sebelum melaksanakan sholat berjamaah. Namun untuk ibadah sunnah yang satu ini, terkecuali bagi khatib masjid yang akan sholat dan khutbah pada sholat Jum’at.

Bahkan untuk pengurus masjid dan imam yang akan mengerjakan sholat wajib dan setelah iqomah. Hal ini sudah menjadi penjelasan menurut Ibnu Hajar dalam Subulus Salam tentang macam macam sholat sunnah.

4. Sholat Rawatib

Sholat sunnah yang lain yaitu rawatib atau yang bisa anda kerjakan sebelum atau sesudah sholat wajib. Seluruhnya memiliki jumlah 22 raka’at.

Adapun rinciannya yaitu sebelum subuh 2 raka’at, dan 2 sebelum dzuhur atau 4 sesudahnya. Lalu 2 raka’at sebelum ashar, 2 setelah magrib, dan 2 raka’at sebelum dan sesudah isya’.

Ada banyak ibadah yang bisa memberikan manfaat hingga pahala berlebih. Salah satunya dengan menjalankan sholat sunnah. Anda bisa mengetahui apa saja macam macam sholat sunnah dan waktunya. Hal ini bisa menambah banyak amalan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid