Mengembalikan OS Android ke Semula Secara Aman dan Efektif

Mengembalikan OS Android ke Semula
Ilustrasi Mengembalikan OS Android ke Semula. Foto: youtube

Mengembalikan OS Android ke semula dapat anda lakukan apabila perangkat anda mengalami beberapa masalah. Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh pembaruan sistem operasi terbaru Android.

Dalam pembaruan tersebut, pengguna OS Android seringkali mengalami masalah pada sistem tersebut. Adanya OS yang rusak atau crash sehingga menyebabkan perangkat yang anda gunakan sering mengalami error sistem.

Atau terdapat beberapa masalah lain yang sering anda alami seperti sistem tidak dapat boot, contact reload error, dan berbagai jenis masalah lain.

Baca Juga : Cara Mengosongkan Penyimpanan HP Android Dengan Mudah

Penyebab dari munculnya berbagai masalah tersebut pada umumnya karena adanya kesalahan pengguna saat menginstall perangkat aplikasi yang mempunyai virus.

Adanya kerusakan pada modif OS yang dilakukan pengguna, seperti melakukan root sehingga OS tidak dapat berjalan dengan baik.

Maka dengan melakukan pengembalian OS Android ke posisi semula dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi beragam masalah tersebut.

Mengembalikan OS Android ke Semula

Sistem operasi Android merupakan salah satu gagasan dari raksasa Internet Google yang saat ini terus mengalami peningkatan. Dalam hal ini, setiap 6 bulan sekali perusahaan melakukan perubahan pada sistem dengan meluncurkan versi baru.

Yang pertama, pembaruan masuk ke dalam perangkat perusahaan tersebut, selanjutnya sistem diambil oleh produsen ponsel cerdas lain.

Baca juga : Mengaktifkan Android System Webview Untuk Android Marshmallow 6.0

Kemudian oleh produsen ponsel tersebut dikerjakan ulang untuk perangkat keras yang mereka miliki. Dengan peningkatan fitur serta fungsi yang mereka miliki.

Akan tetapi, tidak semua perangkat Android yang telah mengalami pembaruan sistem dapat bekerja dengan sempurna dan lancar.

Terkadang perangkat justru mengalami beberapa kendala dan mengharuskannya mengembalikan OS Android ke semula agar kinerjanya dapat kembali lebih lancar.

Cara Mengembalikan OS ke Posisi Semula

Dalam pembaruan OS Android, terdapat beberapa kasus yang menyebabkan kinerja perangkat tidak maksimal. Salah satunya adalah dalam aplikasi yang telah anda install tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, karena aplikasi tersebut belum mendukung untuk anda gunakan pada sistem Android terbaru.

Atau masalah yang sering muncul adalah anda tidak dapat melakukan pemindaian dokumen dengan menggunakan HP karena update ini.

Yang pasti terdapat banyak alasan yang mengharuskan anda mengembalikan OS Android ke semula. Kegiatan ini populer dengan istilah “Downgrade”

Dengan melakukan Downgrade, maka pengguna dapat mengembalikan kondisi sistem HP sama persis seperti kondisi sebelum pengguna melakukan pembaruan sistem.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengembalikan OS Android ke semula untuk semua jenis perangkat Android, antara lain:

Back Up Semua Kontak

Bagi anda yang merasa kesulitan melakukan back up data kontak serta aplikasi, anda dapat menggunakan akun email Gmail. Maka semua data anda akan tersimpan dalam akun email Gmail yang anda miliki.

Baca Juga : Menonaktifkan Hamparan Layar Android Efektif, Simak Ulasannya!

Selanjutnya anda dapat memilih akun dan sinkronisasi. Kemudian pilih pada cadangan serta atur ulang pada bagian bawah. Tandai pada backup data dan restore otomatis, dan back up akun pilih email Gmail.

Reset Perangkat

Berikut ini beberapa langkah aman untuk melakukan reset pada Android, antara lain:

  1. Matikan perangkat Android, lepaskan kartu SIM serta kartu memori card yang terdapat pada perangkat.
  2. Di sini anda dapat menekan tombol Power serta tombol volume up secara bersamaan. Tekan + dan tahan hingga muncul recovery mode.
  3. Selanjutnya setelah masuk pada recovery Mode, pilih wipe all data atau wipe data.
  4. Pilih atau klik Oke. Tunggu beberapa saat. Apabila wipe data telah berhasil, maka perangkat akan restart ulang untuk mengembalikan OS Android ke semula.

Tampilan Perangkat Setelah Downgrade

Tampilan perangkat setelah restart ulang akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Yang mana anda akan diminta masuk pada akun Gmail seperti pada saat anda membeli gadget baru. Masukkan email Gmail sesuai pada back up data sebelumnya.

Pastikan perangkat anda dapat mengakses koneksi internet, tunggu beberapa saat akun Gmail. Selanjutnya perangkat akan melakukan restore semua data yang telah anda back up tadi.

Baca Juga : Mengaktifkan 3D Touch Android Mudah Tanpa Adanya Akses Root

Cara untuk mengembalikan OS di atas terbukti cukup aman untuk anda lakukan. Hal ini karena kontak serta semua data penting anda back up dengan baik melalui akun Gmail.

Kita ketahui hampir sebagian besar pengguna smartphone akan malas melakukan reset pada perangkat yang mereka miliki. Hal ini karena takut kontak serta data akan hilang.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat mengembalikan OS Android ke semula sesuai dengan cara yang telah kita bahas di atas sehingga perangkat anda dapat bekerja dengan maksimal lagi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto