Mengaktifkan Android System Webview Untuk Android Marshmallow 6.0

Mengaktifkan Android System Webview
Ilustrasi Mengaktifkan Android System Webview. Foto: Ist/Net

Mengaktifkan Android System Webview penting untuk anda lakukan. Akan tetapi, sebaiknya sistem ini anda gunakan pada versi Android 6.0 ke bawah.

Sedangkan pada Android 7.0 ke atas, pengguna wajib menginstall Google Chrome sebagai pengganti dari System Webview. Android dengan System Webview memiliki manfaat yang cukup besar pada sebuah smartphone yang menggunakan sistem Android.

Bagi anda pengguna setia Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Aplikasi System Webview terdapat pada daftar aplikasi saat pengguna melakukan adanya pembaharuan melalui Google Play Store.

Baca Juga : Cara Menambah Multitouch HP Tidak Terdukung, Intip Antisipasi Lainnya

Mungkin, pernah terlintas dalam pikiran anda ingin mencopot serta menghapus aplikasi ini. Namun pada kenyataannya, aplikasi Android System Webview memiliki peranan penting bagi Android, terutama pada Android versi di bawah Nougat.

Mengaktifkan Android System Webview

Jika saat ini menggunakan perangkat Android yang berjalan pada sistem Android Nougat atau diatasnya, maka anda tidak akan melihat aplikasi Android System Webview.

Pada Android Nougat, Google sudah memindahkan aplikasi ini ke tempat lain sehingga anda tidak akan bisa melihatnya lagi. Meskipun demikian, aplikasi ini sangat penting sehingga tetap berada pada sistem Android.

Pentingnya Mengaktifkan Android System Webview

System Webview merupakan salah satu bagian dari sistem pendukung Google Chrome. Oleh karena itu, dari berbagai aplikasi dapat secara langsung menuju halaman website tanpa harus membuka browser terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, yakni dengan membuka link dari sebuah software. Selanjutnya akan menampilkan website yang bersangkutan.

Sebagai contoh, jika anda membuka Facebook, kemudian terdapat teman anda yang membagikan berita terbaru pada beranda. Maka anda akan dapat secara langsung membuka situsnya dari Facebook dengan klik serta tidak harus membuka browser.

Dalam hal ini, anda juga tidak perlu terhubung dengan laptop untuk dapat akses situs, terutama dengan membuka software lain.

Dengan demikian, mengaktifkan Android System Webview merupakan hal penting. Apabila tidak, maka anda tidak dapat mengakses berbagai laman pada perangkat Android yang anda gunakan.

Baca Juga : Cara Mengosongkan Penyimpanan HP Android Dengan Mudah

Selain Facebook, terdapat banyak jenis aplikasi Android lainnya yang menggunakan Android System Webview sebagai alat utama.

Dengan adanya system ini, anda dapat melakukan browsing secara lebih fleksibel serta praktis. Selain itu, proses screenshoot pun dapat anda lakukan secara lebih mudah dengan adanya System Webview pada perangkat Android anda.

Maka dapat dipastikan mengaktifkan Android System Webview sangat penting, terutama bagi smartphone dengan versi lama serta memiliki spesifikasi terbatas.

Jika anda tidak mengaktifkan system ini pada perangkat Android anda, maka hal ini dapat menyebabkan kerja smartphone anda menjadi lebih berat. Pasalnya, perangkat tersebut menjalankan beragam jenis program dalam satu kali jalan.

Cara Mengaktifkan Android System Webview

Pada Android versi 5.0 Lollipop ke bawah, aplikasi Webview dapat anda temukan secara terpisah pada Play Store. Sedangkan untuk Android versi 6.0 Marshmallow ke atas, system ini telah berubah menjadi aplikasi bawaan sehingga sangat mudah dalam penggunaannya.

Hal penting yang perlu anda ketahui dalam pengaktifan Android System Webview adalah untuk versi Android 7.0 Nougat ke atas, System Webview dapat anda uninstall. Pasalnya, system ini telah tergantikan dengan adanya Google Chrome.

Selain itu, anda tidak dapat hidupkan Android System Webview yang mana sudah tidak update system terbaru pada Play Store.

Baca Juga : Sinyal HP Android Hilang Mendadak, Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Sedangkan untuk sistem operasi Android Marshmallow 6.0, pengguna wajib hidupkan system Webview karena memiliki fungsi yang sangat penting pada perangkat ini. Dengan aktifnya sistem ini, dapat membuat perangkat bekerja secara lebih maksimal.

Berikut ini cara mengaktifkan Android System Webview antara lain:

  1. Buka smartphone Android
  2. Selanjutnya buka Pengaturan
  3. Cari serta pilih Aplikasi
  4. Dalam menu Aplikasi, temukan “Android System Webview.
  5. Proses berikutnya Tap Aktifkan. Dengan demikian, Android System Webview secara otomatis akan berjalan.

Kelebihan mengaktifkan Android System Webview pada perangkat ponsel lama adalah dapat memperluas kapasitas penyimpanan. Dengan demikian, para pengguna tidak perlu install browser.

Kelebihan lain adalah dapat membuat kinerja smartphone lebih stabil dan maksimal karena terasa lebih ringan. Pengguna juga dapat lebih hemat baterai, karena HP tidak banyak menjalankan aplikasi pada background. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto