Menata Rumah Type 36 Terkesan Luas, Ini Tipsnya

9. Menata Rumah Type 36 Terkesan Luas, Ini Dia Tipsnya
Menata Rumah Type 36. Foto Istimewa

Menata rumah type 36 yang memiliki luas bangunan hanya 36m2 dan terlihat kecil tidak lagi menjadi halangan untuk terkesan lapang. Sehingga type 36 bisa menjadi hunian yang banyak orang dambakan.

Biasanya tipe rumah ini memiliki 2 kamar tidur, ruang keluarga yang sekaligus menyatu dengan ruang tamu, dapur dan satu kamar mandi. Ruangan-ruangan ini sudah umum ada karena terbatasnya luas.

Baca Juga: Rumah Minimalis Type 36 dengan Konsep dan Desain Modern

Jumlah rumah dengan tipe ini semakin meningkat setiap tahunnya karena termasuk rumah yang hemat luas dan menjadi salah satu alternatif untuk memiliki rumah.

Menata Rumah Type 36

Saat ini sebagian orang menghuni rumah dengan tipe 36, namun merasa memiliki keterbatasan ketika menggunakan rumah ini karena luasnya. Namun pada dasarnya, rumah ini memiliki hunian yang nyaman dan fungsional ketika bisa menatanya dengan benar.

Bagi anda yang ingin mencari tips untuk menata rumah, maka simak berikut ini karena ada beberapa tips menata rumah type 36.

Tentukan Jumlah Ruangan

Untuk hal pertama yang sebaiknya anda perhatikan ketika menata ruangan untuk rumah type 36 ini adalah jumlah ruangan yang akan anda butuhkan.

Umumnya hanya terdiri dari dua kamar, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, dan satu kamar mandi. Tips menata rumah type 36 ini bukan lagi menjadi halangan untuk memiliki hunian.

Namun anda bisa melakukan renovasi untuk ruangan yang akan anda butuhkan, misalnya mengurangi ukuran luas teras dalam membuat satu kamar lagi. Meskipun melakukan renovasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun hasilnya akan sesuai dengan yang anda butuhkan.

Baca Juga: Konsep Dapur Tipe 36, Pilihan Tepat untuk Keluarga Modern

Tambahkan Ketinggian Langit

Kebanyakan type 36 ini terkesan sumpek dan sempit, namun anda bisa memberikan kesan yang lebih luas jika menatanya dengan benar. Nah, salah satu caranya bisa menambahkan ketinggian langit-langitnya.

Usahakan untuk memiliki ketinggian langit-langit minimal 3 meter agar suasana lebih lapang. Namun jangan mengubah ketinggian pada ruangan dengan ukuran sempit karena akan memberikan kesan tidak proposional.

Rumah kecil dengan menggunakan open plan bisa padukan dengan menggunakan kesan lebih luas. Sehingga ruangan kecil bisa menjadi lapang ketika menatanya dengan baik.

Konsep Mezzanine

Konsep mezzanine yang menampilkan kesan luas bisa digunakan pada rumah type 36. Namun untuk menggunakan konsep ini, minimal memakai ketinggian langit-langit 5 meter. Tips menata rumah type 36 ini bisa menjadi andalan untuk rumah mungil.

Sehingga ruangan akan lebih nyaman untuk kegiatan setiap harinya. Biasanya konsep ini untuk ruang keluarga, kamar tidur, sampai ruang tamu. Ruangan ini menjadi pokok untuk berbagai kegiatan sehingga harus mendapatkan perhatian yang lebih.

Kurangi Jumlah Sekat

Bila tidak ingin menggunakan langit-langit yang tinggi, bisa menggunakan ruangan yang meminimalkan ruangan dengan sekat. Dengan konsep terbuka, tentu akan memberikan kesan lebih luas.

Baca Juga: Konsep Rumah Modern dengan Estetika Interior Masa Kini

Ruangan tanpa sekat juga sangat cocok untuk rumah mungil seperti type 36 ini. Bila ingin menggunakan sekat, bisa memakai rak non permanen sehingga dengan mudah untuk memindahkan.

Bila tidak, bisa menggunakan permainan warna untuk membedakan ruangan dengan cahaya yang berbeda pula. Bisa pula menggunakan variatif motif dan keramik dengan aneka warna bisa menjadi tips menata rumah type 36.

Cahaya Alami

Rumah dengan type 36 akan semakin terlihat suram dengan cahaya yang tidak tepat. Untuk itu, bisa menggunakan permainan cahaya agar mendapatkan ruangan yang lebih luas.

Bila mungkin menggunakan cahaya alami dengan jendela, glass clock, dan skylight. Dengan adanya pencahayaan seperti ini, tidak hanya membuat rumah menjadi sehat, namun bisa mendukung penghematan energi.

Gunakan Interior dan Eksterior Cerah

Memiliki rumah dengan type 36 ini harus pandai memainkan warna. Karena dengan menggunakan warna gelap, tentu akan memberikan kesan lebih sempit. Untuk itu, bisa menggunakan interior dan eksterior dengan warna terang.

Dengan warna cerah seperti ini, akan memberikan rumah luas dan nyaman untuk aktivitas. Terutama memakai warna putih dan warna pastel untuk lebih memberikan kesan mungil terlihat luas.

Rumah tipe ini bisa menjadi hunian yang luas ketika Anda menerapkan tips menata rumah type 36. Hunian mungil bisa menjadi lapang ketika menatanya dengan baik, mulai dari penataan hunian sampai pemilihan eksterior dan juga interiornya. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu

Aegis Boost Pro