Manfaat Porang untuk Kesehatan dan Industri yang Sedang Booming

manfaat porang untuk kesehatan
Segudang manfaat porang untuk kesehatan tubuh. Foto: Ist/Net

Manfaat porang untuk kesehatan ternyata sangat besar. Hal ini karena kandungan zat glukomanan yang berfungsi sebagai prebiotik. Buah umbi yang mahal ini juga penting bagi industri sehingga menjadi komoditas ekspor.

Porang (Amorphophallus oncophyllus) merupakan tanaman umbi-umbian yang populer dengan sebutan iles-iles atau iles kuning. Daging umbinya yang berwarna kuning merupakan ciri khasnya yang membedakannya dengan umbi walur atau suweg yang berwarna putih.

Baca juga: Cara Menanam Porang yang Benar, Umbi Mahal yang Menguntungkan

Harga jualnya yang tinggi mendorong banyak petani yang beralih membudidayakan tanaman porang. Khususnya untuk menjadi komoditas ekspor. Apalagi cara menanam porang yang benar terbilang mudah.

Umbi porang bisa kita makan meskipun aroma baunya tidak sedap. Pada zaman penjajahan Jepang umbi ini juga berguna dalam industri pangan. Sedangkan saat ini umbi porang banyak yang mengolahnya menjadi tepung atau mie.

Manfaat Porang untuk Kesehatan dan Industri

Permintaan luar negeri terhadap umbi porang terbilang tinggi. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. Kalangan industri juga mengolahnya sebagai bahan pangan maupun berbagai produk lainnya.

Umbi porang merupakan makanan sehat yang banyak manfaat. Dengan teknologi pangan, porang menjadi sumber makanan sehat masyarakat modern. Berikut ini kandungan gizi dan manfaat porang untuk kesehatan maupun industri.

Kandungan Gizi Porang

Saat ini tanaman porang telah menjadi sumber pangan alternatif yang berkualitas. Hal ini karena kandungan gizi porang yang baik untuk kesehatan. Apalagi porang juga rendah kalori namun mengandung banyak serat.

Umbi porang juga mengandung tujuh jenis asam amino yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini juga tidak mengandung karbohidrat dan gluten dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

Porang juga tidak mengandung karbohidrat dan gluten dengan indeks glikemik yang rendah. Manfaat porang untuk kesehatan terutama karena kandungan glukomanan yang sangat penting. Senyawa ini penting untuk menangkal penyakit berbahaya.

Umbi ini kemudian banyak yang mengolah menjadi konyaku porang sebagai bahan pangan alkali yang berguna menetralkan kadar asam tubuh. Karena itu umbi ini aman untuk penderita diabetes dan cocok untuk diet maupun yang alergi gluten.

Menangkal Kanker

Tepung dari umbi porang juga berguna dalam menangkal kanker. Sejumlah riset menemukan kandungan nutrisinya yang efektif dalam menghambat pertumbuhan dan menyembuhkan kanker.

Kandungan senyawa glukomanan dalam umbi iles-iles ini juga efektif dalam mengobati kanker paru-paru. Namun kualitas umbi porang terutama karena kadar airnya yang rendah.

Mengontrol Kolesterol

Manfaat porang untuk kesehatan juga dalam mengendalikan dan mengontrol kolesterol tubuh. Senyawa glukomanan dalam iles-iles ini termasuk ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi tepung konyaku dari umbi porang secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Penurunan kolesterol ini cukup signifikan sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan Gula Darah

Manfaat porang untuk kesehatan juga efektif dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsi tepung umbi ini berguna pula untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, diabetes, hingga resistensi insulin.

Kandungan nutrisinya khususnya glukomanan juga mampu meningkatkan efektivitas penyerapan nutrisi dalam usus kecil. Hal ini akan meningkatkan pula sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga baik untuk penderita penyakit gula.

Sebuah studi juga menemukan bahwa konsumsi tepung porang juga mampu membersihkan pembuluh darah dan mencegah terbentuknya plak. Karena itulah umbi ini penting untuk menangkal penyakit kardiovaskuler.

Mengatasi Sembelit

Manfaat porang untuk kesehatan juga karena kandungan nutrisi maupun seratnya yang penting dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Seperti sembelit, susah BAB, hingga diare.

Bahkan kandungan glukomanannya berguna dalam menyembuhkan penyakit perut. Mengonsumsi umbi iles ini secara rutin bisa meredakan berbagai gangguan sistem pencernaan, termasuk penyakit sembelit kronis.

Baik untuk Program Diet

Untuk Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan perlu memasukkan umbi iles ini dalam menu diet Anda. Hal ini karena kandungan seratnya maupun nutrisinya yang efektif dalam mendukung diet.

Sebuah penelitian terhadap orang dengan obesitas membuktikan manfaat porang untuk kesehatan khususnya dalam program diet. Selain mampu menurunkan berat badan, trigliserida dalam darah mereka juga menurun secara signifikan.

Manfaat Porang untuk Industri

Selain penting untuk kesehatan, manfaat porang untuk industri juga besar. Tak sedikit produk yang mereka hasilkan dari umbi porang. Seperti bahan baku lem, cat, produk kosmetika, maupun pembuatan negatif film dan pita seluloid.

Baca juga: Petani Porang di Pangandaran Raup Untung Miliaran Banjir Kunjungan

Umbi porang merupakan bahan unik untuk pembuatan beragam produk. Termasuk sebagai bahan baku pelapis anti air maupun sebagai bahan pengental.

Demikianlah berbagai manfaat porang untuk kesehatan tubuh. Kandungan senyawa glukomanan juga berkhasiat untuk mencegah penyakit berbahaya. Bahkan umbi ini telah banyak digunakan kalangan industri untuk membuat aneka produk. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara