Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruModel Pintu Minimalis dari Kayu yang Unik dan Berkualitas

Model Pintu Minimalis dari Kayu yang Unik dan Berkualitas

Model pintu minimalis dari kayu memang terlihat apik. Sebab terlihat dari bentuknya saja simpel tetapi elegan. Memilih pintu memang tidak bisa sembarangan, mengingat pintu adalah jalan masuknya seseorang menuju ke suatu ruangan.

Akan lebih baik jika menggunakan pintu yang memiliki model cantik dan cocok. Memilih desain pintu memang harus berdasarkan dengan konsep rumah. Hal ini agar terlihat seimbang atau sepadan dengan konsep.

Pintu berbahan kayu juga terbilang lebih awet. Asalkan menggunakan bahan material berkualitas tinggi. Misalnya dengan menggunakan kayu jati tua dan sebagainya.

Model Pintu Minimalis dari Kayu

Pintu memang merupakan properti rumah yang sangat penting. Sebab keluar masuknya seseorang di rumah selalu melewati pintu. Walaupun memiliki rumah minimalis, usahakan dengan menggunakan pintu yang unik.

Berikut adalah model pintu kayu yang sangat unik:

Pintu Klasik atau Tradisional

Model pintu minimalis kayu yang pertama adalah dengan memperhatikan gaya klasik. Walaupun untuk membuat pintu minimalis, tapi perhatikan gaya yang ada. Jangan sembarang menggunakan pintu hanya karena pilih cepat saja.

Baca Juga: Tipe Pintu Rumah Minimalis yang Cocok untuk Hunian

Pintu kayu ini merupakan model yang sangat populer. Bentuk dari pintu ini tersusun atas panel persegi yang juga dengan kombinasi variatif. Bahkan ada juga yang mengkombinasikan pintu dengan kaca.

Untuk membuat model seperti ini, kebanyakan orang menggunakan kayu jati belanda dan kayu pinus. Sebab kedua kayu ini terkenal dengan kualitasnya yang sangat bagus. Bahkan bisa tahan lebih lama daripada jenis kayu lainnya.

Pintu Kayu Ukir

Model pintu minimalis dari kayu berikutnya adalah dengan kombinasi ukiran. Tidak ada salahnya rumah minimalis menggunakan model pintu yang seperti ini. Sebab semakin berkembangnya tren perumahan memasukkan berbagai konsep tidak ada yang membuat hunian semakin aneh.

Menggunakan pintu dengan model ukiran ini akan memberikan kesan yang natural. Membuat tampilan rumah semakin maksimal dengan adanya pintu ukir ini. Bisa menambahkan berbagai peralatan yang mendukung pintu ini.

Hanya saja, untuk membuat satu pintu ukir ini, perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Tetapi harga ini tidak akan membohongi kualitas dan juga hasilnya. Buatlah bentuk ukiran yang sederhana agar tidak terlalu ramai dan low budget.

Pintu Modern Minimalis

Mungkin setelah perkembangan zaman akan banyak orang yang beralih ke gaya modern. Menggunakan pintu minimalis dari kayu untuk gaya yang modern juga bagus. Biasanya pintu ini memiliki banyak elemen garis.

Baca Juga: Pintu Geser Minimalis dengan Beragam Model, Apa Saja?

Terkait dengan material bahannya, pintu ini biasanya menggunakan papan dari kayu. Memang kualitasnya kurang mendukung jika tidak melihat langsung pembuatannya atau custom. Sebab perabotan minimalis kebanyakan hanya menggunakan alumunium saja.

Menggunakan pintu yang model seperti ini sangat cocok dengan perabotan rumah yang modern. Dengan adanya pintu ini, akan memberikan tampilan rumah yang lebih elegan dan mewah. Pintu ini merupakan pilihan yang tepat agar rumah terlihat minimalis tapi modern.

Pintu Ala Rustic

Model pintu minimalis dari kayu berikutnya bisa dengan meniru desain ala perkembangan awal arsitektur. Ciri dari pintu ini adalah dengan banyaknya elemen kayu yang menonjol. Akan terlihat minimalis jika memadukannya dengan sangat selaras pada konsep rumah.

Memilih warna pintu yang selaras adalah kunci utama agar pintu ini terlihat minimalis. Akan lebih cocok lagi jika menggunakan perabot industrial atau old fashioned interior. Kebanyakan dari orang suka menggunakan model lama karena terkesan unik.

Memang pengerjaan pintu model ini lebih sulit daripada pintu yang lainnya. Tapi jika memesannya lebih awal, pasti akan tepat waktu dalam penggunaan pintu untuk rumah baru. Pintu akan terlihat menonjol dan menarik perhatian orang banyak.

Pintu Putar

Model pintu minimalis dari kayu yang juga cocok adalah dengan model putar. Pintu ini akan terlihat lebih unik karena cara membukanya yang harus diputar terlebih dahulu. Bentuknya memang sekilas mirip pintu engsel, hanya saja memiliki bukaan yang lebih lebar.

Baca Juga: Model Teralis Pintu Paling Unggul untuk Tingkatkan Keamanan Rumah

Biasanya pintu ini memiliki ciri khas yang simpel dengan beberapa elemen garis saja. Hal ini agar tidak terlalu ribet. Mengingat cara membukanya, menyajikan konsep yang sederhana adalah nilai plus pada pintu ini.

Menggunakan pintu ini memang memakan banyak ruang. Untuk rumah yang hanya memiliki ukuran terbatas, lebih baik tidak menggunakan model pintu yang satu ini.

Itulah beberapa model pintu minimalis dari kayu yang berkualitas dan unik. Berikan sentuhan menarik untuk munculkan suasana rumah minimalis yang tampak elegan. (R10/HR-Online)