Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Dengan Bahan Alami

17. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Dengan Bahan Alami
Ilustrasi Menghilangkan Bekas Luka di Wajah. Foto: Ist/Net

Menghilangkan bekas luka di wajah menjadi sangat penting untuk banyak orang ketahui. Karena jika ada bekas luka pada wajah, tentu akan mengganggu penampilan.

Untuk menghilangkannya, anda tidak perlu panik karena bisa menggunakan bahan alami maupun dokter. Bekas luka menjadi suatu hal yang alamiah sebagai proses untuk penyembuhan luka.

Lapisan kedua kulit yang disebut dengan dermis rusak, maka jaringan kolagen akan melakukan regenerasi untuk menambal kerusakan tersebut. Sehingga akan membentuk bekas luka yang terkadang hal ini mengganggu sebagian orang.

Tips Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Bekas luka yang terdapat di wajah biasanya karena jerawat dan cacar air, namun apapun penyebabnya bekas luka ini bisa anda atasi dengan menggunakan cara alami berikut ini.

Namun pada dasarnya, setiap jenis kulit memiliki cara berbeda untuk menyembuhkannya. Meski demikian, tidak ada salahnya menggunakan cara alami ini.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Madu

Madu yang kaya kandungan terpercaya jika untuk masker, maka bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan bekas luka di wajah dengan menyamarkannya. Terutama karena antibakteri yang madu miliki bisa dengan cepat membantu menghilangkan bekas luka.

Salah satu jenis madu yang memiliki khasiat terbaik untuk menghilangkan bekas luka adalah madu Manuka yang berasal dari Selandia Baru. Tips menghilangkan bekas luka di wajah akan menjadi solusi ketika sering jerawatan dan meninggalkan bekas.

Tea Tree Oil

Selanjutnya bisa menggunakan Tea Tree Oil yang termasuk sebagai minyak esensial. Minyak ini bisa untuk menyembuhkan bekas jerawat karena mengandung benzoil peroksida, sehingga mengurangi peradangan dan memudarkan bekas jerawat.

Bila ingin menggunakan minyak ini, harus diperhatikan dengan baik karena setiap jenis kulit memiliki reaksi yang berbeda sehingga perlu hati-hati. Terutama jika muncul reaksi seperti bintik merah, gatal, dan panas.

Baca Juga : Masker Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah dan Cara Membuatnya

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang sering menjadi obat alternatif untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk mengatasi bekas luka wajah, kandungan ligmin, dan asam amino yang bisa menumbuhkan kulit baru dengan cepat. Hal ini menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah.

Caranya mudah saja, cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka. Diamkan dan tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air dingin. Jika ingin bekas cepat memudar, maka lakukan selama dua kali sehari sehingga bisa lebih maksimal.

Minyak Kelapa

Untuk menggunakan minyak kelapa, bisa menghangatkan terlebih dahulu. Lalu oleskan pada bekas luka dengan pijat secara perlahan. Cara ini menjadi solusi untuk bekas jerawat dan cacar air pada wajah.

Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur untuk hasil lebih optimal. Kandungan analgesik dan antiperadangan yang mampu menghilangkan bekas luka tersebut dengan cepat.

Masker Oatmeal

Oatmeal bukan hanya lezat untuk menjadi santapan, namun bisa memberikan manfaat lain untuk kecantikan. Hal ini karena adanya antioksidan yang memberikan manfaat untuk mempercantik wajah dan memudarkan bekas luka. Masker oatmel menjadi bagian dari cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan menggunakan bahan alami.

Caranya mudah saja, campurkan oatmeal dan air serta tetesan lemon. Selanjutnya aduk menjadi masker dan aplikasikan pada wajah selama 20-30 menit sampai mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat untuk hasil maksimal.

Baca Juga : Produk Masker Wajah Terbaik untuk Perawatan Kulit Kusam

Jeruk Nipis

Lalu bisa menggunakan jeruk nipis yang sudah dibelah menjadi dua dan oleskan pada wajah sampai merata. Tunggu sampai kering dan bilas menggunakan air hangat. Pastinya masalah bekas luka yang mengganggu tak akan anda temukan lagi.

Putih Telur

Putih telur yang biasanya untuk bahan masker juga memberikan manfaat lain untuk memudarkan bekas luka. Namun putih telur dari ayam kampung lebih ampuh dalam memudarkan bekas luka. Namun jika kesulitan untuk menemukan telur ayam kampung, maka bisa menggunakan telur biasanya.

Mudah saja menggunakan putih telur ini yang bercampur dengan air lemon. Aduk kedua bahan ini sampai rata dan oleskan pada wajah tunggu hingga kering. Baru bilas sampai bersih.

Ulangi kembali untuk hasil yang lebih optimal. Kiat menghilangkan bekas luka di wajah menjadi solusi untuk bekas luka, terutama jerawat dan cacar air. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah