Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Nata De Coco untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Tahu

Manfaat Nata De Coco untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Tahu

Manfaat nata de coco untuk kesehatan tubuh tak bisa kita sepelekan. Kandungan serat, zat besi, dan kalsiumnya sangat baik untuk melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, hingga mencegah penyakit kardiovaskuler.

Nata de coco adalah bahan makanan berbentuk kenyal yang lebih keras dari agar-agar yang terbuat dari air kelapa. Dalam proses fermentasinya dengan melibatkan bakteri Acetobacter Xylinum.

Ada banyak jenis kandungan yang terdapat dalam nata de coco. Namun sebagian besar atau 80 persennya mengandung air dan sejumlah kecil vitamin dan fitokimia lainnya. Inilah yang membuat manfaat nata de coco baik untuk tubuh.

Dalam 100 gram nata de coco mengandung kalori sebanyak 146 kal, karbohidrat (20 gram), fosfor (2 mg), zat besi (0,5 gram), kalsium (12 mg), dan lemak sebanyak 20 gram.

Manfaat Nata De Coco untuk Kesehatan

Dengan rasanya yang kenyal dan agak tawar, nata de coco sangat enak sebagai bahan campuran untuk pembuatan es buah, es campur, dan lainnya. Ada banyak kreasi makanan yang juga bisa kita buat dengan bahan ini.

Seperti halnya dengan jeli atau agar-agar, nata de coco juga populer sebagai makanan untuk berbuka puasa. Nah, berikut ini beragam manfaat nata de coco untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Melancarkan BAB

Kandungan serat dalam nata de coco membuatnya sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Jika Anda mengalami gangguan kesulitan untuk buang air besar sebaiknya mengonsumsi nata de coco.

Begitu juga beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare bisa mencoba menggunakan makanan ini untuk meredakannya. Mengonsumsi nata de coco secara berkala akan menjaga kesehatan pencernaan.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat nata de coco yang tak kalah penting adalah untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Bahkan air kelapa sangat populer sebagai makanan alami yang terbaik mengatasi tubuh yang kekurangan cairan.

Keutamaan nata de coco karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Sehingga ketika tubuh kekurangan cairan atau setelah kita beraktivitas fisik sangat baik mengonsumsi nata de coco.

Untuk Program Diet

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, makanan ini perlu masuk dalam menu diet Anda. Kandungan seratnya sangat berguna untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Bahkan serat juga sangat baik dalam mengikat karbohidrat dan air. Selain bisa membuat program diet lebih berhasil, konsumsi makanan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat nata de coco juga sangat baik karena bisa menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan airnya yang tinggi tak hanya penting untuk mengatasi dehidrasi tapi juga penting untuk kekebalan tubuh.

Baik untuk Anak

Makanan nata de coco juga kaya dengan kandungan vitamin B1, B2, dan vitamin C. Vitamin ini sangat baik untuk menguatkan berbagai organ tubuh, meningkatkan kecerdasan kognitif anak, dan kekebalan tubuh.

Menguatkan Tulang

Manfaat nata de coco juga karena kandungan kalsiumnya yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain rasanya yang enak bagi lidah anak-anak, tentunya baik untuk Anda berikan secara berkala untuk anak-anak.

Mengontrol Kolesterol

Kandungan serat dalam nata de coco juga baik untuk mengendalikan dan menurunkan kolesterol. Konsumsi makanan berserat mampu menyerap kolesterol yang berlebihan dalam darah.

Cara Mengonsumsi Nata De Coco yang Aman

Kekhawatiran sebagian kalangan terhadap nata de coco umumnya karena cara mengonsumsinya yang tidak tepat. Seperti dengan mencampurkannya dalam minuman sirup yang tinggi kadar glukosanya.

Karena itu sangat penting memperhatikan cara mengolahnya akan manfaat nata de coco mampu kita dapatkan secara optimal. Beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam mengolah makanan ini antara lain:

  • Dalam mengolahnya sebaiknya hindari cara menggoreng dalam suhu tinggi yang akan membuat kandungan nutrisinya hilang.
  • Hindari menggunakan atau menambahkan gula terlalu banyak. Bukannya manfaat yang kita dapatkan melainkan malah akibat buruknya.
  • Ada banyak kreasi yang bisa Anda lakukan untuk mengolah nata de coco menjadi sajian yang enak dan bergizi. Seperti dengan membuat aneka jenis makanan penutup, agar, dan lainnya.

Itulah berbagai manfaat nata de coco untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang enak dan unik serta kekenyalannya membuat makanan ini juga favorit sebagai menu berbuka puasa saat bulan Ramadhan. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img