Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruMemilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP, Simak Tips Terbaiknya!

Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP, Simak Tips Terbaiknya!

Memilih kabel charger yang bagus bertujuan agar kabel tersebut dapat digunakan secara nyaman dan tahan lama. Kabel charger merupakan salah satu aksesories bawaan dari pabrikan smartphone kepada para pembelinya.

Namun sayangnya, aksesoris yang berfungsi untuk mentransfer data ini pun dapat mengalami kerusakan. Sebagai salah satu solusinya adalah jika masa garansi telah habis, maka para pengguna dapat membelinya dengan yang baru.

Saat ini telah tersedia berbagai merk kabel charger yang dapat anda pilih. Maka penting bagi anda untuk memilih serta menimbang-nimbang kabel sesuai dengan kebutuhan anda.

Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP

Mempunyai smartphone mahal dan canggih tanpa adanya kabel charger yang berkualitas bagus tentu saja tidak ada artinya. Kabel charger mempunyai peranan sangat penting dalam penggunaan smartphone. Para pengguna akan selalu memerlukan aksesoris ini setiap kali melakukan pengisian daya atau baterai smartphone.

Arti dari kabel charger yang bagus bukan berarti mempunyai tampilan yang menarik atau penuh warna-warni. Akan tetapi, kata bagus lebih mengacu pada kualitas yang dimiliki dari kabel charger tersebut.

Baca Juga : Ciri Charger Oppo Original, Berikut Cara Membedakannya!

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk memilih kabel dengan memperhatikan kualitas. Bukan hanya pada tampilannya saja.

Berikut ini beberapa tips memilih kabel charger yang bagus untuk smartphone anda jika suatu saat kabel charger yang anda miliki mengalami kerusakan, antara lain:

Original Sesuai dengan Merk HP

Pada saat kabel charger anda mengalami kerusakan, pastikan saat membeli penggantinya, anda memilih kabel charger yang bagus untuk smartphone anda.

Untuk memperoleh kabel charger dengan kualitas bagus, sebaiknya anda membeli merk HP yang sama dengan yang anda gunakan.

Lalu pastikan anda membeli produk yang original. Pada umumnya, toko online akan menyediakan kabel charger original sesuai dengan bawaan pabrik.

Hal ini bertujuan agar arus output serta inputnya sebanding dengan kepala charger yang anda gunakan. Jika berbeda, tentu akan berpengaruh terhadap kinerja pengisian baterai.

Perhatikan Bahan Coating

Coating merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel charger. Secara visual, terdapat beberapa jenis coating yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kabel charger, antara lain nilon, fiber kevlar, kulit sintetis, dan PVC.

Mungkin bagi masyarakat awam, akan sulit untuk mengenali material ini. Namun pada umumnya, kabel charger yang bagus akan menampilkan informasi material coating yang digunakan pada kemasannya.

Baca Juga : Jangan Menggunakan Charger Palsu! Risiko HP Rusak Hingga Meledak

Dalam setiap jenis coating seringkali akan berpengaruh terhadap kelenturan kabel sehingga mampu memberikan perlindungan lebih dan tahan lama.

Kabel charger dengan material coating tidak mudah koyak ataupun putus dan juga lebih tahan air. Karena material ini harus melindungi kabel yang terdapat pada bagian dalamnya.

Saat ini telah banyak tersedia kabel charger dengan lapisan coating sehingga memudahkan anda dalam memilih kabel charger yang bagus dengan beragam warna dan corak.

Fitur Tambahan yang Tersedia

Tips memilih kabel yang bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan fitur tambahan yang tersedia. Salah satu fitur yang paling sering pengguna cari adalah Fast Charging.

Dengan adanya fitur ini, maka anda tidak perlu menunggu lama saat proses pengisian baterai. Kecepatan pengisian daya menjadi keunggulan dari adanya fitur Fast Charging tersebut.

Baca Juga : Mengatasi HP Konslet dengan Cara Tepat, Minimalkan Kerusakan Ponsel

Selain itu, jika anda akan membeli kabel charger, sebaiknya anda membeli kabel yang menyediakan berbagai jenis kepala USB port yang dapat anda bongkar pasang. Hal ini bertujuan agar pengisian daya lebih maksimal.

Oleh karena itulah, fitur Fast Charging dan kecepatan transfer data perlu anda coba terlebih dahulu sebelum akhirnya anda beli dengan menggunakan sampel produk yang ada.

Pastikan Bergaransi

Tips memilih kabel charger yang bagus berikutnya adalah kabel charger yang memiliki garansi minimal 1 minggu dari waktu pembelian.

Hal ini agar kabel charger yang anda beli dapat berjalan sesuai dengan spesifikasi yang hadir dalam perangkat tersebut. Jika anda menemukan adanya kerusakan, maka anda tidak akan rugi dengan adanya masa garansi untuk mengganti barang.

Baca Juga : Tips Memilih Headset Sesuai Kebutuhan, Perhatikan 4 Hal Ini!

Sebaiknya anda juga memperhatikan informasi yang terdapat dalam kemasan. Perhatikan apakah kabel charger tersebut sesuai dengan smartphone yang anda gunakan.

Dengan memperhatikan garansi dalam memilih kabel charger yang bagus, juga sangat membantu untuk mengenali keaslian kabel charger yang anda beli. Karena saat ini banyak tersedia produk bajakan yang menjual kualitas buruk dengan menyematkan merk ternama dalam kemasan atau kabelnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -