Makanan Khas Tasik Citarasa Tinggi yang Legendaris, Wajib Dicoba!

Makanan Khas Tasik
Ilustrasi Makanan Khas Tasik. Foto: Ist/net

Makanan khas Tasik cukup beragam dengan citarasa tinggi dan lezat yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke Kota Seribu Pesantren ini.

Berbicara mengenai makanan dari Tasikmalaya, tidak ada habisnya. Selain memiliki jenis makanan yang cukup unik dan beragam, rasa yang dihadirkan pun selalu membuat penikmatnya merasa ketagihan.

Tidak hanya menu utama saja, Tasik juga memiliki beragam jenis oleh-oleh yang dapat anda beli dengan harga yang sangat terjangkau.

Maka tidak heran jika para pengunjung kota ini pun selalu membeli makanan serta jajanan khas sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Mengetahui Makanan Khas Tasik

Tasikmalaya mempunyai semboyan Kota Resik karena terkenal dengan kebersihannya. Selain itu, Tasik juga memperoleh sebutan Sang Mutiara dari Priangan Timur dengan destinasi wisata yang cukup beragam.

Baca Juga : Fakta Unik Seputar Kopi yang Terjadi saat Pandemi Covid-19

Saat berkunjung ke Tasik, salah satu hal yang paling diburu adalah kulinernya. Banyak sekali kuliner khas Tasik yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota ini. Jenis makanan tersebut antara lain:

Godeblag

Salah satu kuliner khas Tasik ini terbuat dari singkong atau ketela pohon. Godeblag merupakan jenis makanan tradisional Tasik yang cukup langka keberadaannya.

Penggunaan singkong sebagai bahan utama tidak boleh sembarangan. Dalam pembuatan Godeblog memerlukan adanya singkong kualitas tinggi, yakni singkong yang benar-benar dalam keadaan masak.

Pada umumnya, makanan khas Tasik satu ini dapat anda santap sebagai menu makanan pendamping. Dengan rasa yang khas dan sedikit asin, makanan ini sangat cocok bersanding bersama bakso atau mie ayam.

Sate Maranggi

Salah satu kuliner khas Tasikmalaya ini memiliki citarasa unik. Berbahan dasar daging sapi atau kambing yang dibakar hingga empuk. Bumbu dari sate ini terbuat dari rempah pilihan yang sangat lengkap.

Sate maranggi pada umumnya tersaji dengan menggunakan nasi timbel yang sangat nikmat. Hal menarik dari penyajian sate maranggi adalah dengan menggunakan ketupat.

Nasi Cikur

Kuliner khas Tasik berikutnya yang wajib anda cicipi adalah nasi cikur. Kuliner ini merupakan olahan nasi khas Tasikmalaya yang proses masaknya menggunakan berbagai bumbu rempah yang dapat memberikan cita rasa tinggi pada nasi cikur. Ciri khas lain dari nasi cikur adalah sajian cikur yang mendampingi nasi dengan citarasa gurih yang wajib anda cicipi.

Citruk

Nama citruk berasal dari singkatan “aci ngegetruk”. Merupakan makanan khas Tasik yang terbuat dari adonan tepung kanji dengan tekstur yang renyah dan sedikit agak keras.

Makanan tradisional satu ini memang mulai langka. Akan tetapi, hingga kini masih ada sebagian masyarakat yang mempertahankan serta melestarikan usaha citruk sebagai jajanan khas Tasikmalaya.

Baca Juga : Tengkleng, Olahan Daging yang Menggoyang Lidah

Adonan citruk, pada umumnya memperoleh tambahan berbagai jenis rempah sebagai penambah citarasa. Dengan rasa yang cukup unik dan gurih, sehingga sangat menarik untuk anda jadikan sebagai jajanan oleh-oleh saat berkunjung ke Tasik.

Kupat Tahu Khas Tasikmalaya

Pilihan makanan khas Tasik selanjutnya yang cukup menggoda selera adalah kupat tahu. Kuliner ini sangat mudah anda temukan serta banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima.

Tahu kupat merupakan makanan tradisional Sunda yang tersaji dalam bumbu kacang dengan mempunyai rasa yang lezat dan gurih.

Nasi Tutug Oncom

Makanan khas Tasik yang wajib anda cicipi selanjutnya adalah nasi tutug oncom. Nasi yang hadir dengan menggunakan oncom ini telah memperoleh beragam bumbu rempah-rempah, seperti kencur, jahe, garam, serta bawang putih. Kuliner ini pada umumnya tersaji dengan tahu dan tempe goreng, lalapan, serta sambal goang yang sangat nikmat.

Sambal Goang

Jenis sambal ini sangat khas sekali dari Kota Tasikmalaya. Sambal ini sangat cocok anda jadikan sebagai tambahan menu makan bersama dengan lalapan.

Sambal goang dapat anda sajikan dengan nasi tutug oncom, pepes ikan, ikan goreng, hingga ikan bakar. Bahan pembuatan sambal goang terdiri dari cabai rawit, kencur, bawang putih, dan garam.

Baca Juga : Ayam Geprek Juara Kota Banjar, Harga Terjangkau Tapi Rasa Bisa Diadu

Semua bahan tersebut ditumbuk dengan halus. Selanjutnya disiram dengan menggunakan sedikit minyak panas. Maka sambal akan tercium aroma pedas dengan wangi yang khas.

Masih banyak lagi makanan khas Tasik yang dapat anda coba saat berkunjung ke kota ini. Masing-masing sajian tersebut tentu memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri yang membuat anda tertarik untuk mencicipinya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh yang sangat nikmat. (R10/HR-Online)

Editor : Dadang