Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruModifikasi Vario 150, Tampilan Makin Gagah dengan Performa Tangguh

Modifikasi Vario 150, Tampilan Makin Gagah dengan Performa Tangguh

Jenis-jenis modifikasi Vario 150 memang banyak dicari oleh para penggemar otomotif. Hal tersebut dapat terjadi karena motor matic yang satu ini memang tengah naik daun dan banyak digunakan.

Vario 150 pertama kali meluncur ke pasaran Indonesia pada tahun 2006. Hadir membawa bentuk dan kapasitas yang baru dalam perbelantikan di motor, Vario 150 laris manis utamanya untuk penggunaan harian.

Deretan Modifikasi Vario 150

Dengan banyaknya motor ini di jalanan, tentu hadir rasa ingin mengubah motor kesayangan anda ini bukan? Berikut beberapa ulasan ide modifikasi motor ini khusus untuk anda.

Modifikasi Simple

Modifikasi Vario 150, Tampilan Makin Gagah dengan Performa Tangguh

Bosan dengan tampilan Vario 150? Akan tetapi, anda tidak memiliki ide modifikasi atau malah minim budget?

Maka jenis modifikasi yang satu ini merupakan ide terbaik untuk anda. Perlu kita ketahui bahwasanya tidak selamanya modifikasi selalu mengubah motor menjadi 100 persen berbeda dari bentuk aslinya.

Baca juga: Honda Vario 150 Sporty 2020 dengan Skema Warna Khas Anak Muda

Jenis modifikasi Vario 150 yang satu ini biasanya hanya melakukan ubahan sederhana pada bagian ban dan juga bagian warna bodynya. Kunci dari modifikasi yang satu ini adalah pemilihan warna yang berbeda.

Biasanya para modifer akan menggunakan warna-warna cerah untuk menghasilkan kesan yang mendalam bagi orang yang melihat. Sedangkan perubahan ban pada jenis modifikasi yang satu ini biasanya berfokus pada ukuran ban saja.

Modifikasi Babylook

Meluncur sebagai motor matic serba bisa, tentu Vario 150 tidak hanya populer di kalangan penggemar otomotif pria saja. Akan tetapi, banyak lady bikers yang juga nyaman menggunakan motor yang satu ini.

Sedangkan untuk para penggemar motor wanita, jenis modifikasi Vario 150 Babylook adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya, jenis modifikasi Babylook ini akan membuat motor menjadi berkarakter nakal dan menggoda.

Bentuk ubahan yang wajib bagi Babylook sudah pasti soal warna bodynya yang mengedepankan warna-warna girly. Mulai dari pink, ungu, atau warna-warna pastel lainnya dapat kita padu-padankan dengan sentuhan metalic ala modifikasi pada umumnya.

Tidak hanya sampai di situ saja, penggubah motor berjenis Babylook biasa juga kerap melakukan penggantian pada bagian tertentu dari motor. Tentunya penggantian tersebut masih tidak jauh dari pemilihan bentuk-bentuk tambahan fitur yang memiliki kesan feminim.

Menariknya, banyak modifer pria juga gemar memilih jenis Babylook bagi motor Vario 150 mereka. Pasalnya, bentuk body Vario 150 memang sangat cocok untuk modifikasi yang satu ini.

Modifikasi Thailook

Memiliki hasrat untuk modifikasi yang tinggi, tetapi tetap ingin merasa kompetitif? Maka modifikasi Vario 150 jenis Thailook adalah pilihan yang paling utama.

Baca juga: Perbedaan Vario 125 dan 150, Salah Satunya dalam Hal Performa

Dalam dunia permodifikasian motor, sudah bukan rahasia lagi bahwa jenis Thailook adalah jenis modifikasi yang kerap menjadi kategori lomba. Hal tersebut yang membuat jenis modifikasi yang satu ini sangat digandrungi oleh pecinta motor modifikasi.

Berbeda dengan dua jenis modifikasi sebelumnya, mempraktekkan Thailook tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal. Pasalnya, tidak hanya penggantian pada segi warna dan beberapa fitur saja, modifikasi Vario 150 juga akan digubah banyak sekali bagian hingga bentuk body.

Biasanya rangka samping belakang dan tengah dari Vario 150 bakal kita bongkar untuk memberikan kesan ramping. Selain rangka, bagian yang dapat kita bongkar lainnya yakni pada bagian bamper.

Menggubah motor berjenis Thailook akan membuat roda belakang terkesan tidak terlindungi. Meski begitu, justru motor menjadi lebih terkesan rampung dan juga ringan untuk dilihat.

Salah satu yang juga menjadi ciri khas modifikasi Vario 150 Thailook adalah pembongkaran bagian lampu depan motornya. Selanjutnya pada bagian tersebut kita dapat menggantinya dengan fitur-fitur lain yang pastinya lebih menarik dan juga disertai penggantian spion yang lebih trendy.

Misalnya saja dengan penggantian speedometer yang lebih futuristik. Selain memberikan kesan yang baru, speedometer futuristik juga akan memberikan sejumlah fitur pembantu lainnya yang pastinya membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Modifikasi Touring

Modifikasi Vario 150, Tampilan Makin Gagah dengan Performa Tangguh

Tidak hanya fokus menggubah motor dari segi penampilannya saja, modifikasi juga dapat didasarkan dari keperluan motor itu sendiri. Hadir sebagai motor harian, Vario 150 juga cukup tangkas untuk melibas aspal puluhan hingga ratusan kilometer per harinya.

Namun, untuk menambah performa yang ada, biasanya modifikator bakal menambah beberapa fitur untuk modifikasi Vario 150 yang satu ini. Berawal dari kebutuhan itulah modifikasi touring lahir di masyarakat.

Baca juga: Motor Honda 150 CC dari Matic sampai Sporty, Ini Daftarnya

Salah satu ciri khas dari motor yang kita modifikasi dengan jenis yang satu ini terlihat jelas dari penambahan box pada bagian joknya dan juga penambahan wind shield. Meski bagian jok Vario 150 terbilang cukup luas, memang banyak orang yang masih butuh tempat yang lebih luas lagi.

Sedangkan penambahan wind shield biasanya kita gunakan untuk melindungi pengendara dari angin yang langsung masuk ke tubuh. Selain box, tambahan lain yang biasanya terdapat pada modifikasi Vario 150 jenis touring adalah penambahan lampu proyektor.

Penambahan lampu proyektor ini tentunya akan sangat membantu pengendara dengan menyediakan pencahayaan tambahan pada saat mengendarai di malam hari. Kesan touring pada motor juga bisa semakin ditambah dengan memasang knalpot racing pada Vario 150.

Tidak hanya menambah gahar dari segi penampilan, knalpot racing juga membuat motor terdengar lebih kuat ketika melenggang di jalanan.

Sedangkan untuk meningkatkan kenyamanannya, biasanya modifikator jenis touring bakal mempersenjatainya Vario 150 mereka dengan suspensi yang terbaik.

Jenis-jenis shock breacker tabung tentunya akan membuat motor terasa nyaman saat digunakan dalam durasi yang lama. Untuk bagian bannya biasanya modifikasi jenis touring hanya sekedar mencari ban kualitas terbaik yang awet dan juga anti slip.

Beberapa modifikator bahkan berani menggubah mesin mereka agar motor semakin luar biasa ketika penggunaan untuk perjalanan jauh. Tentunya penggubahan mesin tersebut masih sesuai standar dan juga berlandaskan peraturan yang berlaku.

Modifikasi Velg 17

Salah satu jenis modifikasi Vario 150 yang banyak kita temui di jalan adalah jenis modifikasi velg 17. Modifikasi yang satu ini menjadi populer, terutama di kalangan anak muda karena kesan menarik yang menonjol dan biayanya ringan di kantong.

Untuk melakukan modifikasi ini, modifer hanya butuh mengganti velg ban motor saja. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa modifikasi velg 17 tidak akan pernah lengkap tanpa menggunakan velg berukuran 17-nya.

Sebagai peningkat keistimewaan motor, biasanya modifikasi velg 17 akan datang bergandengan dengan penggunaan ban ramping atau yang biasa kita sebut ban cacing. Meski pada penggunaan harian ban cacing kurang nyaman, nyatanya masih banyak anak muda yang tetap menyukai modifikasi yang satu ini.

Selain mengganti velg ban, modifikasi yang satu ini juga cukup menarik kita sandingkan dengan penambahan beberapa komponen motor dan penggunaan warna yang mencolok.

Modifikasi Drag

Modifikasi Vario 150 yang juga menarik untuk kita jajal adalah modifikasi drag. Pada umumnya, modifikasi ini akan membuat motor menjadi kurus kerempeng.

Akar dari modifikasi ini berasal dari maraknya balapan model drag yang menjamur di kalangan masyarakat. Secara umum gubahan motor ini hanya akan membongkar semua body motor hingga terlihat ke bagian permesinannya saja.

Baca juga: Honda ADV 150 Bisakah Jadi Trendsetter Baru Kelas Skutik?

Tentunya bagian kepala dan juga sedikit body bagian depannya kita pertahankan untuk lebih memberikan kesan gagah. Selanjutnya modifikasi ini akan semakin terasa dengan hadirnya velg bermotif dan juga ban cacing.

Dari segi gaya, motor modifikasi drag akan terasa semakin menarik jika berpadu dengan jenis modifikasi Thailook. Pasalnya, kadang modifikasi Vario 150 dengan jenis drag bisa terasa terlalu kosong.

Modifikasi Ceper

Modifikasi Vario 150, Tampilan Makin Gagah dengan Performa Tangguh

Salah satu jenis modifikasi lainnya untuk Vario 150 adalah jenis ceper. Berbeda dengan beberapa jenis sebelumnya, modifikasi yang satu ini bisa kita sebut sebagai yang paling memiliki risiko tinggi.

Pasalnya, memang menggunakan motor ceper sangat berbahaya apalagi jika menggunakannya untuk harian. Akan tetapi, banyak dari masyarakat Indonesia khususnya yang tidak terlalu mengindahkan hal tersebut.

Seperti namanya, modifikasi Vario 150 ceper hanya berfokus pada pengubahan motor menjadi lebih ceper. Membuat motor lebih ceper tentu banyak caranya.

Mulai dari penggunaan ban yang kecil hingga reparasi body semuanya bisa kita coba untuk menghasilkan motor ceper yang cantik. Selain menggubah bentuknya, modifikasi ceper juga dapat dikawinsilangkan dengan beberapa jenis modifikasi yang lainnya.

Yang paling penting untuk kita ingat, modifikasi ini bukan modifikasi yang aman untuk digunakan. Alangkah lebih baiknya modifikasi Vario 150 ceper yang kita gunakan untuk pajangan saja. (R10/HR-Online) Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -