Olahraga untuk Penderita Anemia, Gunakan Tips Ini untuk Tetap Aman

Olahraga untuk Penderita Anemia, Gunakan Tips untuk Tetap Aman
Ilustrasi Olahraga untuk Penderita Anemia. Foto: Ist/Net

Olahraga untuk penderita anemia sebenarnya masih bisa anda lakukan, namun dengan kapasitas ringan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda jalankan, namun harus menggunakan tips yang tepat.

Sebab, penderita anemia cenderung lemas dan akan mudah lelah. Anemia itu sendiri merupakan gangguan yang terjadi pada darah atau kelainan hematologi.

Disini terjadi ketika bagian utama sel darah merah yang mengikat oksigen berada dibawah normal. Penderita anemia untuk orang dewasa jika kadar hemoglobinnya berada pada posisi angka dibawah 14 gram untuk laki-laki.

Sedangkan pada wanita dibawah 12 gram. Jika memiliki kadar 8 gram kebawah, sudah bisa diartikan anda menderita anemia golongan akut atau berat.

Namun penyakit ini bisa anda tangani sesuai gejala yang terjadi. Melakukan olahraga ringan secara rutin juga akan mampu mencegah anemia.

Penyakit kekurangan zat besi ini memang tidak bisa anda biarkan begitu saja. Dengan melakukan olahraga, maka anda berpotensi meningkatkan efisiensi mengikat oksigen lebih banyak.

Namun, karena kondisinya cukup, tidak memungkinkan apakah olahraga untuk penderita anemia masih boleh? Sebagai penderita, tentu masih bisa melakukan aktivitas tersebut asalkan dengan cara yang tepat.

Baca Juga : Tanda-tanda dan Gejala Anemia dari Ringan Hingga Berat

Namun, bagi penderita yang sudah kronis, akan cenderung membuatnya mudah lelah dan merasa lemas. Hal ini timbul karena darah kekurangan zat besi. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, aktivitas olahraga pun tidak disarankan.

Tips Mudah Olahraga untuk Penderita Anemia

Sakit anemia atau kekurangan zat besi memang sudah sering sekali terjadi. Bahkan tidak jarang bisa anda temui pada lingkungan sekitar atau keluarga.

Penderita anemia akan mudah lemas sehingga tidak memiliki semangat sedikitpun. Karena alasan inilah mengapa enggan untuk melakukan olahraga.

Salah satu hal yang menjadi faktor timbulnya anemia, yaitu dari makanan. Tidak hanya itu saja, manusia juga bisa menderita sakit ini karena kekurangan zat besi dari keringat dan pendarahan kecil pada saluran pencernaan.

Olahraga atau latihan fisik memang baik untuk mencegah datangnya penyakit. Hanya saja, semua tergantung dari kondisi masing-masing penderita.

Bagi anda yang kekurangan zat besi, jangan takut melakukan aktivitas olahraga. Sebab, dengan menggunakan tips yang tepat, aktivitas tersebut bisa anda jalankan dengan mudah.

Baca Juga : Penyebab Darah Rendah Akibat Dehidrasi Hingga Penyakit Jantung

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda jalankan sebelum beraktivitas, antara lain:

Kenali Kondisi Tubuh

Olahraga untuk penderita anemia memang cukup dianjurkan. Namun, sebaiknya sebelum melakukannya, anda cek dulu kondisi tubuh. Sebab, penderita anemia berbeda-beda.

Anda bisa lakukan pemeriksaan untuk memantau detak jantung saat istirahat dan olahraga. Jika detak terlalu cepat, maka anda harus segera beristirahat. Jangan paksakan kondisi agar tidak berefek buruk pada tubuh.

Olahraga Ringan

Tips berikutnya yaitu lakukan mulai dari aktivitas ringan dulu. Anda bisa lakukan olahraga jalan santai yang anda batasi dengan durasi 15-20 menit.

Jangan lakukan olahraga berat yang dapat memicu anda semakin lemas bahkan pingsan. Menghindari olahraga berat juga bisa membuat hemoglobin menjadi menurun.

Relaks

Saat olahraga untuk penderita anemia, harus ringan dan membuat tubuh lebih relaks. Santailah saat aktivitas dan jangan terlalu memaksakan. Jika melakukan olahraga berat, justru anemia bisa lebih kronis. Anda juga harus membatasi waktu agar tidak berakibat fatal.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Kuning, Penanganan dan Pencegahannya

Konsultasikan pada Dokter

Tidak semua penderita anemia memiliki tingkatan penyakit yang sama. Oleh karena itu, olahraga untuk penderita anemia pun bisa anda sesuaikan. Sebelum memilihnya, sebaiknya anda pergi konsultasi pada dokter.

Bicarakan aktivitas olahraga yang akan anda jalankan. Kemudian patuhi semua perintah dokter untuk menghindari dampak buruk dari olahraga tersebut

Jenis Olahraga

Penderita kekurangan zat besi memiliki jenis olahraga tersendiri. Maka dari itu, sebaiknya jangan sembarangan melakukannya. Penderita sebaiknya lebih cenderung pada jenis olahraga aerobik, bersepeda, atau jogging.

Dengan mengetahui batasan dan jenisnya, anda bisa mengantisipasi hal buruk yang terjadi. Jika tidak anda perhatikan atau asal melakukan olahraga, justru bisa berakibat buruk pada kondisi penyakit.

Sebagai penderita anemia, anda perlu melakukan pengobatan secara rutin. Hal ini bertujuan agar penyakit terkontrol dan bisa sembuh secara sempurna.

Selain itu, melakukan olahraga untuk penderita anemia boleh, asalkan menggunakan tips yang tepat. Salah satunya dengan aktivitas ringan seperti jogging. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah