Menggunakan HP Sebagai Modem, Gunakan 3 Cara Tepat dan Mudah

Menggunakan Hp Sebagai Modem, Gunakan 3 Cara Tepat dan Mudah
Ilustrasi menggunakan hp sebagai modem. Foto Ist/Net

Menggunakan hp sebagai modem dapat membantu jika wifi di rumah sedang bermasalah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Jika modem atau wifi di rumah bermasalah, tentu tidak dapat anda gunakan untuk browsing. Namun, sebenarnya hal ini bukan tanpa solusi.

Solusi yang tepat yaitu menggunakan ponsel Android. Apalagi saat ini ponsel Android sudah banyak dibekali dengan jaringan internet yang cukup bagus.

Ponsel Android pun kini sebagian besar juga sudah memiliki fitur tethering yang dapat anda jadikan perangkat modem. Sehingga laptop atau komputer bisa berjalan kembali.

Dengan adanya ponsel yang anda miliki, masalah modem di rumah yang rusak bisa teratasi. Cara menggunakan hp sebagai modem pun beragam, misalnya melalui kabel USB, wifi hotspot, dan jaringan bluetooth.

Baca Juga : Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya

Apalagi dengan menggunakan hp, anda bisa lebih mudah daripada membawa perangkat lainnya. Dengan modem dari hp ini, anda bisa berinternet kapan dan dimana saja.

Apalagi membuat smartphone anda menjadi sebuah modem bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone untuk berselancar internet tanpa kendala.

Menggunakan HP Sebagai Modem, Ini Caranya

Modem wifi portabel menjadi salah satu yang bisa membantu anda browsing di internet menggunakan komputer atau PC dengan mudah.

Apalagi bentuknya yang kecil dengan segudang manfaat, mampu memenuhi setiap kebutuhan. Namun, sayangnya wifi portabel juga tidak bisa terhindar dari yang namanya masalah.

Saat kondisi ini terjadi, tentu membuat anda merasa kesal. Apalagi bagi anda yang setiap hari beraktivitas menggunakan komputer dan PC.

Agar masalah bisa teratasi, ternyata ada solusi terbaik, yaitu menggunakan ponsel Android. Anda bisa menggunakan hp sebagai modem.

Baca Juga : Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Setiap ponsel Android kini sudah memiliki fitur menarik dan lengkap. Salah satunya yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan modem ponsel.

Sehingga memungkinkan penggunanya bisa berselancar dengan mudah. Ada beberapa metode yang bisa anda manfaatkan agar jaringan internet tetap bisa digunakan. 

Metode Kabel Data

Cara menggunakan hp sebagai modem yang pertama yaitu metode USB atau menggunakan kabel data. Ada langkah mudah yang bisa anda lakukan.

  1. Langkah awal yang bisa anda lakukan yaitu koneksikan hp dengan menggunakan USB ke PC atau laptop. Selanjutnya tunggu hingga perangkat benar-benar tersambung.
  2. Masuk menu Setting Wireless dan Network.
  3. Pilih opsi Tethering and Mobile Hotspot dan nyalakan fitur USB. Tunggu hingga notifikasi muncul pada PC atau laptop.

Jika langkah yang anda lakukan berhasil, maka secara otomatis anda bisa langsung internetan. Dengan cara ini, sambungan internet yang bisa terhubung hanya satu perangkat saja.

Baca Juga : Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya 

Bluetooth

Cara menggunakan hp sebagai modem selanjutnya yaitu dengan metode bluetooth. Dengan cara ini, anda wajib download driver bluetooth pada PC atau laptop terlebih dulu.

Baca Juga : Menggunakan HP Saat Petir Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Hal ini perlu anda lakukan agar hp bisa koneksi dengan perangkat lain. Jika anda tidak download terlebih dulu, tentunya tidak bisa terhubung ke jaringan.

  1. Langkah yang bisa anda lakukan yaitu nyalakan fitur bluetooth ponsel.
  2. Buka menu Setting Wireless and Network, More Tethering, lalu pilih Bluetooth Tethering.
  3. Jangan lupa untuk menyalakan fitur bluetooth pada PC atu laptop.
  4. Pada PC/laptop, buka menu Control Panel, Devices Printer, lalu Add a Device.
  5. Jika sudah terlihat jaringan dari hp, lanjut tekan tombol Next. Selanjutnya muncul passkey pada layar komputer dan ponsel.
  6. Tekan Yes pada komputer dan pair di hp untuk pairing bluetooth.
  7. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu buka kembali menu Control Panel, Devices and Printers, Devices, klik kanan perangkat tersebut. Kemudian klik Connect Using, Access Point. Menggunakan hp sebagai modem pun bisa anda lakukan.

WiFi Hotspot

  1. Cara terakhir ini bisa dengan membuka menu Setting, Wireless & Network, Mobile Network, pilih opsi Access Point Names (APN).
  2. Selanjutnya Setting, APN, mode jaringan (4G), kembali ke menu awal, dan pilih data enabled.
  3. Kembali ke menu sebelumnya nyalakan mobile hotspot.
  4. Masuk menu Configure Mobile Hotspot, isi password dan nama hotspot. Sedangkan untuk Security, pilih WPA 2PSK. Kemudian tap Save, hidupkan paket data dan wifi hotspot.

Itulah beberapa cara mudah menggunakan hp sebagai modem saat wifi portable bermasalah. Anda bisa memanfaatkannya dengan berbagai cara yang tepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto