Makanan Penurun Gula Darah yang Efektif, dari Apel, Almond hingga Kiwi

makanan penurun gula darah
Daftar makanan penurun gula darah. Foto: Ist/Net

Makanan penurun gula darah bisa menjadi solusi praktis khususnya untuk mencegah penyakit gula atau diabetes. Mengonsumsi makanan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan organ tubuh penting agar lebih optimal fungsinya.

Selama ini banyak orang yang lebih memanfaatkan suplemen atau obat anti gula atau kolesterol untuk mengendalikannya. Obat instan ini biasanya mereka minum setelah mengonsumsi makanan tak sehat atau mengandung tinggi gula.

Asupan gula atau glukosa memang penting untuk tubuh. Baik sebagai sumber energi, juga untuk mengoptimalkan fungsi otak, maupun meningkatkan jaringan tubuh lainnya. Glukosa juga penting untuk mengatasi tubuh lemah atau lesu.

Makanan Penurun Gula Darah Terbaik

Mengonsumsi makanan penurun gula darah penting karena tingginya kadar gula dalam darah sangat berbahaya untuk tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan diabetes dan memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti gangguan pembuluh darah, jantung, hingga stroke.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gula darah naik. Gaya hidup tak sehat umumnya merupakan penyebab naiknya gula darah. Seperti sering konsumsi makanan berlemak maupun sering minum minuman bersoda.

Selain itu tingginya gula darah bisa karena faktor lainnya. Seperti jarang minum air sehingga dehidrasi, malas berolahraga, kebiasaan merokok, kebiasaan minum kopi berlebihan, sering begadang, maupun kurang tidur.

Untuk itu penting Anda menjaga kadar gula dalam darah agar tidak berdampak buruk untuk tubuh. Nah, berikut ini berbagai rekomendasi makanan penurun gula darah terbaik yang bisa Anda pilih.

Buah Alpukat

Selain enak untuk minuman jus, buah alpukat kaya nutrisi yang penting menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini karena kandungan asam lemak tak jenuh yang berkhasiat dalam mengendalikan kadar gula darah.

Buah Apel

Jenis buah yang terkenal sebagai makanan keabadian ini juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat pektin dalam apel efektif untuk menjaga kadar gula darah. Buah ini juga ampuh menurunkan kadar insulin tubuh.

Jeruk Bali

Buah yang berbentuk bulat besar ini juga merupakan makanan penurun gula darah yang efektif. Kandungan kalsium, fosfor, asam folat, dan senyawa naringenin membuat buah ini juga ampuh meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Buah Kiwi

Anda yang sering menjalankan diet tentu mengenal buah ini. Kiwi banyak mengandung vitamin C dan zat inositol yang berguna menurunkan kadar gula maupun mengontrol insulin dalam tubuh. Buah ini bisa mengatasi penyakit kencing manis.

Kacang Almond

Jenis kacang ini juga kaya dengan kandungan protein, magnesium, zat kromium, dan serat yang efektif dalam mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi kacang ini terutama untuk mencegah penyakit kencing manis.

Kacang Kedelai

Alternatif lainnya makanan penurun gula darah yang juga efektif adalah kacang kedelai. Kandungan protein nabati dan seratnya yang tinggi dalam kacang jenis ini ampuh dalam mengendalikan kenaikan kadar gula dalam darah.

Buah Pare

Jenis sayuran yang rasanya pahit ini ternyata juga banyak manfaatnya, termasuk dalam menurunkan dan mengontrol gula darah. Mengonsumsi buah sayuran ini juga baik untuk mencegah dan mengatasi gejala awal diabetes.

Bawang Putih

Bumbu masak yang satu ini juga kaya dengan kandungan fitokimia yang ampuh menangkal berbagai penyakit. Sejumlah riset menemukan khasiat bawang putih dalam menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Sayur Bayam

Jenis sayuran ini juga termasuk makanan penurun gula darah yang efektif. Kandungan magnesiumnya tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga mampu mengendalikan produksi insulin dan glukosa dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah lebih terkontrol.

Ketan Hitam

Manfaat ketan hitam tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga mampu menurunkan dan mengendalikan kadar insulin pada penderita diabetes. Anda bisa mengonsumsinya dengan mengukusnya agar nutrisi lebih utuh.

Cokelat

Mengonsumsi sebatang cokelat secara rutin juga efektif dalam meningkatkan kinerja insulin. Camilan ini juga mampu merangsang sensitivitas tubuh terhadap insulin. Ini penting agar tubuh lebih mampu menstabilkan kadar gula darah.

Itulah rekomendasi makanan penurun gula darah yang paling ampuh. Anda bisa memilih makanan yang Anda sukai untuk mengontrol dan menangkal penyakit kencing manis. Konsumsi makanan ini baik Anda lakukan secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara