Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruMengenal Manfaat Teh Hojicha dari Jepang, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Teh Hojicha dari Jepang, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum meminumnya, lebih baik mengenal terlebih dulu manfaat dari Teh Hojicha. Teh asal Jepang ini tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, melainkan juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Seperti kita ketahui, bahwa teh merupakan salah satu minuman yang diproduksi dan dikonsumsi dari zaman nenek moyang dulu.

Minuman yang umumnya berwarna hijau ini tersedia dalam beragam jenis. Selain rasanya yang lezat dan baunya yang harum, teh juga ternyata menyimpan segudang manfaat.

Mengenal Manfaat Teh Hojicha

Penduduk Jepang sejak zaman dulu sudah seringkali meminum teh. Bahkan, minuman ini banyak yang bilang sebagai elixir atau “minuman mujarab”.

Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, teh juga menjadi favorit oleh warga Negeri Sakura ini. bahkan, sudah melebur dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sebelum teh Hojicha ini muncul, terlebih dulu datang teh Matcha yang begitu populer sampai saat ini.

Bahkan, oleh para peracik kuliner Indonesia, mereka sering mengolah Matcha ini menjadi minuman atau makanan yang bikin ngiler serta bergizi.

Sebelum membahas dan mengenal manfaat Teh Hojicha, terlebih dulu mengetahui dari teh asal Jepang ini. Tidak berbeda jauh dengan Matcha, untuk Hojicha juga termasuk bagian dari tanaman teh hijau.

Akan tetapi, grade dari Hojicha ini merupakan paling rendah, hasil ketika proses panen berakhir. Sedangkan Matcha bersama gyokuro termasuk dalam grade tertinggi.

Baca Juga : Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan, Kaya Probiotik dan Antioksidan

Sementara guna mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas rasa dari teh  Hojicha ini, maka prosesnya terlebih dulu disangrai dalam pot keramik.

Kemudian, dari hasil sangrai itulah menjadi Hojicha yang sudah siap Anda konsumsi, serta siap menjadi bahan dasar minuman serta makanan.

Mengenal Manfaat Teh Hojicha, untuk Menyehatkan Jantung

Khasiat dari mengkonsumsi teh hijau asal Jepang ini juga dapat memberi efek sehat pada jantung Anda.

Pasalnya, dalam teh tersebut terdapat kandungan katekin yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi maupun rendah. Dan, juga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, manfaat minuman berwarna hijau dari Jepang ini apabila mengkonsumsinya secara rutin, maka juga dapat menurunkan hingga menyembuhkan resiko penyakit kardiovaskuler.

Menghilangkan Rasa Sakit Radang Sendi

Untuk mengenal manfaat Teh Hojicha bisa Anda coba setelah meminumnya. Jadi, selain mampu menyehatkan jantung, teh asal Negeri Sakura ini juga mampu menghilangkan rasa nyeri pada persendian tulang.

Sebab, dalam teh Hojicha ini terdapat kandungan polifenol yang mampu meredakan rasa nyeri pada persendian.

Baca Juga : Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Selain mampu meredakan rasa nyeri, ternyata juga mampu mencegah munculnya cedera serius pada persendian. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita penyakit sendi cocok mengkonsumsi teh ini.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh dan Pencernaan

Masih seputarmengenal manfaat Teh Hojicha, perlu Anda ketahui bahwa kandungan katekin yang terdapat dalam minuman hijau ini banyak yang membuktikan mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pada akhirnya ini mampu menurunkan berat badan.

Teh tersebut dapat bekerja dengan cara membakar lemak dan kalori berlebih dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi ini sangat baik untuk pencernaan.

Mencegah Demam dan Menguatkan Kekebalan Tubuh

Secara garis besar kandungan polifenol dan vitamin A, C, dan D ini mampu meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan tersebut mampu bermanfaat guna melawan berbagai macam bakteri, dan menyembuhkan demam tinggi.

Selain itu, buktinya teh Hojicha ini mampu menurunkan resiko kanker, dan mencegah pertumbuhan sel kanker dari kandungan karsinogen.

Rendah Kafein

Apabila Anda belum pernah meminumnya sehingga memang sulit untuk membuktikan khasiatnya, maka bisa mengenal manfaat Teh Hojicha terlebih dulu.

Teh ini dikatakan sebagai minuman yang memiliki kadar rendah kafein. Sebab, proses pemanggangan daun teh ini, membuat rasa yang dimilikinya lebih lembut dan warna yang kecoklatan.

Baca Juga : Usaha Minuman Teh Khas Indonesia, Bisnis Sambil Mengharumkan Bangsa

Selain itu, rasa pahit dan sepat dari teh Hojicha ini, tak sesepat teh lainnya. Sehingga, membuat minuman ini cocok saat meminumnya pada malam hari, dan menikmatinya bagi mereka yang sensitif terhadap kafein.

Menyehatkan Kulit Tubuh

Manfaat selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah mampu menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C pada teh Hojicha ini, dapat mengangkat kerusakan, mencerahkan kulit, baik akibat dari bekas jerawat. Selain itu, mampu mengatasi flek dan kerutan pada wajah.

Itulah beberapa deretan pengetahuan dari mengenal manfaat teh Hojicha. Selain rasanya yang lezat kandungan yang ada dalam teh tersebut juga menyehatkan untuk tubuh, sehingga sangat aman untuk Anda konsumsi. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img