Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruMengaktifkan Javascript di HP Mudah, Komponen Berjalan dengan Normal

Mengaktifkan Javascript di HP Mudah, Komponen Berjalan dengan Normal

Mengaktifkan Javascript di hp cukup mudah untuk anda lakukan. Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang sedang mengalami tren.

Saat ini Javascript juga mengalami perkembangan yang cukup pesat dan memiliki peranan penting pada beberapa bagian halaman web.

Pada umumnya, Javascript berfungsi memunculkan konten agar lebih dinamis pada web browser. Seperti pesan pop up, push notification, lazyloading, dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui, setiap aplikasi web browser baik pada Android ataupun desktop secara default telah mengaktifkan adanya Javascript.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus, Javascript sering mati sehingga perlu mengaktifkannya secara manual. Hal ini bertujuan agar semua komponen atau konten halaman web dapat berjalan dengan normal.

Mengaktifkan Javascript di HP, Ini Caranya

Pada saat mengunjungi salah satu situs, seperti situs belanja online atau pada situs merk hp tertentu, maka tidak jarang situs tersebut akan menampilkan desain yang interaktif pada pengunjung.

Sebagai contoh pada saat anda mengarahkan pointer dalam arah produk yang akan hadir, maka gambar tersebut akan berubah guna menunjukkan produk secara lebih rinci.

Baca Juga : Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Selain itu, anda juga pasti mengetahui game dinosaurus yang terdapat pada Google Chrome yang akan muncul pada saat anda tidak tersambung dengan koneksi internet.

Semua unsur menarik dari semua situs tersebut memerlukan Javascript supaya dapat memberikan user experience (UX) yang baik bagi para pengunjung. Maka penting bagi anda untuk mengetahui cara hidupkan Javascript pada perangkat hp.

Berikut ini cara mengaktifkan Javascript di hp yang perlu anda ketahui, antara lain:

Cara Mengaktifkan Javascript pada Chrome

Google Chrome atau lebih familiar dengan sebutan Chrome merupakan aplikasi browser yang paling banyak digunakan dalam menjelajahi internet. Akan tetapi, apakah anda telah menghidupkan Javascript pada Chrome yang terdapat dalam perangkat hp anda?

Baca Juga : Menggunakan HP Sebagai Modem, Gunakan 3 Cara Tepat dan Mudah

Cara mengaktifkan Javascript di hp melalui aplikasi Chrome cukup mudah. Hampir sama ketika anda melakukannya pada perangkat PC yang anda miliki.

  1. Anda hanya perlu membuka aplikasi Chrome.
  2. Selanjutnya klik tiga titik vertikal.
  3. Lalu pilih menu Settings.
  4. Selanjutnya scroll ke bawah hingga anda menemukan menu Site Settings dan klik pada opsi Javascript.
  5. Apabila anda sudah melakukan langkah ini, maka anda hanya tinggal menggeser togglenya hingga berubah warna menjadi biru.

Mengaktifkan Javascript di HP Melalui Mozilla Firefox

Bagi pengguna web browser Mozilla pada Android yang tidak terdapat pengaturan browser untuk enable Javascript, maka dapat mengikuti cara mengaktifkan Javascript pada smartphone melalui Mozilla Firefox berikut.

  1. Pada browser Mozilla, anda dapat mengetikkan about:config pada kolom adress.
  2. Selanjutnya akan muncul beragam kode. Untuk lebih mempermudah, anda dapat tap search, lalu ketikkan Java Script.
  3. Pada bagian Javascript enable false serta tap toggle, maka false akan berubah menjadi true.
  4. Selanjutnya tap lagi serta tap toggle, maka Javascript enable true pun secara otomatis langsung aktif.

Mengaktifkan Javascript di HP Melalui Peramban Bawaan

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka peramban ponsel. Langkah ini sesuai dengan versi Android serta merk HP yang anda miliki. Peramban bawaan bisa jadi bernama internet atau browser.
  • Selanjutnya anda dapat ketuk ikon peramban untuk membukanya. Apabila ikon peramban tidak terdapat pada layar HP anda, maka anda dapat memeriksa pada daftar aplikasi.
  • Langkah berikutnya, anda dapat pilih tombol menu atau ikon menu yang terdapat pada pojok kanan atas peramban.
  • Lalu anda akan menemukan menu Setting yang dapat anda pilih untuk membuka menu pengaturan peramban yang berada pada bagian bawah menu. Dalam menu tersebut terdapat pilihan tingkat lanjut atau advanced untuk peramban.
  • Kemudian anda dapat memberi tanda centang pada opsi Enable Javascript. Setelah tombol berhasil anda centang, maka Jacascript pada peramban secara otomatis akan aktif.
  • Langkah berikutnya, anda dapat menutup menu Settings dan memuat ulang halaman yang telah anda buka untuk mengaktifkan perubahan.

Manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengaktifkan Javascript di hp antara lain website blog yang menggunakan kode Javascript akan lebih sempurna terload pada web browser Android anda. Selain itu, anda juga dapat melihat konten yang menggunakan adanya kode Javascript. (R10/HR-Online)