Manfaat Ikan Segar untuk Pertumbuhan Anak, Tingkatkan Kesehatan Otak

Manfaat ikan segar untuk pertumbuhan anak. Foto: Net/Ist.
Manfaat ikan segar untuk pertumbuhan anak. Foto: Net/Ist.

Manfaat ikan segar untuk pertumbuhan anak penting diberikan. Karena, ikan merupakan sumber protein hewani yang kaya akan manfaat. Namun, ada baiknya Anda membeli ikan saat masih dalam kondisi segar.

Hal ini tentunya mempengaruhi kandungan gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Berikut akan membahas seputar ikan segar dan manfaatnya bagi Anda sekeluarga, khususnya sang buah hati.

Manfaat Ikan Segar untuk Pertumbuhan Anak

Meningkatkan Kesehatan Otak

Dalam beberapa studi menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi ikan dalam jumlah banyak, atau dalam rentang waktu yang lama dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak.

Sehingga, meningkatkan daya ingat serta kesehatan akan mental bisa terjaga dengan baik. Hal ini tentu dibutuhkan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga :Tak Terdampak Corona, Harga Ikan Laut di Pasar Pangandaran Masih Normal 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Manfaat ikan segar untuk pertumbuhan anak bekat kandungan vitamin D yang ada di dalamnya. Karena, vitamin D tak hanya dari sinar matahari saja, tapi juga berasal dari ikan-ikan segar.

Contohnya saja dalam takaran satu porsi ikan salmon segar terkandung asupan vitamin D melimpah, yang dapat melengkapi kebutuhan tubuh.

Sebab, vitamin D memiliki peranan penting dalam tubuh, seperti halnya berfungsi sebagai hormon steroid. Selain itu, juga berperan mengatur kalsium yang memiliki dampak baik bagi pertumbuhan tulang. Ikan segar akan semakin terasa manfaatnya dengan lebih sering mengonsumsinya.

Mencegah Timbulnya Penyakit Asma pada Anak

Dapat mencegah timbulnya penyakit asma pada anak menjadi salah sat manfaat ikan segar. Penyakit asma ditandai dengan adanya peradangan pada saluran pernapasan yang telah mencapai tahap akut.

Dalam beberapa studi menyebutkan bahwa, mengonsumsi ikan segar secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit asma hingga 24 persen pada usia anak – anak.

Baca Juga : Komunitas Penjual Baskoman di Pantai Timur Pangandaran Tawarkan Udang dan Ikan Segar

Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Biasanya anak-anak identik dengan masalah gangguan istirahat. Penyebabnya bisa akibat dari kurangnya asupan vitamin D yang ada dalam tubuh, sehingga tidur sang anak pun menjadi tidak berkualitas.

Bukan hanya itu, anak yang kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan risiko sleep apnea. Maka untuk mengatasinya, berikan pada anak Anda olahan ikan segar yang kaya akan vitamin D.

Menurunkan Risiko Jantung dan Stroke

Manfaat ikan segar yang berikutnya yaitu untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut yang paling sering menjadi penyebab kematian.

Ikan segar merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan resiko stroke maupun serangan penyakit jantung.

Dengan sering mengonsumsi ikan segar, terutama jenis ikan yang berlemak dan memiliki kandungan asam omega 3 yang mampu menjaga kesehatan jantung Anda dan keluarga.

Baca Juga : Ikan Layur Jadi Buruan Warga dan Wisatawan Pangandaran

Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Ikan terkenal dengan kandungan omega 3 yang melimpah. Manfaat ikan segar karena mengandung tinggi omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 1. Bahkan risiko penyakit autoimun pada anak.

Penyebab penyakit autoimun akibat sistem kekebalan tubuh yang beranjak lemah. Dengan memberikan anak Anda ikan segar secara rutin, maka kekebalan tubuh sang anak pun akan meningkat.

Melindungi Mata

Tidak sedikit penglihatan pada usia dini mulai terganggu. Banyak faktor juga yang menyebabkan menurunnya daya kemampuan mata. Misalnya saja dengan terlalu sering terpapar sinar radiasi pada gadget ataupun televisi.

Degenerasi makula merupakan faktor utama penyebab munculnya gangguan penglihatan pada anak. Selain mengurangi intensitas berhadapan dengan layar gadget dan televisi, penting juga untuk memberikan ikan segar pada anak.

Karena, kandungan beragam nutrisi serta vitamin dalam ikan segar dapat melindungi dan meningkatkan daya kemampuan mata. Baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Karena itulah, pentingnya anak mengonsumsi ikan secara rutin untuk perkembangan tubuhnya, kesehatan, hingga perkembangan otaknya.

Itulah beberapa manfaat ikan segar dalam membantu perkembangan anak.  yang sangat membantu. Jadi mulai sebaiknya Anda membeli ikan saat masih dalam kondisi segar. Semoga bermanfaat! (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah