Obat Mata Ikan Paling Ampuh Tanpa Operasi, Aman untuk Dicoba

Obat Mata Ikan Paling Ampuh Tanpa Operasi, Aman untuk Dicoba
Ilustrasi Obat Mata Ikan. Foto: Ist/Net

Obat mata ikan sering kali dicari oleh mereka yang mengalami masalah gangguan kulit. Mata ikan sendiri adalah gangguan kulit yang muncul karena gesekan atau tekanan di bagian permukaan kulit berulang-ulang.

Akibatnya terjadi penebalan permukaan kulit. Selain itu, juga disertai dengan gejala sakit atau nyeri yang terasa saat disentuh.

Mata ikan sering terjadi di kulit bagian kaki. Seperti di telapak kaki maupun jari-jarinya. Bentuknya bulat dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kapalan. Bagian tengahnya keras serta dikelilingi kulit yang meradang.

Obat Mata Ikan Alami

Pada dasarnya, anda bisa mengobati mata ikan tanpa harus melakukan operasi. Dokter hanya merekomendasikan operasi jika posisi tulangnya kurang baik. Sehingga bisa menyebabkan gesekan yang berujung pada munculnya mata ikan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata, Gunakan Sendok hingga Kantung Teh

Ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengobati mata ikan. Apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Batu Apung

Bila anda ingin obat mata ikan menggunakan batu apung, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah merendam kaki terlebih dahulu ke dalam air hangat. Hal ini bertujuan supaya kulit kaki anda menjadi lebih lunak.

Selanjutnya anda bisa menggosok mata ikan yang ada di telapak kaki menggunakan batu apung dengan perlahan-lahan. Tujuannya adalah untuk mengikis penumpukan kulit. Jika proses tersebut sudah selesai, anda tinggal mengoleskan pelembab ke area kulit yang sudah dikikis tadi.

Batu apung bisa anda jadikan sebagai obat mata ikan yang paling ampuh. Anda tidak perlu melakukan operasi dan masalah anda pun bisa teratasi.

Bawang Putih

Selain menggunakan batu apung, bawang putih juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana menyembuhkan mata ikan. Bawang putih sudah sering dikenal sebagai salah satu bahan alami yang efektif dan ampuh untuk menghilangkan mata ikan pada kaki.

Caranya pun sangat simpel, anda tinggal memotong bawang putih yang masih segar. Lalu ada gosokkan di bagian mata ikan kurang lebih 1 menit.

Jika sudah selesai, anda dapat menutup bagian mata ikan secara perlahan. Kemudian beri perban dengan isian bawang putih halus. Cara ini bisa anda lakukan secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

Aspirin

Salah satu obat mata ikan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah mata ikan di kaki adalah dengan cuka apel. Mengapa memilih cuka apel? Karena cuka apel mempunyai kandungan yang bisa membantu untuk melembutkan kulit dan menghilangkan mata ikan di kaki.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Anda tinggal merendam kaki yang ada mata ikannya ke dalam larutan yang sudah berisi cuka apel kurang lebih 25 menit.

Selanjutnya anda bisa menggosoknya secara perlahan dengan batu apung yang halus. Kemudian anda bisa membalut kaki menggunakan perban yang telah dibasahi larutan dari cuka apel.

Anda bisa melakukan kegiatan ini secara rutin kurang lebih seminggu. Dengan demikian, maka ikan yang jadi masalah anda akan hilang.

Garam Epsom

Disamping menggunakan cuka apel, anda juga bisa menyembuhkan mata ikan menggunakan rendaman air serta garam epsom. Garam epsom bisa membantu untuk melunakkan sel kulit mati yang terdapat di mata ikan.

Baca juga: Penyakit Beri Beri, Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Obat mata ikan alami ini cukup mudah penggunaannya. Anda bisa mencampurkan dua hingga tiga sendok makan garam epsom di dalam air hangat. Kemudian anda merendam kaki kurang lebih 20 menit.

Jika sudah, anda bisa mengeringkan kaki anda. Kemudian dengan perlahan-lahan kupaslah sel kulit mati yang ada pada mata ikan.

Pepaya Muda

Pepaya dapat anda jadikan sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi mata ikan. Cara pengobatannya juga tidaklah sulit.

Langkah pertama anda bisa membuat jus pepaya muda atau pepaya yang masih mentah sampai halus teksturnya. Selanjutnya anda bisa mengoleskan jus pepaya muda itu di bagian kaki yang ada mata ikannya.

Pengolesannya bisa dilakukan dengan memakai bola kapas. Anda bisa melakukan cara ini dengan rutin dan anda dapat melihat seperti apa perkembangan baiknya. Anda bisa menggunakan pepaya muda ini sebagai obat mata ikan yang alami, anda pun tak perlu melakukan operasi.

Minyak Jarak

Castor oil atau minyak jarak bisa melunakkan tekstur mata ikan. Dengan demikian, lama-kelamaan mata ikan bisa menghilang dari kulit. Salah satu tips obat mata ikan menggunakan minyak kastor sangat direkomendasikan.

Hal ini karena hasilnya bisa cukup singkat. Anda dapat melihat khasiatnya hanya dalam waktu 3 sampai 4 hari saja. Cara pemakaiannya juga sangat mudah.

Anda tinggal mengoleskan minyak castor di bagian mata ikan sebanyak tiga kali sehari. Anda bisa mengulanginya setiap hari sampai mata ikan hilang.

Kunyit

Salah satu alasan yang membuat kunyit efektif sebagai obat mata ikan yaitu kandungan antimikroba yang ada di dalamnya. Bahan herbal ajaib ini saat anda pakai bersamaan dengan madu hasilnya sangat menakjubkan. Mata ikan bisa sembuh hanya dalam beberapa hari saja.

Adapun bahan-bahan tersebut adalah satu sendok makan bubuk kunyit. Tambahkan 1 hingga satu setengah sendok makan madu.

Cara membuatnya sangat mudah, anda tinggal membuat pasta pekat yang berasal dari campuran madu dan bubuk kunyit tadi. Oleskan campuran tersebut ke bagian yang terinfeksi. Biarkan pasta yang anda oleskan mengering dengan sendirinya.

Kemudian setelah kering, anda bisa membilasnya menggunakan air. Anda bisa mengulangi cara menghilangkan mata ikan tersebut 2 kali sehari. Tunggu dua sampai tiga hari dan mata ikan akan semakin mengecil, kemudian hilang dengan sendirinya.

Buah Nanas

Salah satu jenis buah tropis ini bukan hanya bisa menghilangkan rasa sakit. Tetapi juga bisa menjadi obat mata ikan yang mempercepat penyembuhannya.

Baca juga: Mengobati Diare Anak Secara Alami dengan Daun Sendok Hingga Sirsak

Semua itu karena nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat melunakkan tekstur keras dari mata ikan. Menghilangkan mata ikan dengan nanas juga cukup mudah. Anda tinggal mengiris tipis buah nanas, kemudian menempelkan nanas ke area mata ikan selama semalam.

Anda bisa menggunakan perban untuk membungkus kulit supaya potongan buah nanas tidak lepas. Agar hasilnya maksimal, anda bisa melakukan cara ini setiap malam sampai mata ikan hilang.

Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon memiliki kandungan asam yang bisa meredakan ketidaknyamanan akibat mata ikan. Jika anda sudah menggunakannya, anda bisa melihat ukuran mata ikan bisa mengecil dalam beberapa hari.

Bahan-bahan untuk membuat obat mata ikan dari lemon sangat simple. Bahan tersebut hanyalah potongan lemon dan perban. Cara penggunaan lemon dalam proses menghilangkan mata ikan yaitu dengan menempelkan ke mata ikan.

Untuk menggunakannya, anda bisa membalutnya dengan perban dan mendiamkannya semalam. Lanjutkan cara tersebut sampai mata ikan hilang total.

Baking Soda

Bila anda takut operasi karena mata ikan, maka anda bisa menggunakan baking soda sebagai salah satu cara mengatasi mata ikan. Sama seperti cuka atau garam epsom, baking soda juga ampuh untuk mengikis sel kulit mati.

Bahan yang perlu anda siapkan untuk mengobati mata ikan ini seperti baking soda satu sendok makan. Satu sendok teh perasan jeruk nipis campur dengan 1 sendok makan air .

Cara penggunaan obat mata ikan ini dengan mencampur baking soda, air, dan jeruk nipis sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pasta ke bagian kulit yang ada mata ikannya, lalu diamkan selama 1 malam.

Lakukan cara ini setiap malam kurang lebih 5 sampai 7 hari supaya mata ikan bisa kering dan mengelupas. Dalam menggunakan cara ini, anda harus memastikan bahwa pasta tidak mengenai bagian kulit lain. Sebab jika mengenai bagian kulit lain, maka kulit yang sehat akan menjadi kering juga.

Bawang Bombay

Kita tahu selama ini bawang bombay merupakan salah satu bumbu dapur. Ternyata bawang bombay memiliki kandungan antioksidan yang bisa mempercepat menyembuhkan mata ikan. Selain itu, obat mata ikan ini juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka yang ada pada kulit.

Adapun berbagai macam bahan yang perlu anda siapkan adalah potongan bawang bombay dan kain perban. Aplikasi penyembuhan menggunakan bawang bombay cukup mudah.

Anda tinggal menempelkan potongan bawang bombay di area mata ikan. Kemudian balut dengan kain perban. Balutan tersebut anda biarkan semalaman, lalu lepas esok harinya. Lakukan cara ini setiap hari sampai hasil yang anda inginkan terlihat.

Obat mata ikan secara alami akan membantu anda sembuh dari masalah mata ikan. Anda tak perlu panik dan khawatir akan operasi karena mata ikan yang ada di kaki anda. Sebab dengan pencegahan dan pengobatan yang tepat, mata ikan akan segera hilang. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara