Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Sirih untuk Sinusitis, Mengobati Tanpa Efek Samping

Manfaat Daun Sirih untuk Sinusitis, Mengobati Tanpa Efek Samping

Manfaat daun sirih untuk sinusitis sama seperti pada pengobatan penyakit lainnya. Seperti yang anda ketahui jika daun sirih memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Bahkan bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan yang ada dalam daun sirih inilah yang memiliki fungsi cukup penting.

Sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit seperti sariawan, asma, mencegah tumor, hingga mengobati sinusitis. Sinusitis itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi pada dinding sinus.

Sinus bertugas menghasilkan mukus di hidung. Fungsinya untuk mencegah masuknya kuman dan benda-benda asing yang akan menimbulkan infeksi pada tubuh.

Pada beberapa kasus penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi pada infeksi tulang. Ketika sudah mengidap penyakit ini, sebaiknya segera berikan pengobatan yang tepat.

Baca Juga : Rebusan Daun Sirih Hilangkan Jerawat dan Bruntusan dalam Hitungan Minggu

Ada beberapa cara pengobatan herbal yang bisa anda gunakan. Salah satunya dengan daun sirih. Manfaat daun sirih untuk sinusitis mampu mencegah bahkan mengobati penyakit tersebut. Daun sirih mungkin mudah sekali ditemui. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkannya dengan mudah.

Manfaat Daun Sirih untuk Sinusitis

Sinusitis menjadi salah satu jenis penyakit peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus. Pada umumnya, sinus berisi udara. Namun, ketika bermasalah, maka sumbatan akan terjadi.

Sebab, udara tersebut akan berisi cairan dan kuman yang bisa menimbulkan infeksi. Maka dari itu, jangan sampai penyakit semakin parah.

Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai pengobatan. Mungkin sebagian besar orang lebih memilih pengobatan medis yang lebih cepat dalam penanganan.

Namun, tidak ada salahnya jika anda melakukan pengobatan herbal tanpa efek samping. Salah satunya dengan memanfaatkan daun sirih.

Tumbuhan yang satu ini tidak hanya mencegah dan mengurangi sakit sinusitis. Namun, mampu menyembuhkan dari gejala dan efek samping dari sakit tersebut.

Bagi anda yang belum tahu manfaat daun sirih, simak ulasannya. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa konsumsi tumbuhan herbal menjadi cara terbaik untuk pengobatan.

Baca Juga : Manfaat Daun Binahong, Herbal Ajaib yang Sering Disepelekan

Meringankan Gejala

Manfaat daun sirih untuk sinusitis yang pertama yaitu mengurangi gejala yang ada. Kandungan yang terdapat pada tumbuhan ini mampu meringankan dan mengatasi sakit yang terjadi pada anda.

Kandungan tersebut antara lain alkaloid, tannin, dan minyak esensial. Inilah yang mampu meringankan gejala timbul pada sakit sinusitis dengan berbagai gejala.

Mengatasi Mimisan

Mimisan sering terjadi akibat luka yang dihasilkan oleh penyakit sinusitis. Sehingga timbul pendarahan yang terjadi melalui hidung. Kandungan yang terdapat pada daun sirih cukup banyak.

Namun, kandungan yang mampu mengurangi terjadinya pendarahan yaitu eugenol, estragol, terpennena, cadinene, diastase, kandungan gula, dan pati.

Menghilangkan Bau Mulut

Penyakit sinusitis juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut. Itulah manfaat daun sirih untuk sinusitis yang bisa membersihkan kuman yang bersarang pada area mulut.

Asalkan anda bisa melakukannya secara rutin, bau akan berkurang karena kuman yang ada juga berkurang. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan tanaman yang satu ini, dapat bekerja mengurangi peradangan.

Baca Juga : Obat Sakit Tenggorokan Alami Terbaik dari Garam Hingga Sirih

Mengobati Mata

Manfaat daun sirih untuk sinusitis yaitu pada area mata. Hal ini bisa terjadi karena jika penyakit semakin parah tentunya akan mampu menyebar hingga mata. Tidak hanya itu saja, tumbuhan ini mampu mengobati keseluruhan penyakit yang terjadi pada mata.

Pengobatan dengan Daun Sirih

Daun sirih menjadi tumbuhan yang kaya manfaat. Apalagi mencarinya juga tidak sulit sehingga bisa anda buat obat herbal ini kapan saja.

Dengan konsumsi daun sirih secara teratur, mampu mengobati sinusitis hingga sembuh. Cara konsumsi obat herbal yang satu ini pun cukup mudah. Anda cukup siapkan 7 lembar daun sirih, 7 butir cengkeh, 3 buah jeruk nipis, 2 ruas jahe, dan 5 batang sereh.

Setelah menyiapkan bahan tersebut, anda tinggal merebusnya bersama-sama. Rebus dengan 6 gelas air hingga mendidih dan biarkan menjadi 3 gelas.

Minum setengah gelas untuk sekali minum. Hasil rebusan ini bisa anda konsumsi 3 kali sehari setelah makan. Bagi anda penderita sinusitis, bisa gunakan cara pengobatan yang satu ini.

Dengan kandungannya yang cukup banyak, manfaat daun sirih untuk sinusitis pun beragam. Anda bisa mengkonsumsi secara rutin agar bisa sembuh dari sakit tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img