Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruManggis untuk Ibu Hamil, Kaya Manfaat Dukung Pertumbuhan Janin

Manggis untuk Ibu Hamil, Kaya Manfaat Dukung Pertumbuhan Janin

Manggis untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat. Maka dari itu, sudah ada ekstrak buah ini yang dijual di pasaran. Ibu hamil harus konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan gizi, termasuk buah-buahan.

Hal ini perlu ibu hamil lakukan untuk menjaga tumbuh kembang janin. Selain itu, nutrisi yang ada pada makanan tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan ibu.

Buah manggis memang susah-susah gampang jika tidak musimnya. Namun, ketika sudah musim manggis, anda bisa menemukannya di berbagai tempat penjual buah.

Dibalik rasanya yang manis dan masam, buah yang satu ini memiliki khasiat yang banyak, terutama untuk ibu hamil. Kandungan dalam buah manggis baik untuk kesehatan janin dan ibu.

Buah manggis atau Garcinia mangostana termasuk dalam jenis buah yang cukup mudah anda temukan di Indonesia. Manfaat yang bisa diperoleh untuk ibu hamil yaitu dengan cara konsumsi secara langsung.

Jika tidak, ibu hamil bisa membuatnya menjadi menu menarik, seperti salad, jus, dan smoothie. Bahkan jika anda bingung untuk mengkonsumsinya, bisa memilih ekstrak alami dari buah manggis.

Baca Juga : Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil Jika Konsumsi Secara Berlebih

Dengan konsumsi ekstrak ini, ada banyak manfaatnya. Antara lain mengandung antioksidan, antivirus, antibakteri, bahkan antikanker.

Dengan mengkonsumsinya secara tidak berlebihan, anda bisa memberikan nutrisi baik untuk janin. Manggis untuk ibu hamil sudah terbukti mampu memberikan banyak manfaat.

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil

Saat masa kehamilan tentu banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kondisi janin dan ibu. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk asupan nutrisi janin.

Konsumsi buah dan sayur menjadi anjuran untuk makanan ibu hamil. Salah satu buah yang menyegarkan dan kaya manfaat yaitu manggis. Manggis mendapat julukan ratu buah karena manfaatnya yang banyak.

Buah yang satu ini masuk dalam jenis eksotik yang berasal dari Asia Tenggara. Kandungan vitamin yang ada pada buah tersebut cukup banyak. Seperti vitamin, mineral, dan foat mampu meningkatkan tumbuh kembang janin.

Buah manggis memang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Adapun manfaat yang bisa ibu hamil rasakan, antara lain:

Mencegah Bayi Cacat

Baca Juga : Hormon pada Ibu Hamil, Jenis dan Pengaruhnya Terhadap Janin

Manggis untuk ibu hamil memang dipercaya mampu mengurangi resiko bayi cacat lahir. Sebab, dengan adanya asam folat dalam buah tersebut berperan penting untuk pertumbuhan organ janin.

Dengan konsumsi secara rutin serta porsinya tepat sebelum dan selama kehamilan, membantu mencegahnya. Misalnya spina bifida dan anensefali. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi secara tepat buah manggis sebagai cemilan ibu hamil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat manggis untuk ibu hamil juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu hamil harus bisa bekerja lebih keras karena melindungi 2 tubuh. Bertambahnya beban tersebut bisa membuat daya tahan tubuh menurun.

Sehingga ibu hamil akan lebih rentan terhadap infeksi. Manggis memiliki kandungan vitamin C dan serat sehingga bisa menjaga sistem tersebut. Tidak hanya itu saja, adanya sifat antibakteri dan antioksida membuat manggis mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Mencegah Sembelit

Baca Juga : Fenomena Kehamilan Kriptik, Penjelasan Ibu Hamil 1 Jam dan Melahirkan

Adapun manfaat buah manggis untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mencegah terjadinya sembelit. Kandungan serat dalam buah manggis baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Jika hal ini bisa terpenuhi, tentu anda bisa terhindar dari sembelit. Sebab, masalah ini sering muncul pada ibu hamil. Dengan konsumsi buah yang satu ini, sistem pencernaan bisa lebih sehat.

Mengontrol Gula Darah

Sebagian besar ibu hamil beresiko terserang diabetes gestasional yaitu kadar gula darahnya yang tinggi. Namun, hal ini hanya terjadi ketika ibu sedang hamil. Jika tidak terkontrol, justru bisa menimbulkan rsiko komplikasi.

Manggis mengandung xanthone dan serat yang mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga resiko tersebut akan berkurang.

Melindungi dari Kanker

Buah manggis memiliki kandungan xanthones yang berfungsi mencegah timbulnya sel kanker. Selain menghambat pertumbuhan kanker selama hamil, manggis juga mampu melindungi janin dari efek berbahaya seperti penyakit mematikan.

Ada banyak manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Sebaiknya konsumsi secara tepat dengan porsi yang pas agar tidak memberikan dampak buruk untuk janin. (R1/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img