Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruMenonaktifkan Hamparan Layar Android Efektif, Simak Ulasannya!

Menonaktifkan Hamparan Layar Android Efektif, Simak Ulasannya!

Menonaktifkan hamparan layar Android mudah untuk anda lakukan. Bagi anda para pengguna smartphone Android, sering kali mengalami beberapa kendala pada perangkat tersebut.

Hamparan layar mempunyai fungsi supaya aplikasi bisa tampil pada aplikasi lain. Terkadang pada saat hamparan layar mengalami masalah dengan aplikasi lain, maka anda akan melihat pesan galat atau error.

Adanya pesan galat ini dapat menyebabkan adanya kesulitan pada aplikasi tertentu untuk bekerja dengan normal. Dengan demikian, anda dapat menonaktifkan izin hamparan layar yang berasal dari menu pengaturan aplikasi. Baik itu pada smartphone Android stock, ponsel LG, hingga ponsel Samsung.

Menonaktifkan Hamparan Layar Android

Adanya kegagalan dalam membuka aplikasi tertentu pada smartphone Android dengan munculnya layar pemberitahuan. Layar pemberitahuan tersebut berbunyi “Screen Overlay Detected” atau yang berarti “hamparan layar terdeteksi”.

Dalam hal ini, banyak kasus yang terjadi dengan keluarnya peringatan hamparan layar terdeteksi yang dialami para pengguna smartphone Android dengan versi Marshmallow.

Baca Juga : Mengaktifkan Android System Webview Untuk Android Marshmallow 6.0

Pada saat proses pengunduhan serta penginstalan aplikasi berhasil yang kemudian menjalankan aplikasi tersebut, tiba-tiba muncul peringatan tersebut.

Hal ini berarti aplikasi yang akan anda jalankan tidak memperoleh izin dari sistem. Pasalnya terdapat aplikasi lain yang sedang proses running sehingga menutup akses izin aplikasi lainnya. Saat mengalami masalah ini, maka penting bagi anda untuk menonaktifkan hamparan layar Android yang terjadi tersebut.

Penyebab Peringatan Screen Overlay Detected

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya screen overlay detected sehingga mengharuskan anda menonaktifkan hamparan layar Android, antara lain:

Update Sistem

Adanya beberapa bug yang terdapat pada Android versi Marshmallow dapat menyebabkan terjadinya screen overlay detected. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan pengecekan serta update yang anda miliki pada versi yang disarankan.

Anda dapat menuju pada pengaturan ponsel, yang kemudian masuk dalam opsi update perangkat lunak. Kemudian lakukan pembaharuan sistem supaya error screen overlay detected tidak kembali muncul.

Masalah Izin Aplikasi

Pada saat anda menginstall suatu aplikasi, maka akan terdapat permintaan izin oleh aplikasi ketika anda akan menggunakan salah satu fitur yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga : Cara Menambah Multitouch HP Tidak Terdukung, Intip Antisipasi Lainnya

Cara mengecek apakah izin aplikasi telah diberikan atau belum, maka anda dapat masuk pada menu Pengaturan. Lalu masuk dalam menu Aplikasi dan pilih opsi Izin Aplikasi.

Dalam opsi tersebut, maka anda dapat mengaktifkan semua pilihan yang belum aktif. Kemudian buka kembali aplikasi sebelumnya yang tidak dapat dibuka.

Cara Menonaktifkan Hamparan Layar Android

Salah satu solusi untuk mengatasi hadirnya overlay layar cukup sederhana. Akan tetapi, karena posisinya yang cukup tersembunyi pada menu Pengaturan, maka sebagian besar orang tidak mengetahuinya.

Berikut ini beberapa langkah untuk menonaktifkan hamparan layar Android, antara lain:

  1. Buka menu Pengaturan yang terdapat pada perangkat Android anda
  2. Klik pada opsi Aplikasi
  3. Pada bagian atas, anda harus mendapatkan kacang, lalu tekan pada bagian atasnya.
  4. Pada menu berikutnya akan muncul opsi “tulis tentang aplikasi lain”
  5. Maka akan tampil daftar aplikasi yang meminta izin untuk overlay layar.
  6. Langkah berikutnya identifikasi aplikasi yang menyebabkan anda tidak nyaman serta hapus izinnya.

Selama proses ini berlangsung, kemungkinan aplikasi yang anda cari tidak terdapat dalam daftar. Untuk mengatasinya, anda dapat terlebih dahulu untuk menonaktifkan semuanya. Selanjutnya buka aplikasi yang anda coba buka di awal yang kemudian coba buka lagi.

Cara kedua adalah dengan force stop aplikasi yang kemungkinan menggunakan hamparan layar. Caranya anda tinggal paksa berhenti aplikasi yang mungkin menggunakan hamparan layar. Untuk mengenalinya cukup mudah, lihat pada homescreen. Jika ada yang melayang, maka dapat anda pastikan bahwa aplikasi tersebut menggunakan hamparan layar.

Baca Juga : Layar Android Berubah Warna Hijau, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi

Untuk memaksa berhenti aplikasi tersebut, caranya masuk dalam menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Manager > pilih aplikasi yang dicurigai > kemudian klik Force Stop.

Selanjutnya buka lagi aplikasi yang menghadirkan peringatan hamparan layar pada saat memperoleh izin. Apabila aplikasi yang sudah melalui proses force stop secara tepat, maka aplikasi tersebut tidak dapat anda buka.

Dengan beberapa langkah tersebut, anda dapat menonaktifkan hamparan layar Android. Pada akhirnya, masalah pun akan teratasi serta anda tidak akan lagi mempunyai pesan yang hadir dan mengganggu aktivitas ponsel anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru