Obat Kurap di Apotik yang Paling Ampuh Atasi Penyakit Kulit

obat kurap di apotik
Jenis obat kurap di apotik. Foto: Ist/Net

Apa saja jenis obat kurap di apotik yang paling ampuh dan efektif? Tak sedikit orang yang merasa sangat terganggu dengan penyakit kulit yang satu ini. Menggunakan obat kurap merupakan cara praktis untuk penanganan darurat.

Kurap, menurut Wikipedia, merupakan jenis penyakit kulit yang mudah menular. Penyakit ini terutama karena serangan jamur dermatofit sehingga menimbulkan infeksi pada kulit.

Gejala penyakit kurap yang paling terlihat adalah munculnya lingkaran berwarna merah muda pada kulit dan terasa kasar. Selain terjadi pada kulit, kurap juga bisa menyerang kulit kepala, kuku, kaki, atau selangkangan.

Baca juga: Obat Alergi Kulit di Apotik yang Bisa untuk Penanganan Segera

Penyakit kulit ini akan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Karena menular, jamur kulit ini juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Karena itu penting segera menangani gangguan kulit ini.

Jamur kulit ini menular melalui kontak langsung dengan kulit maupun pakaian milik penderita. Selain dengan obat kurap di apotik, kita bisa mencegah kurap dengan menghindari kontak dengan penderita dan menjaga kebersihan tangan dan tubuh.

Rekomendasi Obat Kurap di Apotik

Saat ini ada banyak jenis obat untuk penyakit kurap yang tersedia yang bisa kita beli dengan mudah. Namun banyaknya obat tak jarang membuat kita bingung dalam memilih yang terbaik.

Khusus jenis penyakit kurap yang menyerang kuku atau rambut sebaiknya pilih jenis obat yang mampu menembus lapisan kulit. Perhatikan juga keterangan pada label produk untuk mengetahui kandungannya.

Penanganan yang cepat terhadap penyakit kurap sangat penting. Selain untuk mengatasinya, pengobatan juga penting untuk mencegah kondisi semakin parah. Berikut ini rekomendasi obat kurap di apotik yang paling ampuh.

Daktarin

Obat Kurap di Apotik yang Paling Ampuh Atasi Penyakit Kulit

Jenis obat yang satu ini termasuk yang cukup populer. Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan obat ini karena sering muncul dalam iklan pada berbagai media. Obat ini juga ampuh dalam mengobati kurap dan panu.

Baca juga: Herbal Obat Cacar Api Tradisional yang Ampuh dan Murah

Obat yang berbentuk krim ini juga memiliki kandungan miconazole nitrat yang efektif dalam mengusir dan mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Seperti karena jamur tinea versicolor, jamur kulit pada selangkangan, sela-sela jari, maupun lipatan tubuh lainnya.

Fungiderm

Rekomendasi obat kurap di apotik lainnya adalah Fungiderm. Seperti namanya, obat dalam bentuk krim ini cukup efektif untuk mengobati berbagai jamur kulit. Baik yang karena serangan jamur, kandida, ataupun dermatofit.

Obat kurap ini mengandung bahan aktif Clotrimazole yang ampuh dalam menghilangkan kurap, panu, kadas, maupun kutu air. Untuk penggunaannya tinggal kita oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi.

Untuk hasil yang efektif, sebaiknya lakukan dua hingga tiga kali sehari hingga kurap lenyap dari kulit. Kurap yang menyerang kulit lebih mudah kita obati sedangkan yang agak lama adalah sekitar sela-sela jari kaki.

Kalpanax Krim

Pilihan obat kurap di apotik lainnya adalah Kalpanax Krim. Obat ini mengandung miconazole yang bersifat anti jamur khususnya jenis dermatofit dan ragi. Zat ini juga bersifat antibakteri yang efektif melawan cocci positif dan gram Basil.

Cara kerja obat ini adalah dengan menyusup ke dalam sel jamur dan mempengaruhi intraseluler ergosterol dan biosintesis enzim. Karena itulah obat ini juga terkenal keampuhannya dalam mengobati kurap dan panu.

Bahan Kalpanax yang bersifat antibakteri membuat obat yang satu ini juga ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit yang terinfeksi karena jamur maupun bakteri sekunder.

Canesten

Obat Kurap di Apotik yang Paling Ampuh Atasi Penyakit Kulit

Jenis obat kurap di apotik yang juga ampuh adalah Canesten. Hal ini karena obat ini mengandung Clotrimazole, senyawa anti jamur yang memiliki spektrum yang luas.

Baca juga: Obat Demam Anak Terbaik di Apotek Tanpa Perlu Resep Dokter

Yang menarik, obat ini bekerja dengan menyasar pembelahan maupun pertumbuhan organisme. Karena itu Canesten ampuh dalam mengatasi kurap, jamur kulit, panu, ruam popok, maupun infeksi kulit lainnya.

Neo Ultrasiline

Satu lagi obat infeksi kulit yang bisa Anda gunakan adalah Neo Ultrasiline. Jenis obat ini juga bersifat anti jamur dan anti bakteri sehingga efektif untuk mengatasi kurap, bisul, kudis, gatal, ataupun infeksi kulit tinea versicolor.

Itulah berbagai rekomendasi jenis obat kurap di apotik yang efektif. Namun agar tubuh tidak mudah terserang penyakit kulit sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan kulit tubuh serta lingkungan sekitar. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara