Mengatasi HP Konslet dengan Cara Tepat, Minimalkan Kerusakan Ponsel

Mengatasi HP Konslet
Ilustrasi Mengatasi HP Konslet. Foto: Ist/Net

Mengatasi HP konslet penting untuk kita ketahui. Seringkali kita menjumpai adanya kasus smartphone yang dalam keadaan mati total. Masalah ini disebabkan adanya hubungan singkat pada HP.

Komponen HP yang sering mengalami konslet adalah pada bagian catu daya atau komponen pembagi tegangan. Jika anda ukur dengan menggunakan multimeter skala ohm pada kaki +, maka pada konektor baterai akan menunjukkan 0 ohm.

Jumlah tersebut menunjukkan adanya hambatan yang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan baterai ponsel akan mengembung atau mengalami pembengkakan ketika anda pasang pada HP yang konslet.

Untuk memperbaiki masalah ini, tentu anda perlu mengetahui penyebab terjadinya konslet pada perangkat HP anda. Selanjutnya anda dapat menanganinya secara tepat.

Mengatasi HP Konslet

Pernahkah anda mengalami keadaan HP yang terasa panas dalam keadaan hidup atau mati? Bukan panas yang biasa, akan tetapi panas yang tidak wajar.

Baca Juga : HP Kena Minyak Goreng, Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan!

Selain itu, baterai ponsel anda pun cepat kembung meskipun telah diganti dengan baterai yang baru. Keadaan ini menandakan bahwa ponsel anda mengalami konslet.

HP yang mengalami konslet tidak bisa anda anggap sepele. Anda harus dengan segera mungkin mengatasi HP konslet tersebut.

Karena jika anda biarkan, dapat menyebabkan banyaknya komponen yang akan mengalami kerusakan. Dalam masalah ini, anda perlu melakukan pengecekan serta perbaikan pada smartphone anda yang mengalami konslet.

Penyebab Terjadinya Handphone Konslet

Banyak hal yang dapat menyebabkan perangkat HP anda mengalami konslet yang antara lain terjatuh atau terkena benda keras atau kemasukan benda lain yang berkonduktor.

Proses charger dengan tegangan yang melampaui batas pada smartphone juga dapat menjadi penyebab HP anda mengalami konslet atau bahkan adanya beberapa komponen HP yang sudah lemah. HP terjatuh ke dalam air atau kemasukan cairan juga dapat menghantarkan arus listrik pada ponsel.

Baca Juga : Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menangani Sesuai Permasalahannya!

Apabila smartphone anda mengalami salah satu dari penyebab di atas, maka anda perlu mengatasi HP yang mengalami konslet tersebut dengan segera sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Cara Mengatasi HP Konslet Secara Tepat

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi ponsel yang mengalami konslet adalah dengan melepaskan casing belakang ponsel beserta semua baut yang ada.
  2. Selanjutnya setelah semua baut terlepas, maka anda dapat membuka body ponsel. Pada proses ini tidak dapat anda lakukan dengan sembarangan. Anda memerlukan adanya alat khusus untuk membuka body.
  3. Kemudian lepaskan semua komponen smartphone secara flexible.
  4. Setelah itu, anda dapat mengambil PCB untuk mengeceknya.
  5. Cara mengatasi HP konslet berikutnya adalah dengan memasangkan konektor PCB pada power supply output standar, yakni 3,7 volt.

Jika ponsel benar-benar mengalami konslet, maka jarum penunjuk ampere akan naik. Selain itu, apabila HP mengalami konslet total, maka power supply akan mengeluarkan suara. Suara tersebut merupakan penanda jika konslet melebihi 1 ampere, maka anda dapat menurunkan output voltasenya.

Baca Juga : Menggunakan HP Sebagai Modem, Gunakan 3 Cara Tepat dan Mudah 

Dengan demikian, jarum ampere juga secara otomatis akan turun. Selanjutnya, jika anda masih menemukan komponen lain yang panas, maka pasti masih terdapat konslet pada komponen tersebut.

Solusinya, anda dapat mengganti komponen yang konslet dengan komponen baru agar kerusakan tidak semakin parah. Terutama pada ponsel yang sepenuhnya mati.

Jika masalah konslet tersebut belum dapat teratasi dengan baik, maka untuk mengatasi ponsel yang konslet adalah dengan membawanya service center agar memperoleh penanganan yang tepat.

Mengatasi HP Konslet pada Bagian SIM

Sedangkan untuk HP yang mengalami konslet pada bagian kartu SIM, maka SIM tidak akan terbaca. Begitu pula pada bagian kartu memori.

Untuk memperbaiki HP konslet pada bagian SIM dengan gejala yang ringan, maka anda perlu beberapa peralatan pendukung.

  1. Langkah pertama, buka casing.
  2. Lalu raba bagian yang terasa panas saat ponsel anda hidupkan, maka bagian yang panas tersebut merupakan letak terjadinya konslet.
  3. Jika anda memiliki komponen pengganti, maka langsung dapat anda ganti.

Untuk mengganti komponen, anda memerlukan peralatan pendukung yang bernama solder uap serta jenis peralatan lainnya. Jika tidak memiliki peralatan pendukung, sebaiknya anda dapat mengatasi HP konslet tersebut dengan membawa ke tukang service HP profesional saja. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro