Mengenal Jenis-jenis Hormon dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Mengenal jenis-jenis hormon dan fungsinya pada tubuh manusia. Foto: Ilustrasi/Net.
Mengenal jenis-jenis hormon dan fungsinya pada tubuh manusia. Foto: Ilustrasi/Net.

Mengenal jenis-jenis hormon dan fungsinya pada tubuh manusia yang perlu Anda ketahui untuk menjaga tubuh tetap sehat. Ada berapa macam hormon dalam tubuh manusia yang sudah Anda ketahui?

Manusia memiliki beberapa jenis hormon yang memegang fungsi penting dalam tubuh masing-masing. Semua hormon dalam tubuh manusia haruslah seimbang agar tidak menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis hormon yang terdapat pada tubuh, beserta fungsinya.

Mengenal Jenis-jenis Hormon dan Fungsinya

Melatonin

Baca Juga : Fungsi Hormon Adrenalin, Apa Efeknya Jika Kelebihan atau Kekurangan?

Nama hormon yang satu ini mungkin sudah cukup sering Anda dengar. Hormon melatonin merupakan jenis hormon yang diproduksi pada bagian kelenjar pineal.

Fungsi dari hormon ini adalah sebagai antioksidan dalam tubuh dan mampu mengontrol tidur. Seseorang yang memiliki kelebihan hormon melatonin akan mengalami gangguan seperti lesu, gangguan pada mata dan hati. Kemudian, merasa kelelahan, kebingungan, mengantuk, hingga gangguan berbicara.

Sedangkan, bagi orang yang kekurangan hormon melatonin akan membuat seseorang menjadi susah tidur, gelisah, kelelahan, kolesterol tinggi, katarak, hingga depresi.

Tiroid

Mengenal jenis-jenis hormon dan fungsinya, salah satunya hormon tiroid. Sama seperti namanya, hormon ini diproduksi oleh kelenjar tiroid. Hormon tiroid berfungsi untuk meningkatkan metabolisme basal, serta mempengaruhi sintesis protein.

Seseorang yang menderita kelebihan hormone tiroid akan mengalami kejadian seperti sakit kepala, diare, denyut jantung tidak beraturan, demam, sakit dada, hingga sulit tidur.

Sedangkan, jika seseorang kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan tubuh menjadi lelah, lesu, nyeri sendi, tekanan darah tinggi, sembelit. Kemudian, detak jantung menjadi lambat, hingga gangguan konsentrasi.

Baca juga : Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami, Begini Caranya

Bukan hanya itu saja, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kekurangan hormon tiroid bisa membuat seseorang menjadi depresi dan mengalami gangguan kejiwaan.

Adrenalin

Mengenal jenis-jenis hormon yang selanjutnya adalah hormon adrenalin. Produksi hormon adrenalin ini berada pada bagian medula adrenal, dan memegang fungsi yang cukup banyak dalam tubuh.

Fungsi dari hormon adrenalin antara lain adalah untuk meningkatkan jumlah pasokan oksigen dan glukosa ke otot dan juga otak, menekan sistem kekebalan tubuh. Juga untuk meningkatkan katalisis dari glikogen yang ada dalam hati, serta kerusakan lipid dalam sel lemak.

Seseorang yang menderita kekurangan hormon adrenalin bisa mengalami beberapa dampak seperti peningkatan pigmentasi kulit, kepala terasa pusing, kelelahan. Kemudian, terjadi penurunan berat badan, depresi, hingga merasakan nyeri otot dan sakit pinggang yang cukup parah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit PCOS dengan Pola Hidup Sehat

Serotonin

Mengenal jenis-jenis hormon pada tubuh manusia, salah satunya hormon serotonin. Hormon ini termasuk dalam jenis-jenis hormone yang memegang peran penting dalam tubuh manusia.

Produksi hormon serotonin ini berada pada saluran pencernaan yang memegang fungsi sebagai pengontrol mood, tidur, serta nafsu makan.

Bagi seseorang yang memiliki kelebihan hormon serotonin bisa mengalami kejadian seperti gelisah, bingung, pupil menjadi lebih lebar, hilangnya koordinasi otot. Kemudian, sakit kepala, diare, mual, kejang, tubuh demam tinggi, peningkatan denyut jantung, hingga hilang kesadaran.

Sedangkan, untuk seseorang yang tubuhnya kekurangan hormon serotonin akan mengalami berbagai macam gejala seperti tertekan, cemas, fobia, gelisah. Kemudian, insomnia atau susah tidur, sakit punggung, sakit kepala, hingga merasa pesimis.

Banyaknya kendali yang dipegang oleh hormon serotonin. Untuk itu, sebisa mungkin jagalah hormon serotonin dalam tubuh Anda agar tidak kurang atau lebih.

Dengan demikian, maka penting bagi Anda untuk mengenal jenis-jenis hormon berikut fungsinya pada tubuh manusia. Sehingga, Anda dapat menjaga tubuh tetap sehat dengan mempertahankan kecukupan hormon dalam tubuh. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah