Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruMencegah Tikus Masuk Mobil, Terapkan Cara-cara Mudah Berikut ini!

Mencegah Tikus Masuk Mobil, Terapkan Cara-cara Mudah Berikut ini!

Mencegah tikus masuk mobil bisa Anda lakukan dengan cara mudah dan ampuh. Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang tidak disukai. Sebab, keberadaanya sangatlah mengganggu aktivitas dan merugikan manusia.

Tikus juga sebagai hewan yang mampu merusak barang, termasuk mobil. Ulah hewan ini kerap kita temui. Bahkan, yang biasanya dialami pemilik mobil adalah mesin yang sering mengalami korsleting atau mogok.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Mencegah Tikus Masuk Mobil, Terapkan Cara Mudah Ini!

Baca Juga : Mengusir Tikus Paling Ampuh

Menjaga Kebersihan Ruang pada Mesin

Cara mencegah tikus masuk ke mobil yang pertama perlu Anda terapkan adalah dengan selalu mengecek secara rutin sisi ruang mesin mobil. Minimal adalah pada pagi hari sebelum mesin mobil dipanaskan.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan mesin mobil. Sebab, tikus sangat suka tempat yang kotor, apalagi jika ada sisa-sisa makan pada ruang tersebut.

Menutup Akses Jalan Masuk

Cara mencegah tikus masuk mobil selanjutnya yaitu dengan menaruh mobil dalam garasi. Jadi, alangkah baiknya jika Anda segera menutup akses jalan yang memungkinkan kawanan tikus melewatinya. Terlebih saat malam hari, garasi wajib tertutup rapat.

Namun, apabila garasi Anda berada di tempat yang cukup terbuka, maka yang perlu Anda lakukan adalah menutup jalur keluar masuk tikus. Untuk menutupnya taburkan kapur barus, atau menyemprot pestisida sekitar ban mobil.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah dengan Mudah dan Aman

Memberi Aroma Tidak Sedap

Selain dengan cara menutup akses jalan masuk tikus, dan menjaga kebersihan pada ruang mesin mobil, Anda juga bisa mencegah tikus masuk mobil dengan cara memberikan aroma khusus.

Pilih saja aroma khusus seperti seperti peppermint, rambut anjing, rambut kucing, dan lain sebagainya. Anda cukup menempatkan aroma tersebut sekitar mesin mobil, agar tikus tidak mendekat. Sebab, tikus-tikus sangat tidak menyukai bau tak sedap.

Biasakan Memanaskan Mesin Mobil

Hal yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah tikus masuk mobil yaitu dengan cara selalu rutin memanaskan mobil setiap harinya. Tidak perlu waktu lama, Anda bisa melakukannya cukup hanya 5-10 menit saja.

Hewan tikus sangat suka bersarang dalam ruangan yang jarang digunakan. Dengan rutin menghidupkan mesin maka tikus akan malas masuk ke mesin mobil Anda.

Selain mencegah masuknya tikus, cara tersebut juga sangat penting untuk menjaga mesin agar tetap awet. Karena, tikus yang masuk ruang mesin mobil biasanya akan meninggalkan kotoran. Hal ini seringkali memunculkan bau yang menyengat.

Baca Juga : Dijamin Jitu, Ini Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Menyiapkan Perangkap

Hal yang mudah Anda gunakan selain obat tikus adalah cukup dengan menyiapkan alat perangkap tikus pada bagian depan mobil, atau sekitar area mobil Anda terparkir.

Mencegah tikus masuk mobil dengan cara seperti ini cukup ampuh. Perangkap tikus bisa berupa penjepit tikus, atau lem tikus. Pancing dengan menaruh sedikit makanan yang tikus sukai dekat perangkap yang Anda gunakan.

Tapi ingat, jangan pernah menaruh racun tikus! Karena nantinya Anda tidak tahu dimana tikus akan mati dan membusuk. Jadi, pancing saja dengan makanan kesukaannya.

Itulah beberapa cara mencegah tikus masuk mobil yang perlu Anda ketahui. Cara-cara tersebut di atas dapat menjadi rekomendasi untuk Anda yang sedang mengalami masalah tikus yang suka masuk ke dalam mesin mobil. Sehingga membuat mesin cepat rusak dan mogok. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -