Obat Alergi Kulit di Apotik yang Bisa untuk Penanganan Segera

Obat Panas Dalam Alami, Dijamin Aman dan Tidak Ada Efek Samping
Daftar obat alergi kulit di apotik. Foto: Ist/Net

Menggunakan obat alergi kulit di apotik merupakan langkah cepat untuk meredakan sakit yang terjadi. Selain untuk memberikan penanganan segera, obat alergi kulit ini juga banyak dokter yang meresepkan pada pasiennya.

Dalam dunia medis alergi populer juga dengan sebutan hipersensitivitas tipe 1. Ini merupakan gangguan pada tubuh yang sering terjadi. Tak sedikit kasus orang yang terkena hipersensitif terhadap beberapa jenis bahan yang antigenik.

Seseorang yang mengonsumsi makanan tertentu akan mengalami gejala alergi seperti gatal, ruam pada kulit dan bintik merah pada kulit. Gejala lain juga dapat mempengaruhinya, seperti batuk, jantung berdebar cepat, dan sesak napas.

Baca juga: Obat Demam Anak Terbaik di Apotek Tanpa Perlu Resep Dokter

Gangguan alergi membutuhkan penanganan yang cepat dan segera. Anda bisa menggunakan obat alergi kulit di apotik ataupun dengan bahan herbal warisan para orang tua. Pemberian obat penting untuk meredakan gejala dan nyeri yang timbul.

Obat Alergi Kulit di Apotik yang Populer

Pada kasus gangguan kulit secara umum, tubuh akan mengalami reaksi yang berlebihan pada benda asing atau benda yang berbahaya. Alergi juga dapat bersumber dari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi.

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, baik secara alami maupun medis. Setiap jenis obat ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk soal kecocokan dan efektivitasnya.

Jenis obat medis banyak tersedia pada toko obat atau apotik yang biasanya akan memberikan hasil yang lebih cepat. Berikut ini beberapa jenis obat alergi kulit di apotik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

Alleron

Obat Alergi Kulit di Apotik yang Bisa untuk Penanganan Segera

Dalam setiap tablet Alleron mengandung Chlorpeniramini maleas (CTM) 4 mg. Obat ini dapat mengatasi sejumlah jenis alergi, seperti urtikaria (gatal-gatal, buran), gatal karena gigitan serangga, rhinitis alergi, eksim alergi, konjungtivitas alergi, dan alergi dermatitis.

Baca juga: Obat Panas Batuk Pilek Anak Alami untuk Penanganan Darurat

Jenis ini obat ini cukup populer dan banyak terdapat pada toko obat dan apotik resmi. Namun sebelum membeli atau menggunakan obat ini sebaiknya baca keterangannya agar hasilnya efektif dan tidak menimbulkan efek samping.

Hydrocortison

Hidrokortison asetat merupakan anti alergi dan anti pruritus pada penyakit kulit. Dalam setiap gram, obat alergi kulit di apotik ini mengandung hidrokortison asetat hidrokortison yang setara dengan 28 mg 25 mg.

Kandungan ini dapat menekan peradangan pada kulit yang bukan karena faktor infeksi. Antara lain gangguan eksim dan alergi kulit seperti dermatitis alergik, dermatitis kontak, pruritus, atropik dermatitis, dan neuro anogenital infeksi kulit.

Loratadin

Loratadin merupakan salah satu senyawa dari obat alergi kulit di apotik yang dapat menghambat produksi zat histamin dalam tubuh kita. Oleh karena itu, obat ini juga sudah cukup populer sebagai antihistamin.

Loratadine juga bisa kita gunakan sebagai obat anti alergi. Loratadin tersedia dalam dua bentuk, yaitu sirup dan juga tablet. Sehingga Loratadine dapat kita konsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa yang mudah.

Zensoderm Cream

Obat Alergi Kulit di Apotik yang Bisa untuk Penanganan Segera

Pilihan lainnya adalah Zensoderm Cream yang merupakan obat alergi kulit di apotik yang berfungsi sebagai dermatosis inflamasi. Obat ini juga bisa Anda beli dan gunakan sebagai langkah darurat saat mengalami gangguan kulit.

Namun untuk penggunaannya sebaiknya obat ini bisa Anda pakai dua sampai tiga kali sehari saat mengalami alergi kulit. Untuk sekedar informasi, jenis obat ini peka terhadap Gentamisin yang perlu Anda kenali.

Deksametason Harsen

Deksametason adalah obat inflamasi Harsen dan anti alergi. Sekedar perbandingan saja, obat Dexamethasone 0,75 mg setara dengan obat 25 mg Cortisone, hidrokortison 20 mg, 5 mg prednisone, prednisolon 5 mg.

Baca juga: Obat Panas Dalam Alami, Dijamin Aman dan Tidak Ada Efek Samping

Obat alergi kulit di apotik ini praktis dan tidak memiliki aktivitas kortikoid mineral dari Cortisone. Obat ini memiliki khasiat sebagai anti inflamasi terutama untuk pengobatan glukokortikoid rheumatik penyakit lainnya.

Termasuk untuk gangguan kolagen dan arthritis, dermatitis alergi serta penyakit kulit lainnya. Juga untuk penyakit inflamasi saat terapi glucocortcoid yang lebih berguna untuk limfoma tertentu, hemolytica, penyakit leukemia, dan peradangan jaringan lunak.

Demikianlah beberapa jenis obat alergi kulit di apotik yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk penanganan yang segera. Jika kondisi tidak semakin baik sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit untuk pengobatan yang lebih efektif. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara