Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Penderita Hidrosefalus Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan untuk Penderita Hidrosefalus Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan untuk penderita hidrosefalus ada dan bisa dikonsumsi secara rutin. Dengan penderita tahu makanan yang bisa dikonsumsi, mampu meringankan gejala yang terjadi.

Hidrosefalus adalah jenis penyakit yang terjadi pada bagian kepala. Dimana terjadi penumpukan cairan berlebihan dalam otak. Sebenarnya dalam kondisi normal juga terdapat cairan pada otak yang mengisi ruangan di dalamnya.

Namun, ketika penyakit ini menyerang, jumlah cairan akan berlebih sehingga timbul tekanan sel-sel otak dan gangguan syaraf. Ada beberapa jenis penyakit ini, ada yang terjadi karena gen atau bawaan.

Ada juga yang timbul karena adanya gangguan di otak. Pada umumnya, penyakit yang satu ini banyak terjadi pada bayi saat proses kehamilan.

Infeksi yang terjadi akibat adanya cytomegalovirus (CMV), rubella, mumps, sifilis, atau toksoplasma. Ada juga terjadi pada bayi baru lahir yang terjadi akibat penyakit pada organ otak sehingga menimbulkan gangguan sirkulasi cairan otak.

Penyakit yang satu ini memang sudah umum terjadi. Bahkan penduduk Indonesia pun sudah banyak yang terserang, terutama pada bayi yang baru lahir.

Baca Juga : Kekebalan Tubuh Covid-19 dari Pasien Sembuh Diteliti oleh Ilmuwan

Penyakit ini juga merupakan adanya gangguan dengan akumulasi cairan berlebih. Cairan tersebut dikenal dengan sebutan serebrospinal.

Cairan ini merupakan zat berwarna yang mengelilingi sumsum tulang belakang dan otak. Namun, ada fungsinya yaitu melindungi otak, mengangkut nutrisi, dan oksigen.

Selain itu, mengumpulkan dan membuang nutrisi serta mengkompensasi perubahan volume darah intraktanial. Konsumsi makanan untuk penderita hidrosefalus sangat penting.

Makanan untuk Penderita Hidrosefalus

Hidrosefalus yang terjadi karena infeksi pada ibu hamil sebenarnya bisa anda ketahui dengan cara USG. Namun, ketika bayi sudah lahir, penyakit ini mulai dapat diketahui saat melakukan pengukuran kepala.

Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah saat ibu sedang hamil. Caranya yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya dengan menangkal radikal bebas dan menyebabkan kelainan.

Saat sudah mengidap penyakit tersebut, ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi dan tidak. Sebaiknya ketahui makanan yang baik konsumsi agar tidak memperburuk keadaan.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa penderita konsumsi. Dengan mengetahuinya, anda bisa membedakan mana yang baik dan tidak.

Baca Juga : Penyebab Gangguan Kekebalan Tubuh Melemah dan Cara Mengatasinya

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Jenis makanan untuk penderita hidrosefalus yaitu dengan kandungan antioksidannya tinggi. Makan banyak mengandung vitamin C mampu berperan sebagai anti inflamasi yang kuat.

Hal ini bermanfaat untuk bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C juga mampu mengeluarkan racun dan mengurangi peradangan.

Anda bisa menemukan makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, brokoli, jambu biji, dan masih banyak yang lainnya. Kandungan vitamin C memiliki banyak manfaat.

Kaya Kandungan Vitamin A dan D

Makanan untuk penderita hidrosefalus juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin A dan D terkandung dalam wortel, jeruk, pepaya, dan yang lainnya.

Dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan D, cukup berperan penting pada kesehatan penderita. Selain beberapa jenis buah dan sayur tersebut, minyak ikan juga baik.

Minyak ikan juga yang memiliki kandungan vitamin A, D, dan asam lemak esensial. Dengan konsumsi makanan ini, dapat mengurangi resiko demielinasi dan multiple seclerosis yang signifikan.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi Lemon untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan yang Mengandung Omega-3

Ada beberapa jenis makanan untuk penderita hidrosefalus. Salah satunya yaitu yang banyak mengandung omega-3. Ikan laut memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk penderita.

Peran makanan ini cukup baik yaitu berfungsi meningkatkan transmisi impuls. Bahkan mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain itu, berperan penting dalam fungsi otak. Ikan laut mengandung banyak omega-3 dan asam lemak. 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa penderita konsumsi untuk hidrosefalus. Sebaiknya konsumsi makanan yang bisa membantu mengurangi resiko penyakit semakin parah.

Apalagi jika penyakit sudah menyerang terlalu lama, caranya hanya bisa terobati dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh. Selain itu, untuk menghindari resiko pada ibu hamil, sebaiknya konsumsi makanan yang baik.

Ada beberapa jenis makanan untuk penderita hidrosefalus yang bisa mengurangi resiko peradangan. Tak hanya itu saja, namun juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img