Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita CiamisP3A Buniasih di Ciamis Bersihkan Selokan Jaga Pasokan Air

P3A Buniasih di Ciamis Bersihkan Selokan Jaga Pasokan Air

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) kerahkan para petani untuk bersihkan selokan guna menjaga aliran air agar sampai ke sawah.

Para anggota kelompok tani ini membersihkan selokan di Dusun Buniasih, Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (29/12/2020).

Ketua P3A Dusun Buniasih Anto Maryanto mengatakan kegiatan gotong royong bersihkan selokan ini oleh para petani yang mempunyai garapan sawah. Khususnya di wilayah Dusun Buniasih.

“Tujuan kita melakukan kegiatan ini, untuk memperlancar saluran air yang menjadi sumber kehidupan bagi para petani. Selama ini, saluran air ini mulai dangkal akibat curah hujan yang membawa lumpur dari hulu. Maka dari itu, kami mengajak seluruh anggota untuk terjun langsung ke selokan untuk memperlancar aliran air,” Katanya.

Anto mengaku selama pihaknya terjun menjadi pengurus air. Banyak saluran air yang harus dibetulkan demi kelancaran para petani untuk menggarap sawah.

“Mengingat area sawah ini adalah sawah tadah hujan. Sehingga saluran selokan menjadi salah satu penopang utama untuk kemajuan pertanian. Sehingga kami membersihkan selokan agar aliran dapat terpilhara dan terjaga dengan baik,” ucapnya.

P3A juga telah memasang papan peringatan  agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke selokan.

Pantauan HR, puluhan petani asal Dusun Buniasih berbaur gotong royong bersihkan selokan. Mereka pun berharap, ada upaya pemerintah untuk memberikan bantuan beberapa pembangunan saluran irigasi untuk memperlancar kepangsungan pertanian. (Suherman/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -