Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Jantung dan Bikin Awet Muda

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Jantung dan Bikin Awet Muda

Manfaat buah matoa untuk kesehatan tubuh mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Nama buah matoa memang tak sepopuler pepaya, jambu atau lainnya. Namun khasiatnya tak kalah dengan buah-buahan lainnya.

Matoa (Pometia pinnata) sebenarnya merupakan tanaman buah asli Nusantara. Buah yang berasal dari Papua ini memiliki bentuk bulat seperti sawo. Pohon matoa termasuk besar dengan diameter rata-rata 80-100 cm dan ketinggiannya 20 meter.

Selain di Papua, buah matoa juga populer pada sejumlah wilayah, seperti Maluku dan Sulawesi. Buah ini memiliki rasa yang manis dan berair dengan aroma yang kuat. Rasanya agak unik karena mirip rambutan atau leci.

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Manfaat buah matoa tentunya karena kandungan nutrisinya. Selain baik untuk kesehatan, buah ini juga berguna untuk perawatan kecantikan. Kandungan gizi dalam buah eksotis antara lain glukosa, serat, serta vitamin C dan E.

Buah matoa juga kaya mineral dan fitokimia lainnya. Seperti kalsium, kalium, tanin, dan antioksidan. Berikut ini berbagai ini khasiat buah matoa untuk tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Rasanya yang asam manis memperlihatkan kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah ini. Nutrisi ini penting dalam meningkatkan sistem imunitas dan menangkal berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Menangkal Virus Berbahaya

Selain ampuh dalam menangkal zat karsinogen, vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga berkhasiat dalam melawan virus yang berbahaya. Makan buah ini berguna untuk melawan flu, herpes, dan penyakit virus.

Anti Kanker

Manfaat buah matoa juga karena banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang penting dalam menangkal radikal bebas dari lingkungan. Nutrisi ini juga ampuh melindungi tubuh dari kanker dan zat karsinogen yang menyerang tubuh.

Menjaga Fungsi Jantung

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, makan buah matoa juga berguna untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Hal ini karena vitamin C, E, dan antioksidannya yang penting dalam menjaga kelancaran sirkulasi darah.

Karena itu buah ini berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah. Mengonsumsi buah ini juga berguna mencegah degenerasi sel-sel maupun mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah matoa juga karena kandungan seratnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Apalagi dengan vitamin dan mineral lainnya, buah ini baik untuk meredakan sembelit, diare, maupun gangguan buang air besar (BAB).

Mengontrol Gula Darah

Buah matoa tak hanya enak rasanya namun juga kaya dengan kandungan nutrisi. Mengonsumsi buah ini juga berkhasiat dalam menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Detoksifikasi Tubuh

Buah matoa tak hanya eksotik, namun juga terbilang unik, karena kemampuannya dalam membuang racun dari dalam tubuh. Makan buah ini secara rutin berguna dalam menjaga kebersihan tubuh dari berbagai racun.

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat buah matoa ternyata juga mampu meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Hal ini karena buah ini mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas sperma maupun sel telur.

Meremajakan Kulit

Selain baik untuk kesehatan tubuh, buah matoa juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E berkhasiat dalam melembabkan dan mencerahkan kulit wajah. Sehingga wajah akan terlihat selalu awet muda.

Apalagi dengan kandungan antioksidannya yang juga penting dalam proses regenerasi sel kulit sekaligus melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Makan matoa secara teratur akan membuat wajah terlihat selalu cerah dan kencang.

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Selain efektif untuk perawatan kulit, manfaat buah matoa juga berguna untuk mencegah maupun mengatasi gangguan pada kulit wajah. Seperti jerawat atau komedo. Hal ini karena matoa juga bersifat anti mikroba.

Selain dengan mengonsumsi dalam bentuk segar, Anda juga bisa membuat masker wajah dari buah ini. Selain untuk menghalau jerawat, masker matoa juga ampuh dalam membersihkan wajah dari kotoran yang menumpuk.

Mengatasi Stres

Matoa juga diketahui mengandung vitamin E maupun senyawa lainnya memiliki fungsi anti stres. Seperti buah kelengkeng, kandungan nutrisi matoa juga mampu memberikan kenyamanan seperti layaknya penenang alami.

Itulah berbagai manfaat buah matoa untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya juga ampuh untuk perawatan kecantikan. Pemanfaatan tak hanya dengan mengonsumsinya langsung, namun juga bisa Anda buat jus atau masker wajah. (R11/HR-Online)