Makam Pak Goong Cipaku Ciamis, Tempat Keramat dan Cerita Mistisnya

Makam Pak Goong yang berada di Blok Tarikolot, Dusun/Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyimpan cerita mistis. Foto: Edji Darsono/HR.
Makam Pak Goong yang berada di Blok Tarikolot, Dusun/Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyimpan cerita mistis. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Makam Pak Goong yang berada di Blok Tarikolot, Dusun/Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyimpan cerita mistis.

Berdasarkan cerita yang turun-temurun di masyarakat, dari lokasi makam tersebut kerap terdengar suara gamelan yang sedang dimainkan.

Kasi Pemerintahan Desa Gereba, Usman Ali, mengatakan, pada zaman dahulu lokasi Makam Pak Goong menjadi tempat ritual bagi sebagian masyarakat. Karena, makam tersebut merupakan salah satu makam yang dikeramatkan.

Baca Juga : Makam Keramat di Rajadesa Ciamis jadi Tujuan Peziarah

“Menurut informasi dari juru kunci makam, nama Pak Goong itu sebetulnya bernama Candra Wadana. Pada zaman masih ada Kewedanaan Kawali, Candra Wadana memiliki gamelan dan grup seni. Bahkan, beliau juga sebagai nayaga, yaitu menjadi tukang penabuh goong,” tuturnya, Kamis (03/12/2020).

Berdasarkan cerita orang-orang terdahulu, Candra Wadana yang mendapat julukan Pak Goong itu merupakan saudaranya Cakrabuana, keramat Pasir Ranji.

Karena itulah, banyak masyarakat yang meyakini bahwa pada malam tertentu dari lokasi Makam Pak Goong suka terdengar suara musik gamelan. Wallahu a’lam Bishawab.

“Meski Makam Pak Goong Cipaku memiliki cerita mistis, tapi kini keberadaannya tidak terawat. Mungkin masyarakat takut dengan cerita mistis yang berkembang,” kata Usman. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah