Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Manfaat Daun Jambu Biji
Ilustrasi Manfaat Daun Jambu Biji. Foto: Ist/Net

Manfaat daun jambu biji nyatanya belum banyak orang ketahui. Tentu saja manfaat tersebut berhubungan dengan kesehatan tubuh. Bagi anda yang memiliki pohon jambu biji atau setidaknya membeli jambu biji, jangan lupakan daunnya.

Daun inilah yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Karena kandungannya yang kaya akan tanin dan juga antioksidan, menjadikan daun jambu biji begitu istimewa.

Manfaat Daun Jambu Biji

Bagi anda yang menggemari buah tropis, seperti jambu biji, penting untuk anda ketahui manfaat dari daunnya. Daun jambu biji nyatanya memiliki kandungan yang penting dalam menunjang kesehatan. Kandungan tersebut berupa tanin dan antioksidan.

Baca juga: Obat Maag Alami Paling Efektif Mulai dari Daun Jambu Hingga Kunyit

Dengan demikian, daun dari jambu biji ini memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan juga antiinflamasi. Karena khasiatnya inilah, daun jambu biji seringkali orang jadikan sebagai ramuan obat.

Saat anda menyeduhnya dengan teh, maka akan terlepas senyawa flavonoid serta vitamin C yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh anda.

Kemudian, jika daun jambu biji ini mengalami pengolahan menjadi teh, maka akan mengandung flavonoid dan juga vitamin C seperti quercetin yang sangat penting bagi tubuh.

Kemudian, daun jambu biji ini pun sangat berguna sebagai obat anti nyeri yang alami. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung dalam daun jambu biji, antara lain adalah:

Mengobati Diare

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah sebagai obat diare. Diare sangat berbahaya jika terjadi pada tubuh kita. Karena dengan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus ini, akan mengurangi kadar cairan dari dalam tubuh.

Dengan demikian, diare harus segera ditangani agar tidak mengakibatkan masalah yang lebih serius. Daun jambu biji dapat membantu anda untuk mengobatinya. Anda bisa mengkonsumsi dengan cara menyeduhnya bersama teh.

Selain itu, anda juga dapat memperoleh manfaatnya dalam ekstrak kapsul yang dapat anda temukan pada apotek terdekat. Kemudian, cara mengobati diare juga dapat anda lakukan dengan menambah sejumlah minyak daun jambu biji pada satu cangkir air yang hangat.

Hal ini berarti manfaat daun jambu biji untuk pengobatan diare dan mencegah kekurangan kadar cairan yang keluar terus-menerus. Sifat dari daun jambu biji memang sering sekali untuk mengatasi penyakit diare karena sifatnya yang anti diare.

Menyembuhkan Penyakit Gusi

Manfaat yang kedua dari daun ini adalah menyembuhkan penyakit gusi yang tengah anda derita. Kandungan anti inflamasi serta anti bakteri inilah yang berperan aktif dalam meredakan peradangan, melindungi gusi, dan juga berbagai masalah gusi lainnya. Bahkan, manfaat ini telah tercatat dalam sebuah penelitian yang tertuang pada jurnal Pharmacognosy.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Daun jambu biji juga dapat berkhasiat sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam sebuah jurnal Nutrition and Metabolism.

Baca juga: Obat Herbal Demam Berdarah yang Murah dan Bisa Buat Sendiri

Manfaat daun jambu biji akan membantu menurunkan kolesterol jahat dengan cara konsumsi rutin. Konsumsi untuk penyakit kolesterol ini dapat anda atasi dengan ekstrak daun jambu biji yang bisa anda peroleh di apotek-apotek terdekat.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat selanjutnya adalah untuk pencegahan terhadap penyakit kanker. Daun jambu biji mempunyai sifat yang melawan kanker dengan kandungan likopennya.

Hal tersebut menjadikan daun jambu biji dapat mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut, dan juga kanker payudara.

Berdasarkan penelitian menyebutkan jika daun ini mempunyai kemampuan untuk menghentikan hormon pada pria yang dapat menjadi penyebab penyakit kanker prostat. Selain itu, manfaat ekstrak daun ini mampu menghambat kanker lambung.

Kemudian, dari penelitian yang telah terbit dalam Jurnal Cancer Letters telah menunjukkan jika manfaat daun jambu biji pada minyak atsiri (yang berasal atau terbuat dari sari daun jambu biji) ini bisa memperlambat aktivitas pertumbuhan kanker.

Sebagai Pengontrol Diabetes

Daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk mengontrol penyakit diabetes yang anda derita. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat, sebab telah tertuang dalam sebuah jurnal Nutrition and Metabolism. Yang mana ekstrak dari daun ini akan mampu menghambat berkembangnya penyakit diabetes tipe 2.

Menyembuhkan Demam Berdarah

Manfaat daun jambu biji selanjutnya adalah untuk menambah trombosit. Tentu hal ini akan sangat penting dan berguna untuk para penderita penyakit demam berdarah.

Baca juga: Manfaat Jambu Biji untuk Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

Orang yang menderita penyakit tersebut akan mengalami kekurangan trombosit, sehingga dengan mengkonsumsi ekstrak daun ini akan kembali meningkatkan kadar trombosit dalam darah penderita. Dengan demikian, penyakit demam berdarah akan segera sembuh secara cepat.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat berikutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan rambut dan juga kulit. Kesehatan kulit serta rambut akan meningkat dengan konsumsi ekstrak daun ini secara rutin.

Dengan konsumsi ekstrak daun ini, anda akan terbebas dari jerawat yang seringkali mengganggu. Jerawat menjadi salah satu yang mengganggu karena dapat menimbulkan penurunan rasa kepercayaan diri.

Jika anda memiliki jerawat, sebaiknya dapat menggunakan manfaat daun jambu biji ini untuk mengempeskan jerawat anda. Tubuh dengan halus daun jambu biji dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Lakukan dengan rutin, maka wajah anda akan kembali terbebas dari jerawat yang menyebalkan.

Meningkatkan Tekstur Kulit

Selain untuk menghilangkan dan mengobati jerawat yang membandel, anda juga dapat menggunakan daun jambu biji untuk meningkatkan kualitas tekstur kulit anda. Caranya adalah tumbuk halus daun jambu biji, selanjutnya oles pada area wajah.

Baik buah dan daunnya, tanaman ini akan mengembalikan otot-otot wajah yang kendur. Bahkan, anda juga dapat mengikis bintik hitam pada wajah dan menghilangkan keriput yang terjadi pada kulit anda.

Menguatkan dan Menyuburkan Rambut

Jika anda memiliki rambut yang sering rontok, maka ada baiknya anda mencoba manfaat daun jambu biji ini. Cukup rebus daun ini, lalu pijatkan kepada kulit kepala anda secara perlahan. Jangan lupa untuk menunggu hingga airnya menjadi dingin sebelum anda pakai untuk kesehatan kulit kepala anda tersebut.

Kemudian, daun ini juga dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut. Daun jambu biji dapat memiliki khasiat meningkatkan kecepatan dalam pertumbuhan rambut.

Mencegah Obesitas

Salah satu masalah yang sangat mengganggu adalah obesitas. Obesitas juga menjadi salah satu hal yang sangat sensitif untuk sebagian besar orang dalam masyarakat. Banyak cara untuk melakukan diet dan pengurangan berat badan agar memperoleh berat yang ideal.

Karbohidrat masih menjadi salah satu penyebab yang paling berperan dalam peningkatan berat badan seseorang. Karena karbohidrat yang berlebih akan menjadi gula. Sehingga bagi anda yang mengalami masalah obesitas, dapat anda atasi dengan konsumsi daun jambu biji.

Baca juga: Manfaat Jus Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan, Khususnya untuk Anak-anak

Manfaat daun jambu biji ini akan menghambat karbohidrat kompleks berubah menjadi gula. Dengan demikian, anda akan memperoleh berat badan ideal, yang tentu saja harus anda imbangi dengan olahraga teratur dan tidur yang cukup.

Mengobati Sakit Gigi dan Sariawan

Manfaat selanjutnya adalah untuk mengobati sariawan serta sakit gigi yang anda derita. Caranya pun cukup mudah. Kunyah daun ini, maka sakit gigi serta sariawan akan sembuh dengan segera. Yang perlu anda perhatikan, setelah mengunyah, tidak perlu ditelan.

Mengobati Permasalahan Gastrointestinal

Permasalahan ini merupakan berhubungan dengan sistem pencernaan, yakni usus dan juga lambung. Dengan mengkonsumsi daun ini, maka masalah gastrointestinal akan terobati. Karena, daun ini akan mengurangi produksi cairan yang berlebih yang mana bisa mengiritasi pencernaan.

Selanjutnya, manfaat daun jambu biji ini untuk sistem pencernaan adalah dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang berbahaya karena sifat anti bakteri yang daun ini miliki.

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan penglihatan anda. Bukan hanya wortel yang memiliki kandungan yang menyehatkan mata, namun daun jambu biji juga mengandung vitamin A yang sangat penting dalam kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun ini, maka akan terhindar dari penyakit katarak dan juga degenerasi makula.

Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang ada pada daun jambu biji inilah yang akan sangat penting dalam mengatasi sembelit. Jadi, tidak heran jika daun ini akan membantu anda dalam mengatasi susah buang air besar.

Berperan dalam Kesehatan Jantung

Manfaat yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat daun jambu biji ini bermanfaat dalam sistem peredaran darah. Dengan demikian, akan sangat penting dalam peredaran darah menuju jantung dan juga sebaliknya. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara