Motor Vario Gredek, Solusinya Bersihkan Mangkok Kampas Ganda

Motor Vario Gredek, Solusinya Bersihkan Mangkok Kampas Ganda
Ilustrasi motor vario gredek. Foto: gridoto

Motor Vario gredek mungkin sudah sering sekali terjadi saat ini. Bahkan penggunaannya belum terlalu lama, namun sudah memiliki berbagai keluhan. Terutama timbulnya suara gredek atau getaran dari putaran bawah.

Sebagai pemilik kendaraan skutik, tentu anda tidak mau terganggu dengan masalah ini. Bunyi yang timbul tentu akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Sebaiknya cari solusi terbaik untuk mengatasinya dengan cepat. Penggunaan skutik atau sepeda motor kini semakin banyak saja. Apalagi sebagian besar orang memilih menggunakan jenis matic daripada manual.

Dengan penggunaannya tanpa oper gigi, membuat pengendara lebih mudah dan simpel. Namun, dibalik kemudahannya yang dimiliki, tentu tidak luput dari namanya kerusakan.

Baca Juga : Standar Tengah Beat Bermasalah, Solusinya Berikan Cairan Anti Karat

Bahkan sudah sering timbul berbagai masalah pada komponen. Cara yang mudah untuk menghindari timbulnya hal ini, anda perlu berikan perawatan secara berkala.

Salah satu yang kini yang cukup diminati yaitu Honda Vario. Meski hadir dengan performa tangguh dan berbagai fitur menarik, namun juga bisa mengalami kerusakan.

Honda Vario hadir dengan berbagai varian, mulai dari kapasitas 110 cc-150 cc. Salah satu keluhan yang sering muncul yaitu motor Vario gredek.

Ketika hal ini terjadi, tentu akan mengganggu pemiliknya. Bahkan akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Tarikan motor bergetar sehingga mengurangi fungsinya dan getaran yang timbul pun bisa mengganggu.

Cara Mengatasi Motor Vario Gredek

Sepeda motor kini semakin banyak digunakan karena lebih praktis dan hampir semua orang bisa menjalankannya. Apalagi kini ada banyak jenis sepeda motor yang bisa anda temukan di pasaran.

Hal ini membuat semua bisa memilih sesuai kebutuhan. Salah satu sepeda motor matik yang mampu membuat konsumen meliriknya yaitu Honda Vario.

Baca Juga : Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Namun, sayangnya penggunaan sepeda motor jenis yang satu ini sering mengalami masalah. Tidak sedikit pengguna sepeda motor Vario yang mengeluhkan jika tarikan gredek atau bergetar.

Gejala yang terjadi ini biasanya akan sangat terasa ketika kendaraan sedang mulai berjalan. Pada umumnya, hal ini terjadi pada mangkok kampas ganda.

Karena kampas kotor sehingga timbul masalah tersebut. Suara gredek pun muncul dan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan komponen tersebut.

Debu dan kotoran yang menempel pada komponen tersebut bisa anda atasi dengan cara membersihkannya. Sehingga motor Vario gredek bisa anda berikan cara penanganan yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

Bersihkan Mangkok Kampas Ganda

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu motor Vario gredek. Maka sebaiknya untuk membersihkan bagian komponen yang terdapat banyak kotoran.

Hal ini sering terjadi pada kampas ganda. Sebaiknya bersihkan dahulu mangkoknya dan area pada sekitar CVT. Anda bisa melakukannya sendiri jika memang mengerti otomotif.

Namun, jika anda merasa kurang paham, bisa bawa ke bengkel untuk mengatasinya dengan tepat. Pastikan mangkok kampas ganda bersih dari debu dan kotoran.

Trik Mengurangi Kotoran yang Menempel

Mungkin sebagian besar orang masih bingung dalam mengatasi masalah motor Vario gredek. Namun, anda bisa menggunakan trik untuk mengurangi kotoran yang masuk.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Bunyi, Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Jika komponen yang anda bersihkan benar-benar terjaga, anda bisa menjalankan trik tersebut. Caranya anda bisa melakukan modifikasi pada komponen tersebut.

Bolongi bagian piringan agar kotoran dan debu yang menempel bisa langsung ke bagian dasar blok CVT. Sehingga kampas gandanya lebih menggigit.

Mengganti dengan yang Baru

Selain menggunakan cara sebelumnya, anda juga bisa mengatasinya dengan cara mengganti komponen tersebut. Mangkok kopling ganda Vario bisa anda ganti dengan yang baru.

Hal ini bertujuan agar suara tersebut tidak kembali muncul dan mengganggu kenyamanan berkendara. Anda juga bisa langsung berikan modifikasi sebelumnya untuk membuang debu dan kotoran secara langsung.

Semua komponen kendaraan tentu mengalami yang namanya kerusakan. Maka dari itu, jangan biarkan masalah terjadi semakin parah. Karena hal ini bisa mengganggu pengendara.

Baca Juga : Sekring Motor Putus, Ada Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seperti yang sering terjadi pada kendaraan matic yang mengalami masalah. Meski tidak serius, namun akan mengganggu kenyamanan. Resikonya cukup berbahaya.

Motor Vario gredek sering sekali terjadi karena komponen mangkok kampas ganda kotor dan berdebu. Maka dari itu, sebaiknya berikan perawatan yang tepat untuk solusi mengatasi suara tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto