Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMengaktifkan 3D Touch Android Mudah Tanpa Adanya Akses Root

Mengaktifkan 3D Touch Android Mudah Tanpa Adanya Akses Root

Mengaktifkan 3D Touch Android penting untuk anda lakukan. Pasalnya, fitur layar ini memiliki fungsi untuk mengenali jenis sentuhan yang anda berikan.

Selain iPhone, terdapat smartphone lain yang menggunakan teknologi 3D Touch. Para pengguna tidak hanya dapat menekan serta menahan sentuhan dalam melakukan pilihan perintah saja. Akan tetapi, dengan sedikit tekanan baru, maka akan menghadirkan pilihan perintah yang baru.

Tidak hanya terdapat pada perangkat Apple saja, teknologi layar berbasis sentuhan serta tekanan ini juga terdapat pada beberapa Android. Hanya saja, dengan nama yang berbeda, seperti pressure screen yang terdapat pada ZTE Axon 7 Mini atau force touch pada Huawei Mate.

Mengaktifkan 3D Touch Android

Siapa bilang teknologi 3D Touch hanya terdapat pada perangkat iPhone. Semua perangkat Android juga dapat menggunakan 3D Touch.

Akan tetapi, fitur sentuh dan tekan ini tidak akan bermanfaat jika perangkat lunak atau softwarenya tidak memperoleh dukungan opsi tambahan pada saat terdapat gaya tekanan pada layar.

Dengan kondisi ini, banyak fragmentasi pada smartphone Android, sehingga masih sedikit yang ingin mencoba untuk memanfaatkan teknologi ini.

Baca Juga : Mengaktifkan Android System Webview Untuk Android Marshmallow 6.0

Karena pada smartphone Android lebih mudah untuk dikustomisasi. Dengan demikian, tidak terlalu cocok untuk menggunakan fitur ini.

Kecuali pada beberapa smartphone yang sudah memodifikasi sistem operasi Android sehingga dapat mendukung adanya perintah tekanan pada layar. Maka, pada smartphone penting untuk mengaktifkan 3D Touch Android untuk memaksimalkan kinerja layar smartphone.

Manfaat dan Fungsi 3D Touch Android

Fitur 3D Touch sendiri pada awalnya telah ditambahkan oleh Apple serta trackpad pada generasi yang lebih dari MacBook. Teknologi 3D merupakan fitur canggih pada smartphone yang cara penggunaannya dengan menekan serta menahan ikon aplikasi.

Selanjutnya pada layar akan hadir beberapa menu unggulan yang nampak pada aplikasi tersebut atau dapat anda kenal dengan istilah “akses cepat”. Teknologi 3D Touch sangat bermanfaat ketika long press hanya menunjukkan satu pilihan saja.

Baca Juga : Menonaktifkan Hamparan Layar Android Efektif, Simak Ulasannya!

Namun dengan menggunakan force touch atau pressure screen, pengguna dapat memanfaatkan dalam memberikan zoom pada foto, memunculkan menu baru, melihat preview dari sebuah file, dan kegiatan penting lainnya.

Dalam hal ini, tekanan yang dapat diterima oleh layar juga sangat dibatasi. Sehingga anda tidak perlu menekannya terlalu keras. Karena jika terlalu keras, justru dapat merusak layar smartphone yang anda gunakan.

Dengan banyaknya fungsi dari teknologi 3D pada smartphone yang telah memodifikasi sistem operasi Android, maka perlu untuk menghidupkan 3D Touch untuk menjadi akses cepat pada smartphone yang anda gunakan.

Cara Mengaktifkan 3D Touch Android

Salah satu cara untuk menghidupkan fitur 3D Touch pada Android lawas adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi launcher. Berikut ini mengaktifkan 3D Touch Android yang dapat bermanfaat pada smartphone anda :

  1. Download serta install apk iLauncher X yang terdapat pada Play Store
  2. Pasang dan jalankan langsung aplikasi iLauncher X
  3. Jadikan iLauncher X sebagai peluncur utama, maka secara otomatis fitur 3D Touch akan aktif
  4. Coba tekan serta tahan pada aplikasi yang memperoleh dukungan Sentuhan 3D

Penting untuk anda ketahui, tidak semua aplikasi atau game Android dapat menampilkan menu 3D Touch. Terdapat beberapa aplikasi yang memperoleh dukungan 3D Touch. Antara lain Play Store, YouTube, Opera, Google Chrome, aplikasi edit foto, aplikasi belanja, Gmail, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Menambah Multitouch HP Tidak Terdukung, Intip Antisipasi Lainnya

Selain menggunakan iLauncher X, terdapat cara lain untuk mengaktifkan 3D Touch Android, yaitu dengan menggunakan Yahoo Aviate Launcher for Android.

Ini merupakan salah satu aplikasi launcher yang cukup populer dan aman anda gunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengunduhnya melalui ApkPure.

Cara mengaktifkan 3D Touch Android dengan menggunakan aplikasi Yahoo Aviate Launcher antara lain:

  1. Download dan install aplikasi Yahoo Aviate Launcher
  2. Setelah proses install berhasil, pada Homescreen anda dapat geser ke kanan untuk menemukan menu Launcher Settings
  3. Cari menu Aviate Labs, kemudian enable menu Quick Actions
  4. Pilih opsi On Without Indicator

Apabila langkah di atas sudah selesai, maka anda dapat drag and drop aplikasi favorit anda menuju Homescreen Aviate Launcher. Dalam mengaktifkan 3D Touch Android menggunakan langkah-langkah tersebut, anda tidak perlu adanya akses root pada smartphone anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -