Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Makanan tradisional Sunda memang tak ada habisnya jika akan terus dibicarakan. Jawa Barat terkenal dengan ragam kulinernya.

Kemudian, jika berbicara tentang kuliner Jawa Barat, maka tak akan lepas dari budaya Sunda. Bahkan, makanan yang diolah dengan cara tradisional ini pun sangat enak, lezat, dan menarik hati.

Tak jarang yang sangat menyukai dan berburu kuliner Sunda tersebut. Bukan hanya terkenal untuk Jawa barat dan sekitarnya saja, makanan khas dengan cita rasa nikmat ini pun sangat populer sampai di penjuru nusantara.

Daftar Makanan Tradisional Sunda

Anda pecinta kuliner? Tentu akan sangat kurang lengkap jika tidak mengenal dan mencoba kuliner Jawa Barat. Jawa Barat memiliki banyak sekali makanan khas dan tradisional yang dapat menggoyangkan lidah anda.

Sentuhan budaya Sunda inilah yang nantinya akan menjadi daya pikat cita rasanya untuk anda dan semua para pecinta kuliner, apalagi bagi pecinta kuliner Sunda. Yang menarik lagi, Sunda memberikan nama makanan atau kulinernya dengan nama yang lucu dan unik.

Sebagian besar dari nama makanan tersebut berupa singkatan. Misalnya, cilok dari kata aci dicolok, cimol dari aci digemol, serta cireng dari aci digoreng. Menarik sekali bukan?

Bagi anda yang sudah tidak sabar ingin mengetahui apa saja makanan tradisional Sunda yang terkenal untuk kuliner Jawa Barat, dapat melihat beberapa daftar makanan berikut ini, antara lain:

Nasi Liwet

Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Salah satu kuliner khas dari tanah Sunda adalah nasi liwet. Makanan tradisional ini pun seringkali tersaji pada saat terdapat acara kumpul-kumpul.

Baca Juga : Kue Balok Bandung, Jajanan Khas Pasundan yang Semakin Viral

Penyajian nasi liwet akan lengkap jika bersama dengan tahu, ikan teri, dan juga ayam goreng. Yang menjadi lebih unik dan menarik lagi jika nasi liwet ini memiliki cita rasa dari nasinya yang sedikit terasa manis dan kental dengan aroma santan kelapa.

Nasi Timbel

Makanan tradisional Sunda selanjutnya adalah nasi timbel. Nasi timbel sendiri memiliki karakteristik sama dengan nasi liwet, akan tetapi nasi timbel lebih tersaji secara umum dengan bungkusan daun pisang. Untuk pelengkap hidangan Sunda ini, anda dapat menambahkan sayur asam atau bisa dengan ikan asin.

Karedok

Sebagian orang mengira jika karedok ini sama dengan gado-gado serta lotek. Apalagi, bagi mereka yang baru pertama kali melihat makanan tradisional Sunda ini. Karedok merupakan kuliner khas Jawa Barat yang penyajiannya dengan memakai sayur mentah.

Yang membedakannya dengan lotek dan gado-gado, yakni siraman bumbu karedok lebih melimpah. Karedok juga lengkap dengan taburan kerupuk di atas hidangan.

Nasi Tutug Oncom

Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Jika anda belum pernah atau hanya sesekali mendengar nama kuliner Jawa Barat satu ini, ada baiknya anda mencoba untuk melirik sebentar hidangan unik yang satu ini.

Kuliner nasi tutug oncom adalah makanan khas dari Tasikmalaya yang merupakan campuran nasi dengan olahan kedelai alias oncom.

Seringkali berbagai restoran Sunda menyajikan menu makanan ini dengan menambahkan beberapa lauk pelengkapnya. Biasanya, hidangan ini hadir bersama dengan tempe, ikan asin, jeruk nipis, serta daun pisang sebagai alasnya. Dengan bahan saus spesial yang menjadikan makanan tradisional Sunda ini unik adalah sambal ijonya.

Lotek

Makanan atau kuliner Jawa Barat selanjutnya adalah lotek. Lotek hampir sama dengan karedok. Hanya saja, untuk lotek lebih mengandalkan sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang, atau kapri. Menyantap hidangan ini dapat anda lakukan dengan nasi putih atau lontong, bahkan dapat pula dengan mie.

Bakakak Hayam

Makanan khas Jawa Barat ini merupakan kuliner Sunda yang unik dalam penyajiannya. Biasanya, bakakak hayam memakai dada ayam dengan dibelah tengahnya sampai terbuka serta dimasukkan hingga membentuk seperti bakakak. Untuk cara memasaknya yakni bervariasi, mulai dengan membakar atau juga dengan menggorengnya.

Soto Bandung

Apabila anda ingin mencoba makanan tradisional Sunda yang minimalis, soto Bandung adalah pilihan yang tepat. Biasanya, jenis kuliner Sunda satu ini memakai daging sapi has dalam atau dengan tetelan. Soto Bandung berbeda dengan soto lainnya adalah dengan tambahan kacang kedelai goreng serta lobak dalam kuahnya.

Mie Kocok

Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Salah satu kuliner satu ini mungkin sudah sangat akrab untuk telinga anda. Mie kocok menjadi jajanan yang khas untuk para penikmat mie Sunda. Penyajian kuliner ini dengan memakai mie pipih telur lengkap dengan kaldu serta kikil.

Soto Mie

Makanan tradisional Sunda ini bukan menjadi kuliner yang jarang anda dengar, tentu sudah sangat akrab bagi anda. Kemanapun anda pergi, akan sangat mudah menemukan kuliner yang satu ini.

Baca Juga : Makanan Khas Tasik Citarasa Tinggi yang Legendaris, Wajib Dicoba!

Kuah kaldu yang kental dengan mie sebagai salah satu sajian pelengkapnya. Biasanya, soto mie memakai tambahan tauge serta kacang kedelai goreng untuk memberikan cita rasa manis dan berbeda.

Sate Maranggi

Makanan tradisional Sunda ini memang sudah mendunia. Sate maranggi adalah kuliner khas Sunda dengan sajian lengkap daging ayam atau daging sapi. Kuliner ini sebenarnya mempunyai asal-usul yang cukup menarik dan unik.

Pada awalnya, sate maranggi merupakan makanan yang asing dari pendatang China yang akhirnya menetap di Indonesia. Daging yang mereka pakai pada awalnya adalah daging babi.

Kemudian, sate ini memiliki cita rasa yang sangat kuat karena cara pengolahannya, yakni daging harus masuk ke dalam rendaman bumbu terlebih dahulu sebelum akhirnya akan proses pembakaran hingga menghasilkan sate maranggi yang terkenal.

Empal Gentong

Empal gentong berbeda dengan jenis empal lainnya. Makanan Sunda ini menggunakan kayu bakar saat memasaknya, tentu juga dengan gentong. Bahan yang utama untuk kuliner ini adalah usus, babat sapi, serta daging.

Empal gentong akan lengkap dalam penyajiannya menggunakan nasi atau lontong serta kuaci. Makanan tradisional Sunda ini akan terasa lebih nikmat apabila dengan kuah santan.

Kupat Tahu

Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Kupat tahu akan dengan mudah anda temukan pada kota asalnya, Magelang, Singaparna, dan Suraparta. Dari segi tampilan, kupat tahu hampir mirip dengan tahu gimbal Semarang.

Tahu dan kupat yang dipotong-potong dengan sajian pelengkap tauge, kol, serta seledri ini akan lengkap juga dengan siraman bumbu kacang. Bahkan, anda dapat memilih dua varian bumbu kacang, ada yang bumbu giling halus atau dengan bumbu giling kasar.

Surabi

Jawa Barat juga mempunyai jajanan atau kue tradisional yang sangat terkenal dan unik. Salah satunya adalah surabi. Kue tradisional ini sejenis pancake yang sebagian besar memakai tepung beras serta santan. Makanan khas Sunda ini pun populer hingga ke semua wilayah nusantara yang berasal dari Kota Bandung.

Tahu Sumedang

Makanan tradisional Sunda selanjutnya adalah tahu Sumedang. Sama seperti namanya, kuliner ini berasal dari Sumedang. Tahu dengan tekstur yang berbeda dengan tahu biasanya, tahu goreng ini akan memiliki cita rasa renyah saat kulit tahu masuk ke dalam gigitan anda.

Kemudian, terasa lebih kering dengan tekstur lembut pada bagian dalamnya. Akan tetapi, anda dapat menikmatinya dengan lebih nikmat pada saat tahu ini masih hangat atau setelah keluar dari penggorengan. Karena, kulit tahu yang sudah dingin tidak akan renyah seperti jika masih hangat.

Tahu Gejrot

Satu lagi makanan tradisional Sunda atau kuliner Jawa Barat yang populer adalah tahu gejrot. Jenis kuliner tahu ini berasal dari Cirebon. Biasanya, makanan ini lengkap dengan kuah pedas untuk sajian lebih nikmat.

Berbeda dengan jenis kuliner tahu Sumedang, tahu gejrot ini memiliki isian yang kosong dengan tujuan bumbu cair dapat meresap lebih cepat ke dalam tahu.

Geco

Makanan Tradisional Sunda yang Pasti Bikin Ngiler, Cek Daftarnya Di Sini!

Selanjutnya adalah kuliner geco atau singkatan dari tauge tauco. Makanan tradisional Sunda ini pun populer dan berasal dari Cianjur.

Baca Juga : Ayam Geprek Juara Kota Banjar, Harga Terjangkau Tapi Rasa Bisa Diadu

Bahan pembuatannya dengan bahan dasar tauge dan siraman tauco sebagai pelengkap kenimatan santapan. Lebih lengkap lagi, geco biasa tersaji dengan irisan ketupat, telur, tahu, kentang, serta cuka lahang yang berasal dari nira.

Combro

Combro juga merupakan kuliner yang unik dengan nama sebuah singkatan dari ‘oncom di jero’ (bahasa Sunda). Sesuai dengan namanya, oncom adalah kuliner jajanan Sunda dengan bahan singkong dan oncom sebagai isian dalamnya.

Combro terbuat dari bawang merah serta bawang putih dengan tambahan cabai rawit. Perpaduan bumbu yang menyatu dengan singkong, akan menjadikan makanan tradisional Sunda ini terasa lebih pedas dan manis. (R10/HR-Online/Editor: Dadang)

- Advertisment -