Manfaat Beras Hitam Organik Atasi Anemia, Anti Kanker dan Hipertensi

manfaat beras hitam organik
Besarnya manfaat beras hitam organik. Foto: Ist/Net

Manfaat beras hitam organik untuk kesehatan tubuh tak kalah dengan jenis beras merah. Bahkan pamor beras hitam belakangan semakin populer dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap makanan sehat.

Beras hitam merupakan makanan yang menyehatkan. Warna hitam beras ini mencerminkan adanya pigmen yang kaya nutrisi ketimbang beras putih. Ada banyak jenis nutrisi yang terkandung dalam jenis beras ini.

Yang lebih menarik, kandungan asam amino, vitamin, maupun mikroelemen lainnya beras ini jauh lebih tinggi ketimbang beras biasa. Seiring dengan meningkatnya penggunaan produk nabati organik, kini muncul pula beras hitam organik.

Manfaat beras hitam organik pada dasarnya sama dengan beras biasa, baik dari segi bentuk maupun kandungan gizinya. Belakangan mulai banyak pelaku bisnis yang menjalankan budidaya padi hitam karena lebih menguntungkan ketimbang padi biasa.

Selain pasar yang masih terbuka lebar, harga jual beras hitam juga cukup tinggi, bahkan dua kali lipat dari beras biasa. Padahal cara budidaya padi hitam tidak jauh berbeda dengan padi biasa.

Untuk bibit beras hitam bisa kita dapatkan dari beberapa petani atau pedagang yang menjual bibit ini. Beberapa daerah seperti Yogyakarta bahkan mengembangkan bibit Cempo Ireng.

Pengolahan tanah, distribusi benih, penanaman dan pemupukan tidak berbeda dengan padi biasa. Perbedaannya hanya pada umur tanam, jika padi biasa bisa panen rata-rata 90 hari, maka beras hitam baru bisa panen pada umur 120 sampai 140 hari.

Selain itu, bulir beras hitam juga lebih sedikit daripada beras biasa. Untuk menjaga kualitas beras hitam, penggilingan beras hitam hanya boleh dengan mengoyak kulitnya, dan bisa kita ulang hingga tiga kali.

Manfaat Beras Hitam Organik

Sesuai dengan namanya, beras hitam organik merupakan hasil dari proses tanam yang tidak melibatkan bahan kimia buatan alias serba alami. Beras organik tidak menggunakan pupuk atau pestisida buatan pabrik yang berpotensi merusak lingkungan.

Meskipun beras hitam biasa makin populer, jenis beras organik juga banyak orang yang menyukainya. Berikut beberapa manfaat beras hitam organik untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Mengontrol Tekanan Darah

Beras hitam kaya dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang berguna dalam mengontrol tekanan darah dan menangkal gangguan pembuluh darah jantung dan penyakit otak.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Beras hitam bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu detoksifikasi untuk mengeluarkan racun. Dengan aroma dan rasanya yang enak, beras hitam juga baik untuk menjaga keseimbangan sistem metabolisme.

Mengatasi Anemia

Untuk Anda yang menderita penyakit anemia sangat baik mengonsumsi beras hitam ini. Manfaat beras hitam organik karena mengandung banyak zat besi yang sangat penting dalam proses produksi sel-sel darah merah.

Anemia terjadi karena rendahnya kadar hemoglobin yang rendah. Kondisi ini akan menyebabkan penderitanya akan membuat tubuhnya menjadi lemah, terlihat lesu, dan kulit wajah yang pucat. Hal ini menyebabkan produksi sel-sel darah merah menjadi terganggu.

Zat besi memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembentukan hemoglobin darah. Beras hitam sangat kaya dengan zat besi sehingga akan berguna untuk mengatasi penyakit anemia.

Mencegah Kanker

Manfaat beras hitam organik juga baik untuk mencegah penyakit kanker yang sangat berbahaya. Hal ini karena kandungan antioksidannya seperti antosianin yang mampu menangkal radikal bebas yang memicu perkembangan sel kanker.

Anda bisa makan secara rutin untuk melindungi tubuh. Namun karena kita terbiasa dengan makan nasi putih mungkin rasa beras hitam agak berbeda. Namun lama kelamaan konsumsi nasi hitam juga akan terasa enak.

Mencegah Diabetes

Yang tak kalah menarik, manfaat beras hitam organik juga mampu mencegah diabetes. Orang yang berisiko atau pernah menderita diabetes wajib menjaga kestabilan kadar gula darahnya sehingga harus memilih dan membatasi makanannya.

Nasi putih yang kita kenal memiliki indeks glikemik sedang hingga tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga penderita diabetes harus menghindarinya. Karena itu penting menggantinya dengan nasi merah atau hitam.

Beras hitam bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki nilai kalori dan indeks glikemik yang rendah. Sehingga tidak menyebabkan peningkatan gula darah.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat beras hitam organik juga mampu membantu mencegah penyakit jantung. Penyakit mematikan ini menyerang organ vital manusia. Kandungan serat yang tinggi pada beras hitam berguna untuk itu.

Seperti kita tahu, serat tidak hanya baik untuk melancarkan pencernaan tetapi juga efektif mencegah dan menjaga kesehatan jantung.

Meredakan Penyakit Lain

Beras hitam ternyata sudah sejak lama dijadikan herbal untuk penyembuhan berbagai penyakit. Seperti penyakit maag, leukemia, hepatitis, obesitas, kolesterol, masalah kewanitaan, asma, ginjal, gangguan pencernaan, penuaan dini, alergi makanan, dan penyakit lainnya.

Itulah berbagai manfaat beras hitam organik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsinya secara rutin sangat berguna khususnya untuk Anda yang memasuki usia tua atau rentan penyakit. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara