Sejuta Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

manfaat ketan hitam
Sejuta manfaat ketan hitam untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan tubuh ternyata tidak bisa kita anggap remeh. Tape ketan hitam mengandung banyak nutrisi yang beragam. Baik untuk menjaga imunitas maupun menangkal berbagai jenis penyakit.

Ketan hitam merupakan jenis makanan yang cukup populer bagi masyarakat. Makanan ini sering bersandingan dengan bubur kacang hijau, seperti menu sajian warung burjo yang banyak terdapat di berbagai daerah.

Ketan hitam terbuat dari beras ketan dan umumnya diolah menjadi bubur dengan tambahan santan. Selain dengan bubur kacang hijau seperti menu warung burjo, masyarakat Bali juga menyukai sarapan dengan bubur ketan hitam bersantan.

Selain rasanya yang lengket dan kenyal, biasanya juga ada tambahan gula agar lebih manis. Banyak orang yang menyukai makanan ini karena rasanya yang enak. Apalagi kandungan nutrisinya juga baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Ketan Hitam dan Kandungan Gizinya

Manfaat ketan hitam terutama karena kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi ketan hitam kabarnya baik untuk mencegah obesitas maupun menjaga kesehatan jantung. Benarkah?

Kandungan nutrisi ketan hitam yang utama antara lain kalori, karbohidrat, protein, lemak baik, dan serat. Sedangkan mineralnya antara lain zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Berikut khasiat beras ketan hitam untuk tubuh.

Sumber Zat Besi

Para ibu hamil maupun penderita gangguan penyakit tak jarang tubuhnya kekurangan zat besi. Mineral yang terkandung dalam ketan hitam berperan penting dalam menghasilkan sel-sel darah merah sehingga ampuh mengatasi anemia.

Karena itu manfaat ketan hitam akan mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian kita. Mengonsumsi makanan ini juga penting untuk sumber zat besi bagi ibu hamil maupun yang sedang menjalankan program diet.

Anti Kanker

Ketan hitam juga mengandung fitonutrien yang penting untuk menangkal radikal bebas. Fitonutrien bersifat antioksidan yang sangat berfungsi dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri penyakit.

Mengonsumsi makanan ini juga berguna untuk membersihkan tubuh dari racun yang masuk. Apalagi camilan ini pun mengenyangkan sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat ketan hitam juga karena mengandung serat yang berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan. Begitu juga jika Anda mengalami gangguan perut, seperti sembelit, diare, atau kesulitan buang air besar (BAB) bisa mencoba makanan ini.

Mengonsumsi ketan hitam secara rutin juga berguna untuk membersihkan saluran pencernaan yang mengalami gangguan. Termasuk meredakan sakit pada gangguan usus halus maupun usus besar.

Baik untuk Diet dan Mencegah obesitas

Kandungan serat maupun nutrisi lainnya dalam ketan hitam juga berguna dalam program diet. Serat akan membuat tubuh kenyang lebih lama sehingga mencegah dari keinginan ngemil.

Manfaat ketan hitam juga karena rendah kalori yang berguna untuk mencegah obesitas. Dengan mengonsumsi camilan ini akan bermanfaat dalam menjaga berat tubuh yang ideal dan ramping.

Menurunkan Gula Darah

Kandungan serta mineral penting lainnya dalam ketan hitam berguna dalam menurunkan kadar gula darah. Namun konsumsinya tentunya tanpa ada tambahan gula maupun santan.

Bahkan jenis serat ini juga berfungsi dalam mengontrol insulin maupun glukosa dalam aliran darah. Karena itu mengonsumsi ketan hitam juga berguna menangkal penyakit gula atau kencing manis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ketan hitam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Warna hitam pada makanan ini ternyata berasal dari kandungan antosianin. Zat flavonoid ini juga banyak terdapat pada buah dan sayuran.

Antosianin merupakan antioksidan alami yang bersifat anti inflamasi dan anti karsinogenik. Senyawa ini berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu juga menjaga saluran darah dan fungsi jantung agar bekerja optimal.

Manfaat Ketan Hitam untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, makanan ini ternyata juga baik untuk perawatan kecantikan. Kandungan zat besi dan mineral lain dalam ketan hitam berguna dalam memicu produksi kolagen yang penting untuk kesehatan kulit.

Ada banyak khasiat ketan hitam untuk kecantikan, seperti mencerahkan dan mengencangkan kulit, mengatasi jerawat dan komedo, menghalau bekas jerawat dan flek hitam, serta mengganti sel kulit mati.

Camilan ini juga berguna untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran, mengecilkan pori-pori, mengontrol produksi minyak, dan menjaga kesehatan kulit agar selalu awet muda.

Itulah berbagai manfaat ketan hitam untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain dengan mengonsumsinya, Anda juga bisa membuat masker dari beras ketan hitam ini untuk perawatan wajah. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara