Mukjizat Nabi Daud AS, Mulai dari Kitab Zabur Hingga Melunakkan Besi

Mukjizat Nabi Daud AS, Mulai dari Kitab Zabur Hingga Melunakkan Besi
Ilustrasi mukjizat nabi daud. Foto: islampos.com

Mukjizat Nabi Daud cukup banyak, bahkan tidak ada satu orang pun yang bisa menandingi. Nabi Daud AS adalah putra dari Nabi Ibrahim yang ke-12.

Beliau merupakan seorang nabi yang terkenal dengan suaranya yang merdu. Bahkan mampu melunakkan baja saat membuat zirah besi.

Tidak hanya itu saja, nabi juga seorang muslim yang senantiasa bertasbih untuk memuji Allah SWT. Karena alasan inilah Allah SWT juga memerintahkan kepada gunung dan burung bertasbih pada Nabi Daud AS.

Hal ini juga sudah dijelaskan dalam QS. Shaad : 17-19. Seperti yang sudah banyak umat Islam ketahui jika terdapat 25 nabi yang bisa diketahui secara jelas.

Salah satunya yaitu Nabi Daud AS. Sama seperti nabi lainnya, mukjizat Nabi Daud AS dengan ilmu yang tinggi. Ketakwaannya sudah tidak bisa diragukan lagi untuk selalu memuji kebesaran Allah SWT.

Berusaha selalu menegakkan agama Allah dari kemusyrikan. Nabi Daud AS merupakan salah satu nabi utama dari kalangan Bani Israel. Kisah nabi yang satu ini berawal dari seorang bala tentara yang mampu memenangkan perang Thalut dan Jalut.

Setelah kemenangan yang diraihnya, nabi diangkat menjadi raja dan Allah SWT telah menganugerahkan kerajaan yang kuat. Dari kisah inilah Nabi Daud AS menjadi seorang nabi setelah usaha kerasnya selama pertarungan.

Selain itu, Allah SWT juga memberikan kepada nabi ketaatan beribadah dan ilmu pengetahuan yang cukup luas. Nabi Daud AS juga memiliki sifat awwab yaitu seseorang yang memiliki kesempurnaan pengetahuan tentang Allah SWT.

Hal ini juga sudah tercatat jelas pada QS. Shaad: 17. Masih banyak kisah hingga keistimewaan yang perlu umat Islam ketahui.

Baca juga: Dakwah Nabi Muhammad SAW pada Periode Mekah

Apa Saja Mukjizat Nabi Daud AS?

Setelah meninggalnya Nabi Musa dan Harun AS, Allah SWT mengutus Nabi Daud AS untuk menuntun kaum Bani Israel. Beliau berusaha meyakinkan masyarakat Bani Israel untuk mengikuti jalan Allah SWT.

Beliau lahir dan tinggal di Bethlehem yang menggantikan raja Thalut. Namun, pada masa itu ada juga raja Jalut yang menjadi musuh terbesarnya.

Pada saat peperangan yang cukup sengit ini, Nabi Daud AS berhasil memenangkannya. Allah telah memberikan mukjizat pada nabi dan yang paling besar yaitu adanya kitab Zabur.

Saat beliau membacanya, orang yang terkena sakit pun bisa langsung sembuh. Tidak hanya itu saja, Nabi Daud AS juga mampu memahami bahasa binatang. Bahkan semua binatang taat pada nabi. Itulah yang menjadi salah satu mukjizat Nabi Daud AS.

Suara Merdu

Mukjizat Nabi Daud AS yang pertama yaitu suaranya yang merdu bagaikan emas. Hal ini bisa terlihat dari saat nabi membaca kitab Zabur.

Saat nabi mengumandangkan kitab tersebut, orang-orang akan terkesima. Bahkan terjadi mukjizat kesembuhan pada orang yang sakit. Bahkan jin, manusia, dan burung-burung pun berkumpul serta berdekatan untuk mendengarkannya.

Kitab tersebut berisikan firman-firman Allah SWT. Setelah terdengar suara lantunan dari Nabi Daud AS, angin pun menjadi tenang, gunung dan burung-burung ikut bertasbih. Semua memuji kebesaran Allah SWT.

Mampu Melunakkan Besi

Mukjizat Nabi Daud AS yang berikutnya yaitu mampu melunakkan besi. Besi yang nabi pegang akan mirip bagaikan kertas. Besi tersebut bisa dibuat menjadi berbagai keperluan hidup tanpa harus mengolah atau membakarnya terlebih dulu.

Sehingga tidak perlu penempaan seperti pengrajin besi pada umumnya. Hal ini terjadi ketika Allah SWT berfirman dan memerintahkannya untuk membuat baju besi.

Bahkan baju buatan Nabi Daud AS tersebut kokoh, anti tembus, dan terawang. Dengan bantuan tasbih, burung-burung dan gunung mukjizat bisa nabi peroleh. Sehingga pembuatan baju besi bisa lebih cepat. Mengingat seringnya terjadi peperangan.

Baca juga: Hewan Penghuni Dasar Laut Paling Dalam yang Jarang Diketahui

Bisa Berbicara Bahasa Binatang

Selain mukjizat sebelumnya, nabi juga Allah karuniai mengetahui bahasa binatang. Dengan demikian, Nabi Daud bisa memahami bahasa burung dan hewan lainnya.

Bahkan karena hal tersebut, Nabi Daud AS juga sangat menyayangi binatang tersebut. Sebaliknya hewan-hewan menyayanginya dan patuh kepada Nabi Daus AS.

Mukjizat Nabi Daud AS pun bisa menjadi pelindung dan nyata adanya. Ada beberapa yang bisa anda tahu, mulai dari kitab Zabur hingga mampu menyembuhkan orang yang sakit. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid