Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Jantung, Kulit dan Anti Kanker

manfaat buah pepaya
Manfaat buah pepaya untuk kesehtan tubuh. Foto: Ist/Net

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh sangat besar. Buah pepaya yang populer untuk makanan cuci mulut ini tak hanya manis. Namun juga berguna untuk melancarkan pencernaan, untuk diet, dan menjaga fungsi organ tubuh lainnya.

Pepaya (Carica papaya L.), menurut Wikipedia, bukan asli tanaman Nusantara. Tumbuhan ini asalnya dari Meksiko dan Amerika Selatan namun kemudian banyak menyebar ke berbagai kawasan tropis.

Buah yang populer dengan sebutan kates (Jawa) atau gedang (Sunda) ini termasuk buah yang sangat populer selain pisang. Apalagi rasanya yang manis dan menyegarkan sehingga banyak orang menyukainya, dari anak-anak hingga orang tua.

Yang tak kalah menariknya, manfaat buah pepaya juga karena kaya dengan kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Buah ini sangat mudah dalam budidayanya sehingga selalu tersedia sepanjang musim.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Daging buah pepaya sangat lembut  sehingga baik untuk bayi maupun orang lanjut usia. Kandungan buah pepaya juga terbilang lengkap. Seperti kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin A, C, E, dan vitamin K.

Pepaya juga banyak mengandung vitamin B1, B3, B5, dan asam folat (vitamin B9). Kandungan lainnya adalah kalsium, magnesium, kalium, karotenoid, dan enzim papain. Berikut ini berbagai manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bahkan tingginya kandungan ini setara dengan beberapa buah lainnya sepeti jeruk.

Yang menarik, pepaya juga mengandung karotenoid yang merupakan antioksidan yang penting untuk menangkal radikal bebas. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin berguna untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Gangguan perut sering terjadi pada banyak orang. Seperti diare, kesulitan buang air besar (BAB), sembelit, dan lainnya. Manfaat buah pepaya sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi gangguan perut.

Pepaya mengandung enzim papain yang berperan penting dalam memecah struktur makanan kompleks dan menguraikan menjadi lebih halus. Karena itu buah ini sangat baik untuk balita maupun orang lanjut usia.

Menyehatkan Pembuluh Darah dan Jantung

Kandungan asam folat yang tinggi dalam pepaya berkhasiat dalam melancarkan pembuluh darah. Vitamin ini mampu menghalau penumpukan plak pada saluran pembuluh darah.

Dengan dukungan vitamin C dan zat karotenoid yang bersifat antioksidan sangat penting dalam menjaga fungsi jantung. Karena itu mengonsumsi buah ini secara rutin juga berguna menjaga kesehatan kardiovaskuler.

Menyehatkan Mata

Manfaat buah pepaya juga karena kandungan vitamin A yang tinggi. Nutrisi ini penting dalam meningkatkan ketajaman dan kesehatan mata. Mengonsumsi buah ini pada anak-anak berguna pula untuk mencegah berbagai gangguan mata.

Menyembuhkan Demam

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam pepaya sangat manjur untuk meredakan dan menyembuhkan demam. Mengonsumsi buah ini akan mampu menurunkan panas tinggi yang menyertai demam.

Meremajakan Kulit

Kandungan nutrisi dalam buah pepaya juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh. Bahkan buah ini mampu mengatasi berbagai gangguan kulit, seperti ruam, jerawat, hingga gatal.

Untuk menjaga elastisitas kulit lebih cantik selain dengan mengonsumsinya Anda juga bisa membuat masker buah. Agar lebih efektif, buat masker dengan pepaya, pisang, dan ketimun. Ini perpaduan yang sangat baik untuk perawatan kecantikan wajah.

Baik untuk Program Diet

Manfaat buah pepaya juga penting sebagai menu diet jika Anda ingin menurunkan berat badan. Selain kaya serat, pepaya juga rendah kalori sehingga sangat baik untuk mempercepat waktu diet Anda.

Menu diet ini juga akan membuat kenyang lebih lama. Kandungan nutrisinya yang cukup lengkap juga sangat baik untuk diet gizi seimbang. Bahkan pepaya mampu mendetoksifikasi sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Menangkal Kanker

Buah pepaya juga kaya dengan kandungan fitonutrien, flavonoid, dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tak sedikit riset yang membuktikan khasiat pepaya alam menekan risiko kanker, khususnya kanker prostat dan usus besar.

Itulah berbagai manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang lengkap dan tinggi sangat baik untuk segala usia. Baik bayi, anak-anak, hingga orang lanjut usia penting mengonsumsi buah ini secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara