Manfaatkan Lahan Pekarangan, Warga Sindangsari Ciamis Tanam Sayur

Manfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanami tanaman sayuran dilakukan warga Dusun Sukamanah, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR.
Manfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanami tanaman sayuran dilakukan warga Dusun Sukamanah, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Manfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanami tanaman sayuran dilakukan warga Dusun Sukamanah, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Andri, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengatakan, optimalisasi lahan pekarangan tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga.

Terlebih saat pandemi Covid-19 ini yang dapat menimbulkan ancaman krisis pangan. Guna pemenuhan pangan dan gizi, pihaknya pun mendorong masyarakat optimalisasikan lahan pekarangan.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, manfaatkan lahan pekarangan rumah dengan ditanami macam-macam sayuran bisa juga meningkatkan pendapatan rumah tangga,” kata Andri, kepada HR Online, Kamis (03/12/2020).

Baca Juga : Emak-emak di Ciamis ini Serempak Tanam Sayuran Organik

Dengan pemanfaatan lahan tersebut berharap dapat mendorong petani untuk berproduksi. Sehingga mampu mendukung kehidupan keluarga petani saat pandemi Covid-19.

Karena menurut Andri, jika pengelolaannya baik, maka kegiatan ini tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan pangan tingkat rumah tangga. Namun, dapat mengurangi pengeluaran, bahkan meningkatkan pendapatan.

“Kedepannya kami berharap setiap rumah tangga mampu memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya sebagai sumber pangan yang berkelanjutan,” katanya.

Andri menambahkan, dengan optimalisasi pemanfaatan lahan ini, ia mengarahkan warga Dusun Sukamanah untuk menanam berbagai macam sayuran. Seperti bayam, kangkung, bawang daun, tomat, dan jenis tanaman sayuran lainnya. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Aegis Boost Pro