Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMenampilkan Clipboard Android Melalui Aplikasi Google Keyboard

Menampilkan Clipboard Android Melalui Aplikasi Google Keyboard

Menampilkan clipboard Android dapat anda lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung smartphone yang anda gunakan.

Salah satunya dengan menggunakan Google Keyboard yang merupakan salah satu aplikasi keyboard pihak ketiga yang dikembangkan oleh Google.

Melalui aplikasi ini, Google telah merilis fitur clipboard bagi semua penggunanya. Dengan demikian, para pengguna dapat menyimpan berbagai riwayat penyalinan pesan teks atau link.

Bagi anda yang belum paham mengenai bagaimana cara mengaktifkan fitur clipboard tersebut, berikut akan kita simak ulasan selengkapnya.

Baca juga: Mengembalikan OS Android ke Semula Secara Aman dan Efektif

Menampilkan Clipboard Android

Sebagian besar kalangan pengguna ponsel atau dekstop mungkin sudah tidak asing dengan clipboard. Dengan menggunakan clipboard, maka para pengguna dapat menyaksikan berbagai riwayat persalinan yang telah dilakukan pada perangkat pengguna.

Namun seringkali dalam penggunaan perangkat ponsel, clipboard hanya bisa dimanfaatkan pada beberapa jenis ponsel tertentu. Atau melalui aplikasi pihak ketiga yang mendukung perangkat smartphone tersebut.

Kabar saat ini, Google telah berhasil merilis update fitur Clipboard yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya. Update fitur Clipboard tersebut berhasil rilis melalui Google Keyboard yang merupakan aplikasi keyboard pihak ketiga yang telah dikembangkan oleh Google.

Melalui aplikasi pihak ketiga ini, para pengguna dapat menyimpan dan menampilkan clipboard pada Android dalam satu jam ke belakang selama aplikasi tersebut masih aktif. Riwayat penyalinan dapat berupa link, teks, atau pesan.

Cara Menampilkan Clipboard Android Melalui Google Keyboard

Berikut ini cara menampilkan clipboard pada perangkat dengan menggunakan aplikasi Google Keyboard, antara lain:

Pilih Keyboard dari Google

Pada umumnya, dalam sebuah smartphone menses default dengan keyboard bawaan pabrik. Maka dalam hal ini, keyboard harus kita rubah terlebih dahulu.

Tekan Logo Google

Dengan menekan logo Google yang terdapat pada samping atas Keyboard. Proses berikutnya, pengguna akan memperoleh berbagai fitur atau pengaturan yang berhubungan dengan aplikasi Google Keyboard yang anda gunakan.

Pilih Opsi Papan Clipboard

Langkah berikutnya, anda dapat memilih opsi clipboard yang terdapat pada fitur aplikasi lanjutan yang ada pada aplikasi. Dalam proses ini, nantinya para pengguna akan memperoleh arahan untuk menuju penggunaan fitur Clipboard pada aplikasi Google Keyboard.

Aktifkan Papan Klip

Cara menampilkan clipboard Android berikutnya adalah ketika clipboard sedang berjalan untuk pertama kalinya, maka pengguna akan memperoleh konfirmasi yang mengindikasikan penggunaan aplikasi Clipboard.

Dengan demikian, anda dapat pilih opsi Aktifkan Papan Klip guna melanjutkan penggunaan fitur Clipboard pada aplikasi Google Keyboard.

Pastikan Fitur Clipboard Telah Aktif

Untuk dapat memastikan fitur clipboard telah aktif, pengguna dapat melakukan penyalinan teks sebagai salah satu uji coba. Selanjutnya penyalinan teks tersebut akan terdaftar pada clipboard yang telah aktif sebelumnya. Kemudian teks yang tersalin tersebut akan muncul pada kolom terbaru.

Baca juga: Game Gratis PS5 Ramaikan Dunia Game, Berikan Keseruan Berbeda

Menampilkan Teks Tersalin

Untuk menggunakan teks yang telah terdaftar pada clipboard, para pengguna cukup tekan teks yang mereka inginkan pada Google Keyboard. Yang selanjutnya teks tersebut tampil pada platform yang akan mereka tuju.

Dalam hal ini, pengguna dapat menghapus serta pin teks clipboard yang pengguna inginkan sesuai dengan keperluan. Dengan pin teks pada clipboard, maka teks atau links akan tetap terus tersimpan.

Menampilkan Clipboard Android dengan Menempelkan Papan Klip

Dalam menampilkan clipboard pada perangkat, para pengguna dapat melakukannya dengan cara menempelkan papan clip.

  1. Langkah pertama, jalankan aplikasi pada perangkat. Dalam hal ini, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi untuk mengirimkan pesan teks pada ponsel lain sesuai dengan model perangkat yang anda gunakan.
  2. Selanjutnya buat pesan baru dengan mengetuk tombol pada halaman teks kosong.
  3. Langkah berikutnya, pengguna dapat mengetuk serta tahan kolom pesan teks.
  4. Kemudian akan muncul menu pop-up. Pada sebagian perangkat untuk dapat menampilkan clipboard Android, mungkin pengguna harus memasukkan penerima pesan terlebih dahulu. Lalu menekan tombol Next supaya dapat mengetuk kolom pesan.
  5. Proses berikutnya setelah mengetuk tombol paste, maka papan klip akan tertempel pada kolom pesan.

Setelah berhasil menampilkan clipboard Android, pengguna dapat menghapus pesan yang telah mereka buat sebelumnya. Dengan cara ini, anda dapat mengetahui isi papan klip yang terdapat pada perangkat tanpa harus mengirimkan pesan tersebut kepada seseorang. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -